Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 November 2015

Iwan Fals - Sang Legenda Musik Indonesia


Disusun oleh: Sela Enjelina

1.      IwanFals yang bernama lahir Virgiawan Listanto lahir di Jakarta, 3 september 1961. Masa kecil Iwan Fals dihabiskan di Bandung, kemudian di Jeddah (Arab Saudi) selama 8 bulan. orang tua Iwan Fals bernama Colonel Anumerta Sucipto (ayah) dan Lies (ibu). Iwan Fals menikah dengan Rosana “MbakYos” dan di anugrahi tiga orang anak yaitu Galang Rambu Anarki, Annisa Cikal Rambu Basae, dan Raya Rambu Rabbani.
2.         Iwan Fals pernah sekolah di SMPN 5 Bandung, Jawa Barat, SMAK BPK Bandung, STP (Sekolah Tinggi Publistik sekarang IISIP), dan Institute Kesenian Jakarta. Iwan fals mulai tertarik dengan musik sejak duduk di bangku SMP. Bermain gitar dilakukannya sejak masih muda bahkan ia mengamen untuk melatih kemampuannya bergitar dan menciptakan lagu. Ketika SMP ia juga menjadi gitari dalam paduan suara di sekolahnya.
3.         Kemudian, datang ajakan untuk mengadu nasib di Jakarta dari seorang produser. Lalu ia menjual sepeda motornya untuk membuat master bersama rekan-rekannya. Namun album tersebut ternyata gagal di pasaran dan iwan fals kembali menjadi pengamen. Setelah dapat juara di festival music country, Iwan Fals ikut festival lagu humor.
4.           Lagu-lagu humor iwan fals sempat direkam tapi juga gagal dan hanya dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja. Setelah jatuh bangun rekaman hingga lima kali akhirnya iwan fals bekerja sama dengan musica studio, di sinilah lagu-lagui wan fals dianggap lebih serius. Album sarjana muda misalnya musiknya ditangan ioleh willy soemantri.
5.       Selama orde baru banyak jadwal acara iwan fals yang dilarang dan di batalkan oleh aparat pemerintah, karna lirik lagunya yang dianggap dapat memancing kerusuhan. Karna lagu iwan fals banyak yang bertema kritikan terhadap pemerintah. Bahkan ia juga pernah berurusan dengan aparat hukum dan sempat ditahan dan diinterogasi selama dua minggu gara-gara menyanyikan lagu demokrasinasi dan pola sederhana juga mbak tini. Sejak kejadian itu iwan fals dan keluarganya sering mendapat terror.
6.        Saat bergabung dengan kelompok SWAMI dan meliris lagu bertanjuk suami pada 1989, nama iwan fals semakin meroket dengan mencetak hist bento dan bongkar yang sangat fenomenal. Perjalanan karir iwan fals makin menanjak ketika dia bergabung dengan kantatakwa yang konser musiknya terbesar hingga sampai saat ini.
7.         Setelah kontrak dengan SWAMI yang menghasilkan dua album (SWAMI dan SWAMI II) berakhir, iwan fals masih meluncurkan album-album solo maupun bersama kelompok seperti album dalbo yang dikerjakan bersama mantan personil SWAMI.
8.     Sejak meninggalnya galang rambu anarki pada bulan april 1997 secara mendadak membuat aktivitas bermusiknya vakum selama beberapa tahun. warna dan gaya bermusik iwan fals terasa berbeda. dan diluar music dan lirik penampilan iwan fals juga berubah total. peranan istrinya menjadi penting.
9.         Lewat lagu-lagunya iwanfals memotret kehiidupan Indonesia pada tahun 70an hingga sekarang. kritik atas perilaku sekelompok orang, empati bagi kelompok marginal, atau bencana besar yang melanda Indonesia mendominasikan tema lagu yang dibawakannya. Namun iwan fals tidak hanya menyanyikan lagu ciptaannya sendiri tetapi juga sejumlah pencipta lain.
10.      Iwan fals sempat aktif di kegiatan olahraga pernah meraih gelar juara II karate tingkat nasional dan juara IV karate tingkat nasional 1989, sempat masuk pelatnas dan melatih karate di kampusnya, juga sempat menjadi kolumnis di beberapa tabloid olahraga. ia juga pernah membintangi film damai kami sepanjang hari, kantatakwa dan kekasih.
11.    beberapa lagu-lagu iwan fals yaitu canda dalam nada sarjana muda opini sore tugu pancoran, Ethiopia, wakil rakyat , belum ada judul, dan masih banyak lagi .Beberapa penghargaan yang pernah diraihnya adalah juara 1 festival music country (1980) gold record lagu oemar bakri silver record penyanyi dan pencipta lagu Ethiopia, triple platinum award 2002 dan 2003 dan masih banyak lagi.
12.    iwan fals dikenal sebagai musisi yang tak lekang dimakan zaman. Dari dulu hingga sekarang namanya masih dikenal oleh masyarakat Indonesia .itulah sebabnya ia dijuluki dengan musisi legenda Indonesia.


Daftarpustaka:
https://id.wikipedia.org/wiki/Iwan_Fals  di aksespadatanggal 9 november 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar