Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 November 2015

HELEN KELLER - Yang Menemukan Terang Di dalam Kegelapan


Disusun Oleh, Jessica Andika Fahira



  1. Helen Keller lahir di Tuscumbia, Alabama, 27 Juni 1880. Anak   perempuan dari pasangan Kapten Arthur Henley Keller dan Kate Adam Keller. Sewaktu dilahirkan Helen memiliki penglihatan dan pendengaran yang normal. Namun demam tinggi saat usianya satu tahun (19 bulan). Semenjak itu  ia jatuh ke dalam dunia kegelapan dan kesunyian. Demikianlah, ia telah  kehilangan kemampuan berbicaranya dan tak dapat mengekspresikan perasaannya. Sejak itu ia menjadi anak yang liar, keras kepala, kasar, dan cenderung merusak. Sampai kedua orang tuanya hampir angkat tangan karena tidak berhasil mengendalikan.
  2. Pada saat usianya 7 tahun, akhirnya ada seorang guru yang sabar menangani Keller. Guru itu adalah Anne Magsfield Sullivan. Awal proses belajar Helen, saat Anne memberikan sebuah boneka kepada Helen dan mengejakan kata b-o-n-e-k-a ditangannya. Helen terpesona dengan mengejanya di telapak tangan Anne. Dan ketika Anne berjuang untuk mencoba membantunya untuk memahami, ia juga mencoba berjuang mengontrol kelakuan buruk Helen yang terus berlanjut. Mulai saat itu Anne selalu mengejakan nama-nama benda di telapak tangan Helen.
  3. Pada suatu ketika Anne menuntunnya ke pompa air pada 5 April 1887, semua itu berubah. Annie memegang tangan Helen di bawah air dan dengan bahasa isyarat, ia mengucapkan "A-I-R" padatangan yang lain. Saat Helen memegang tanah, Annie mengucapkan "T-A-N-A-H". Sesuatu tentang hal ini menjelaskan arti kata-kata itu ke benak Helen, dan Anne segera melihat di wajahnya bahwa Helen akhirnya mengerti. Helen diajar membaca lewat huruf Braille (buku untuk orang tuna netra) sampai mengerti apa maksudnya. Lewat Braille ia belajar bahasa Perancis, Jerman, Yunani dan Latin yang semakin menambah wawasannya, tidak hanya itu dengan Braille Helen mulai membaca buku seperti Snow White and the seven Dwarf dan Little Ugly Duckling. Secara bertahap Hellen mulai mengenal dunia luar.
  4. Pada usia 20 tahun, ia kuliah di Radcliffe College, cabang Universitas Harvard khusus wanita. Hanya 4 tahun pada 28 Juni 1904 Helen lulus dari PerguruanTinggi Radcliffe,  Helen lulus dengan predikat magna cum laude. Ia adalah orang tuna rungu dan tuna netra pertama yang lulus dari universitas.Selama waktu mereka di perguruan tinggi, Helen menulis tentang hidupnya. Ia menulis cerita dengan mesin tik Braille dan mesin tik biasa sekaligus. Helen dan Anne bertemu John Albert Macy yang menolong mengeditbuku Helen yang pertama “The Story of My Life” – ‘Kisah Hidupku’, yang diterbitkan pada tahun 1903 dan meskipun pada awalnya kurang baik, kemudian sejak itu menjadi sesuatu yang klasik.
  5. Pada tahun 1914, Helen Keller berkeliling Amerika untuk menjadi aktivis, konselor, maupun dosen terutama untuk  anak-anak yang memiliki keterbatasan seperti dirinya. Dengan di dampingin Anne Sullivan, dia juga mengunjungi para tentara di sekeliling Eropa yang terlibat Perang Dunia II. Pada tahun 1923, Helen menjadi   American Foundation for the Blind dan mengurus penggalangan dana, serta pengembangan system pendidikan  yang  lebih baik bagi penderita keterbatasan fisik.
  6. Ketika Anne Sullivan meninggal pada tahun 1936, Helen tetap meneruskan pekerjaannya dengan di dampingi Polly Thomson, seorang sekretaris dan teman Helen.Pada Oktober 1961 Helen mengalam iserangan stroke. Ia menghabiskan tahun-tahun yang tersisa dirawat di rumahnya di Arcan Ridge.
  7. Pada tahun 1964 Helen di anugrahi medali kemerdekaan, penghargaan tertinggi yang di berikan Negara kepada penduduk sipil, di serahkan oleh Presiden Lyndon Johnson.  Setahun kemudian ia terpilih menjadi salah satu wanita yang di abadikan di Hall of Fame di sebuah pameran dunia di New York. Helen Adams Keller adalah seorang penulis Amerika, aktivis politik dan dosen. Ia menjadi pemenang dari Honorary University Deegres Women’s Hall of Fame, The Presidential Medal of Freedom, The Lions Humanitarian Award, bahkan kisah hidupnya meraih dua piala oscar. Ia adalah orang tuna rungu pertama yang mendapatkan gelar Bachelor of Arts. Helen Adams dikenal secara luas melalui penggambaran di film The Miracle Worker.
  8. Helen Keller meninggal pada 1 Juni 1968 menginjak usia 87 tahun ketika sedang tidur di dalamrumahnya di Arcan Ridge. Jenazahnya dikremasi di Bridgeport, Connecticut dan sebuah jasa pemakaman mengatur agar guci abunya ditempatkan di Katedral Nasional di Washington yang lalu diletakkan bersebelahan dengan abu Anne Sullivan dan Polly Thomson.
  9. Pada usia 11 tahun, Helen menulis bukunya yang pertama denganjudul The King Frost (1891). Pada usia 22, Keller menerbitkan autobiografinya, The Story of My Life (1903), dengan bantuan dari John Macy dan isterinya, Anne Sullivan. Ini termasuk kata-kata yang Helen tulis dan kisah hidupnya hingga usia 21, yang di tulis selama waktu kuliahnya. Pada 1908, Keller menulis The World I Live In (1908) yang memberikan pembaca wawasan bagaimana perasaannya tentang dunia. Out of the Dark, serangkaian esai tentang sosialisme, diterbitkan pada tahun 1913. Autobiografi spiritualnya, My Religion, diterbitkan pada tahun 1927 dan diterbitkan kembali sebagai Light in my Darkness (Cahaya dalam Kegelapansaya).
  10. Helen Keller tidak pernah menyerahakan keadaan walaupun ia memiliki keterbatasan fisik, namun ia  membuktikan bahwa dia harus melawan tidak hanya menerima begitu saja. Ia merupakan salah satu tokoh kemanusiaan terbesar di abad ke-20.
  11. Salah satu ungkapan terkenalnya adalah, “The Most beatiful things in the world cannot be seen or even touched, they must be felt with the heart.” Hal yang paling indah di dunia tak dapat dilihat bahkan tak bisa disentuh namun hal tersebut hanya bisa dirasakan oleh hati.

    DAFTAR PUSTAKA

Diakses pada 12 November 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar