Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 November 2015

Bill Gates – Orang Terkaya Sedunia


Disusun oleh: Sherlin Kamilia 
  

  1. Bill Gates atau William Henry Gates III dilahirkan pada tanggal 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington. Ayahnya, William Henry Gates, Sr., adalah seorang pengacara dan ibunya, Marry Maxwell Gates, adalah seorang anggota dewan direktur First Interstate Banc System. Jadi, Bill Gates adalah anak dari keluarga yang cukup berada, bahkan ada rumor jika kakeknya adalah seorang jutawan di mana saat Bill Gates lahir, ia secara hukum telah mendapat jatah warisan kekayaan kakeknya sebesar 1 juta dolar. Bill Gates adalah anak kedua dari empat bersaudara, namun ia menyandang gelar Gates III karena memang generasi Gates yang ketiga.
  2. Ia disekolahkan di sekolah yang sangat prestisius, yaitu Lakeside School, sekolah khusus pria yang sangat ternama dan modern. Gates dan teman-temannya sangat tertarik dengan pemrograman BASIC. Komputer yang digunakannya adalah komputer General Electric dengan sebuah terminal Teletype Model 33 ASR. Siswa Lakeside School yang terkenal asyik menulis program komputer adalah Bill Gates, Paul Allen, Ric Weiland, dan Kent Evans. Keempat siswa tersebut kemudian dilarang oleh pihak sekolah menggunakan komputer lagi karena tertangkap basah mengembangkan bug di sistem komputer tersebut. Sebelum keempat siswa tersebut benar-benar dilarang oleh pihak sekolah, mereka disuruh untuk menemukan bug tersebut, namun Bill Gates malah menuju kantor pusat komputer dan mempelajari kode sumber berbagai program yang berjalan di sistem tersebut, seperti FORTRAN, LISP, dan bahasa mesin. Dari situlah pengetahuan Bill Gates akan bahasa pemrograman berkembang. Pada tahun berikutnya, sebuah perusahaan pemrograman yang bernama Information Sciences, Inc. mendengar kepiawaian empat sekawan ini dan mempekerjakannya untuk menulis program sistem pembayaran gaji dengan menggunakan bahasa COBOL. Selain mendapat royalti, mereka juga diizinkan memakai komputer kantor selama mungkin. Pada tahun 1973, Bill Gates lulus dari Lakeside School dengan nilai yang hampir sempurna dan melanjutkan pendidikannya di Harvard University. Akan tetapi, Bill Gates telanjur menyibukkan diri dengan menulis bahasa pemrograman sehingga kuliahnya di Harvard tak dilanjutkannya.
  3. Pada tahun 1974, MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 baru saja diluncurkan. Dari situlah berkembang idenya untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak dengan menggandeng Paul Allen sebagai mitranya. Bill Gates kemudian menghubungi MITS dan menawarkan operating system berbasis BASIC yang dapat dipakai sebagai platform-nya. MITS pun menyetujuinya. Sistem operasi pertamanya ini dinamai Altair Basic. Bill Gates bersama Paul Allen memberikan nama pada perusahaan softwarenya dengan nama “Micro-soft”. Tanda sambung itu di lain waktu pun dihilangkan sehingga sampai sekarang menjadi “Microsoft” dan Bill Gates menjadi pemegang saham pribadi terbesarnya.
  4. Keahlian Bill Gates bersama Microsoft dalam menulis bahasa pemrograman untuk komputer semakin dikenal luas. Pada tahun 1980, IBM mengumumkan bahwa ia memerlukan sebuah sistem operasi untuk PC-nya dan ia meminta Microsoft untuk membuatkannya. Akhirnya, Bill Gates pun membuatkannya dengan nama sistem operasi 86 DOS atau QDOS yang kemudian dikirim ke IBM dalam bentuk PC-DOS. Bill Gates mendapat imbalan $50.000. Microsoft juga tidak mengajukan pemindahan hak cipta perangkat lunaknya pada IBM. Dari situlah penjualan MS-DOS menjadikan Microsoft pemain utama perangkat lunak dalam industri komputer. Jika semisal perangkat lunak yang ditulis oleh Bill Gates tersebut lisensinya dijual pada IBM, mungkin IBM yang akan untung besar dan menguasai pasar dan Microsoft tidak bisa sebesar saat ini. Bill Gates, hanya pintar menghasilkan program sederhana dan bermutu, tetapi juga pandai dalam menjualnya.
  5. Bill Gates terkenal keras pada manajer-manajernya karena ia memiliki tanggung jawab ganda di Microsoft, yaitu penulis program aktif dia juga harus memikirkan strategi perusahaan ke depannya agar dapat menjadi pemain utama. Saat mencapai puncak, harus mati-matian mempertahankannya, bahkan memonopolinya.
  6. Cara Bill Gates berbisnis cenderung antipersaingan dan ingin memonopoli pasar. Hal inilah yang membuatnya bermasalah dengan pemerintahan United States. Hal ini terkenal dengan kasus United States vs Microsoft, namun hal ini tak membuat Microsoft gentar, malah Bill Gates bersama Microsoft berani melawannya.
  7. Bill Gates menikah dengan Melinda French pada tanggal 1 Januari 1994. Dari pernikahannya dengan Melinda, Bill Gates dikaruniai tiga orang anak yang bernama Jennifer Katharine Gates (lahir 1996), Rory John Gates (lahir 1999), dan Phoebe Adele Gates (lahir 2002).
  8. Sejak tahun 1993 hingga 2007, Bill Gates selalu dinobatkan sebagai orang terkaya di planet ini dengan total kekayaan pernah mencapai $101 miliar dolar. Akan tetapi, pada tahun 2000, harga sahamnya menurun karena kasus dot com. Pada tahun 2010, Bill Gates sempat dikalahkan oleh Carlos Slim Helu, seorang Taipan Meksiko, namun pada tahun berikutnya dan sampai sekarang, ia kembali menempati urutan pertama. Sebenarnya, Bill Gates kurang nyaman dengan predikat sebagai orang terkaya di dunia karena hal itu sangat mengganggunya. Ia tidak suka perhatian yang muncul akibat predikat tersebut karena yang paling penting bagi dia adalah selalu berinovasi dan berprestasi di bidangnya. Setelah sukses dengan Microsoft-nya, Bill Gates juga terjun sebagai investor. Ia mendirikan yayasan amal bernama Bill and Melinda Gates Foundation.
  9. Bill Gates tidak membangun kesuksesannya dalam satu malam, tetapi bertahun-tahun. Benar jika dia beruntung karena dilahirkan dari orang tua yang kaya dan memiliki otak cerdas, namun jika tanpa kerja keras dan kerja cerdas serta visi yang tinggi, tak mungkin ia bisa sesukses sekarang ini. Saat ia mengembangkan Microsoft, ia hanya tidur selama 8 jam seminggu. Usaha, kerja kerasnya, dan didukung oleh visi yang tinggi membuatnya meraih kesuksesan seperti saat ini. Jadi, bukan hanya faktor keberuntungan saja.

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar