Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 November 2015

Mark Zuckerberg_Sang pendiri facebook


Disusun oleh : Khulika 

1.Nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg sering dikenal Mark Zuckerberg lahir pada tanggal 14 Mei 1984 di Dobb Ferry, West Chester Country New York. Ia adalah anak kedua dari empat bersaudara, sejak kecil Zuckerberg suka mengutak atik komputer, mencoba berbagai program komputer dan belajar membuatnya. Ayahnya bernama Edward yang berprofesi sebagai Dokter gigi, dan ibunya bernama Karen Zuckerberg yang berprofesi sebagai Psikiater. Istrinya bernama Priscilla Chan yang menikah pada hari Sabtu tanggal 19 Mei 2012 sampai sekarang.

2.Saat di Sekolah Menengah Phillips Exeter Academy. Ia dan rekannya D’Angelo membuat plug in untuk MP3 Player Winamp. Plug in ini adalah program komputer yang bisa berinteraksi dengan aplikasi hot seperti Web Browser atau Email untuk keperluan tertentu. Saat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi keduanya berpisah D’Angelo masuk Caltech sedangkan Zuckerberg masuk Harvard jurusan Psikologi.

3.Ketika di Harvard, Mark menemukan bahwa Harvard tidak membagi buku mahasiwa yang memuat foto dan identitas mahasiswanya, padahal menurut Mark hal itu sangat penting agar sesama mahasiswa bisa saling kenal. Kemudian mark menawarkan diri untuk membuat program seperti itu. Namun, ditolak oleh pihak Harvard.

4.Zuckerberg tidak kehilangan akal, ia lalu membuat situs Coursematch.com yang memungkinkan teman sekelasnya berkomunikasi satu sama lain lewat website itu. Suatu malam Mark mencuri data mahasiswa Harvard dan memasukan foto – foto mereka kedalam website yang ia buat bernama Facemash.com. ia memampang foto temannya dan memberi pancingan “foto siapa yang paling hot”. Ternyata pancingannya mengena empat jam website itu diluncurkan 450 orang mengunjungi situs itu dan 22 ribu foto dibuka. Pihak Harvard pun mengetahuinya Mark pun mendapat teguran ia menyampaikan permintaan maaf. Namun, ia tak berhenti.

5.Mark kemudian membuat website baru yang bernama thefacebook.com. Ia meluncurkannya pada Februari 2004 website ini memungkinkan seseorang memiliki akun, mereka dapat memasang foto dan saling berkomunikasi dengan teman maupun saudaranya. Awalnya thefacebook.com untuk mahasiswa Harvard. Namun, seiring perkembangannya akhirnya kampus sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukan, bahkan ia juga menerima permintaan dari para pekerja dan anak sekolahan.

6.Lalu thefacebook.com namanya berubah menjadi facebook.com. Dan jangkauannya sudah menjangkau ke seluruh dunia facebook adalah website teraktif ke enam sedunia dengan user aktif sebesar 70 juta orang. Facebook pun mengalami penyempurnaan, setiap harinya ada sekitar 14 juta foto di upload. Selain facebook juga menambah aplikasi baru setiap hari hingga sekitar 20 ribu aplikasi yang tersedia di facebook.

7.Kesibukan yang luar biasa ini membuat Zuckerberg harus memutuskan keluar dari Harvard “ apa yang saya inginkan sudah ada ditangan. Saya tidak ingin punya Ijazah kemudian bekerja. Menurut saya pekerjaan hanyalah untuk orang – orang yang lemah. Ujarnya pada majalah Current.

8.Pada tahun 2006 jumlah anggota facebook yang meningkat ini akhirnya membuat pangsa pasar baru alias tambang emas bagi Mark. Saat user nya mencapai satu juta, Mark pun menawarkan investasi pada perusahaan lain yaitu Paypal, Accel Partners, Greylock Partners, Merytech Capital Partners, Li-ka-shing, Viacom, Google, Yahoo, bahkan Microsoft ikut menanam saham di facebook. Hal inilah ada rumor facebook mau dijual. Melesatnya bisnis facebook membuat Mark menumpuk kekayaan mencapai 17,5 miliar dollar. Ini membuat ia menjadi anak muda pertama yang kaya raya dari kerja keras nya sendiri bukan warisan, maka wajar jika majalah itu menobatkannya sebagai The  Youngest ‘Self-Made’ Billionaire on the Planet. Dan termasuk majalah time dan forbest menobatkannya sebagai “Man of the Year”

9.Prestasi yang diraih Zuckerberg tak benar-benar mulus. Sejumlah perkara ia dapatkan sehubungan dengan facebook, termasuk dari rekannya di Harvard yang menyebutkan rancangan facebook sebenarnya tiruan dari Connect U. Serta kontroversi Internasional Cina yang sampai membuat tembok api internet, kemudian Myanmar, Bhutan, Syria, Arabsaudi, Iran yang menuding facebook mempromosikan serangan terhadap Negara mereka sehingga akses terhadap facebook pun ditutup. Ditengah sejumlah kontroversi itu, nama facebook dan Mark Zuckerberg tetap digandrungi banyak orang.
  
10.Mark sendiri di tengah kepopuleran namanya  dan jumlah kekayaan yang dimilikinya, ia tetap sederhana. Ia masih tinggal di apartemen sewaan dan dikamarnya hanya tersedia sebuah meja dan kursi. Kasurnya diletakan dilantai, Mark kerap berjalan kaki atau mengendarai sepeda kala datang ke kantornya di Palo Alto.

11.Mengenai kehidupan pribadi Mark Zuckerberg seperti yang dikutip dari kompas.com. Mark Zuckerberg memiliki kekasih bernama Priscilla Chan. Sejak berpacaran dengan Zuckerberg sosok Priscilla tidak banyak diekspos oleh media massa. Ketika ia menikah dengan kekasihnya, Priscilla Chan. Pada hari sabtu tanggal 19 Mei 2012. Ia tidak mengadakan pesta super mewah namun hanya pesta kecil yang diadakan di halaman belakang rumahnya. Entah hal ini dilakukan karena ia memang hidup sederhana atau karena tak ingin ribet menyiapkan pesta pernikahannya. Yang pasti tentulah ia ingin fokusnya tetap di facebook.

12.Mark Zuckerberg adalah tokoh yang patut kita contoh dan beliau ini memiliki sifat tidak pantang menyerah dia terus mencoba dan terus berusaha. Mark Zuckerberg adalah orang yang mendirikan facebook di usia muda yakni usia 24 tahun. Dan ia tidak berasal dari keluarga kaya. Meski ia dinobatkan sebagai pemuda terkaya dunia. Namun, Mark tetap hidup sederhana. Dan kebanyakan anak muda yang masuk ke dalam jajaran orang terkaya dunia adalah warisan orang tua. Namun, Mark tidaklah demikian ia menjadi orang terkaya berkat jerih payahnya sendiri.


DAFTAR PUSTAKA
2.http://biografi-orang-sukses-dunia.blogspot.co.id/2013/09/biografi-mark-elliot-zuckerberg-pendiri.html            “Diakses pada tanggal 5 November 2015”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar