Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 November 2015

Rowan Atkinson “The Legend of Commedy”

Disusun Ole ; Willy X1 AP2


1.      Rowan Sebastian Atkinson atau lebih populer dengan nama Rowan Atkinson, (nama Rowan Atkinson yang identik dengan Mr. Bean lebih ngetop di Eropa dan Asia, termasuk Indonesia daripada di Amerika) lahir di Newcastle-upon-Tyne, Inggris, 6 Januari 1955. Rowan, terkenal ebagai seorang komedian, aktor dan penulis naskah. MenurutThe Observer, ia adalah salah satudari 50 orang terlucu di Inggris. Ia dilahirkan di Consett, County Durham pada tahun 1955 dari keluarga Eric Atkinson, seorang petani dan direktur perusahaan, dan istrinya Ella May (née Bambridge). Kakaknya adalah politikus Rodney  Atkinson. 
2.      Ia bersekolah di Durham Choristers School, kemudianSt.Bees School, dan mempelajari teknik elektro di Newcastle University. Ketika di sekolah, ia sekelas dengan mantan perdana menteri Tony Blair. Ia kemudian meraih gelar M.Sc. dari Queens College, Oxford. 
3.      Rowan Atkinson menikah dengan seorang make up artis bernama Sunetra Sastry pada 1990, dikaruniai dua anak, Lily dan Benjamin, dan tinggal di desa Oxfordshire. Ia memiliki koleksi mobil dan menulis untuk majalah Car danEvo. Koleksimobilnyakebanyakanterdiridari Aston Martin, termasuk DB7 yang digunakan dalam Johnny English. Mobil Aston Martin V8 Zagato miliknya memiliki plat nomor "COM1C", dan dikendarainya dalam film The Tall Guy. 
4.      Pada saat meneruskan pendidikannya di Queens College, Oxford, ketertarikannya dibidang seni peran muncul saat ia bertemu dengan Richard Curtis, seorang screenwriter yang bekerja di Oxford Playhouse (semacam tempat penyelenggaraan teater). Ia bersama Richard Curtis dipercaya untuk menulis naskah komedi untuk teater tersebut 
5.      Pada tahun 1978, humor Rowan Atkinson sudah terkenal di seantero Inggris dan disukai banyak orang serta mendapat pujian dari parafansnya. Hal itu yang mulai membawanya terjun ke dalam dunia hiburan, saatia dipercaya sebagai penulis sekaligus pemeran utama dalam serial Not the Nine O'Clock News(1978) yang disiarkan di ITV saat itu (salah satu statsiun televisi swasta di Inggris). Menyusul berikutnya dalam serial TvBBC, BLACKADDER (1983), di mana dirinya memerankan karakter Edmund Blackadder, tokoh seorang pangeran yang berusaha menggulingkan kekuasaan kerajaan Inggris, sekaligus sebagai penulis naskah untuk serial tvitujuga. Serial ini diproduksi hingga empat episode. 
6.      Berikut perannya sebagai Mr. Bean dalam serial Tv MR. BEAN (1988) telah mengantarkan kesuksesan besar dalam dunia peran. Rowan yang juga menjadi penulis naskah dalam serial itu memerankan karakter bodohnya dengan mengandalkan gerakan tubuh, seperti yang pernah dilakukan Charlie Caplin. Selama hampir 6 tahun serial tv MR. BEAN menjadi acara paling populer di inggris dan telah disiarkan di 89 negara.  
7.      Sementara di pangung layarlebar, Rowan telah membintangi banyak film, di antaranya, James Bond‘Never Say Never Again’ (1983), The Witches (1990), Four Weddings and a Funeral (1994), Johnny English (2003), Keeping Mum (2005), Mr. Bean's Holiday (2007) dan film terbarunya Johnny English 2 (2008). Tidak hanya itu, Rowan juga seorang penyanyi, dua album telah dirilisnya masing-masing Rowan Atkinson Live in Belfast (1982, re-released 1996) dan Not Just a Pretty Face (1987, re-released 1994). 
8.      Beberapa penghargaan yang telah diraih oleh Rowan Atkinson selama kariernya adalah sebagai berikut :Penghargaan BAFTA (British Academy Award): Best Light Entertainment Performance1981 Not the Nine O'Clock News1990 CkadderGoes Forth. Penghargaan Laurence Olivier:Best Comedy Performance;1981 Rowan Atkinson in Revue 
9.      Atkinson sangat berusaha keras walau minatnya dibidang comedy. Ia tetap berteguh dalam prinsip hidupnya sebagai comedy Top 1. Hingga ia tetap melakukan aksi lucunya di khalayak ramai.


Daftar Pustaka

Sumber :
Diakses pada tanggal ; 9 November 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar