Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 November 2015

LeBron James: 'Raja' NBA

Disusun Oleh: Andreas Samuel



  1. LeBron Raymone James atau yang lebih dikenal dengan nama LeBron James adalah pemain bola basket Amerika Serikat yang bermain dalam All-Star di kompetisi National Basketball Association. Pria yang di juluki sebagai King James ini sekarang bermain di klub Miami Heat.
  2. James adalah anak dari seorang mantan napi, Anthony McClelland, yang menelantarkan ia dan ibunya sejak James lahir. Ibunya, Gloria, melahirkan James ketika usianya masih 16 tahun dan membesarkan James sendirian. Kini James tinggal di Miami bersama kekasihnya, Savannah Brinson, dan memiliki dua anak yang bernama LeBron James Junior (lahir pada 6 Oktober 2004) dan Bryce Maximus James (lahir pada 14 Juni 2007). 
  3. Sebelum bergabung di klub Miami Heat, James sempat bermain untuk Cleveland Cavaliers pada tahun 2003-2010. Prestasi yang telah dicapai salah satunya adalah menembus NBA Finals pada musim 2006-2007 dan bertemu San Antonio Spurs. Akan tetapi ia tidak berhasil membawa Cavaliers pada kemenangan. 
  4. James pindah ke klub Miami Heat setelah kontraknya dengan Cleveland Cvaliers habis. Ia berkeinginan untuk meraih gelar juara NBA dalam kariernya. Saat ini LeBron James bersama Dwyane Wade dan Chris Bosh membentuk trio untuk menjuarai NBA
  5. Berposisi small forward, James bertabur rekor termuda sejak bermain di NBA. Ia menjadi debutan terbaik NBA (Rookie of the Year) musim 2003-2004. Lalu, MVP NBA musim 2008-2009. Juga All-NBA and dan All-Star setiap musim sejak 2005.
  6. Kini, James menegaskan menegaskan dirinya sebagai spesialis triple-double, dengan perolehan angka rata-rata 27.5 poin, 6.7 assists dan 7 rebounds setiap permainan dalam karirnya.
  7. Pada musim 2005-2006, James memimpin perolehan tembakan tiga angka (three point). Kemampuan LeBron sudah bisa dibandingkan dengan legenda NBA seperti Oscar Robertson, Magic Johnson, dan Michael Jordan.
  8. James memiliki kekurangan kekurangan di dalam soal bertahan (deffense). Tapi, kelemahan ini mampu ditutupinya pada musim 2008-2009, ia masuk NBA All-Defensive Team. Musim ini, ia berada di posisi runner up dalam voting Defensive Player of the Year.
  9. James mendapat dukuangan dari banyak sponsor seperti Nike, Sprite, McDonald's, dan lain lain.
  10. James memiliki kebiasaan unik sebelum bertanding. Ia akan ke sisi lapangan dan menaburkan bubuk bedak tabur yang telah dihancurkan. Banyak yang berpendapat bahwa itu meniru Kevin Garnett.
  11. James juga sempat menjadi atlit Sepakbola Amerika (American Football) semasa SMA di St.Vincent-St. Mary's. Dalam tahun keduanya , ia masuk first-team all-state sebagai wide receiver setelah membawa timnya ke semifinal negara bagian. Saat itu, pengamat sempat memprediksi James akan bermain di Liga American Football (NFL).

Daftar Pustaka:
-kenji9d.blogspot.com
Diakses pada 16 November 2015


1 komentar: