Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 26 November 2015

SUSI SUSANTI- PEMAIN BULUTANGKIS TERBAIK


Disusun Oleh : Mayang Purwaningrum

1.Lucia Fransisca Susi Susanti atau yang lebih dikenal dengan nama Susi Susanti,ia adalah salah satu pemain bulu tangkis putri terbaik yang pernah dimiliki indonesia. Perempuan kelahiran 11 Februari 1971Tasikmalaya ini menyukai permainan bulu tangkis sejak duduk dibangku SD. Karena dukungan orangtuanya, ia pun memulai karier bulu tangkis di klub milik pamannya, PB tunas Tasikmalaya.  
2.Di jakarta,Susi tinggal di asrama dan bersekolah khusus untuk atlet.Pergaulannya terbatas dengan sesama atlet dan jadwal latihannya pun sangat padat,peraturan tentang makan. Dihari minggu Susi lebih memilih untuk istirahat karena lelah dari pada jalan-jalan ke mall. 
3.Pada awal kariernya ditahun 1989,Susi sudah berhasil menjadi juara di indonesian open. Puncak karier Susi bisa dibilang terjadi pada tahun 1992,ketika ia menjadi juara tunggal putri cabang bulu tangkis di olimpiade barcelona.Uniknya,Alan Budikusuma yang merupakan pacarnya ketika itu,juga berhasil menjadi juara putra. 
4.Susi berhasil meraih mendali, kali ini mendali perunggu pada olimpiade 1996, Amerika Serikat. Selain itu,Susi juga menorehkan prestasi dengan merebut Piala Uber tahun 19994 dan 1996 bersama tim Uber Indonesia.Semangat Susi yang pantang menyerah juga selalu berhasil membuat para pedukungnya yakin, bahwa Susi akan berhasil. 
5.Susi bersama Alan mendirikan Olympic Badminton Hall di kelapa gading sebagai gedung pusat pelatih bulu tangkis. Mereka berdua juga membuat raket dengan merek Astec (Alan-Susi Technology) pada pertengahan tahun 2002. Ia juga membuka pusat refleksiologi kaki dan fisioterapi yang diberi nama Fonata.
6.Susi pensiun di usia 26 tahun setelah ia menikah dengan Alan Budikusuma. Ia dan Alan memulai kehidupan dari nol lagi, karena pemerintah dinilai kurang perhatian terhadap para mantan atlet. Ia pun mengaku tidak mengizinkan ketiga anaknya untuk terjun di dunia bulu tangkis mau pun cabang olahraga lain, karena mengingat nasib beberapa mantan atlet yang diabaikan oleh pemerintah 
7.Ia mendapatkan Mendali Emas Olimpiade Barcelona tahun 1992, Juara Korea Open pada tahun 1995, Juara Denmark Open pada tahun 1991 dan 1992, Juara Vietnam Open pada tahun 1997, Juara Indonesia Open pada tahun 1989-1997,Finalis Piala Uber 1994 dan 1996, Juara PON 1993 (Tim Jawa Barat), Juara word championship junior 5 kali pada tahun 1985,tanda kehormatan Republik Indonesia Bintang Jasa Utama, pada tahun 1992, dan The Badminton Hall of Fame pada tahun 2004. 
8.Susi Susanti sebagai pemain bulu tangkis yang tenang dan tanpa emosi ketika bertanding. Sudah sepantasnya ia patut dihargai oleh semua orang yang ada diseluruh dunia. Semangatnya yang pantang menyerah juga selalu berhasil membuat para pendukungnya yakin bahwa ia pasti akan berhasil.


Daftar Pusaka :
Sumber : http://profil.merdeka.com/indonesia/s/susi-susanti/ yang diakses pada 12 November 2015. 
Sumber : https://jokowarino.id/susi-susanti-pemain-bulu-tangkis-putri/ yang diakses pada 12 November 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar