Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 21 November 2015

Leonard Kleinrock – Bapak Penemu Internet

Disusun Oleh : Indah Anissa Sari


1.    Dia merupakan seorang profesor bernama Leonard Kleinrock, merupakan Ilmuwan kebangsaan asal Amerika Serikat yang lahir pada 13 Juni 1934 di New York City. Leonard Kleinrock kini berumur 81 tahun, dia dijuluki sebagai Ayah/Bapak Internet. Ia juga mempunyai 4 orang anak dan 7 orang cucu. Dia mempunyai ketertarikan yang cukup besar terhadap dunia teknologi. Ketertarikannya tersebut membawanya masuk ke salah satu sekolah yang ada di Amerika Serikat, yang fokus dalam dunia teknologi, yaitu Bronx High School of Science pada tahun 1951.

2.    Disekolahnya dia selalu mengasah bakatnya pada teknologi dan sering melakukan percobaan terhadap jaringan disekolahya. Lulus dari Bronx High School of Science pada tahun 1951 ia melanjutkan studinya ke City College of New York, dengan jurusan Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Ia juga mendapatkan gelar Sarjana Teknik Elektro dan Ilmu Komputer dari City College of New York pada tahun 1957.

3.    Pada tahun 1959 dan tahun 1961 Leonard Kleinrock membuat makalah yang berisikan tentang pertukaran paket dalam kaitannya dengan paket teknologi.Setelah lulus dari City College of New York ia melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu program master. Ia melanjutkan ke Institut Teknologi Massachusetts dengan jurusan yang sama. Pada tahun 1963, ia berhasil lulus dan menerima gelar master dan doktor (Ph.D.).

Menemukan Internet

4.    Setelah lulus ia bergabung diUniversitas California Los Angeles (UCLA) sebagai pengajar. Disana ketertarikannya semakin terasa. Disana pula ia menjadi profesor ilmu komputer pada jurusan Teknik danSains Terapan. Dari tempat inilah penemuan terbesarnya lahir. Ia mengembangkan internet saat masih duduk di bangku kuliah. Rincinya saat ia sedang melanjutkan pendidikannya ke Institut Teknologi Massachusetts.Dia menuliskan semuanya kedalam makalah tentang ilmu jaringan komputer yang pada akhirnya makalah tersebut menjadi konsep dasar dari internet.

5.    Didalam makalahnya ia memaparkan tentang kemungkinan adanya pertukaran paker data antara satu perangkat komputer ke komputer yang lain melalui sebuah jaringan besar yang bersifat global. Saat itu ia masih belum menemukan tekniknya, dan setelah masuk ke UCLA barulah ia berhasil menemukan teknik pemecahan paket data digital yang bisa dikirimkan lewat sebuah jaringan komputer.

6.    Arpanet dibuat di Amerika Serikat pada tahun 1969 yang difungsikan sebagai sarana percobaan teknologi jaringan komputer terbaru pada zamannya. Pesan pertama Arpanet dikirim oleh UCLA, mahasiswa programer Charley Kline, pada tanggal 29 Oktober 1969. Ia dibimbing oleh Leonard Kleinrock melakukan transmisi pertama menggunakan teknologi jaringan yang diberi nama Internet.

7.    Saat itu, mereka sedang melakukan sebuah transmisi dari UCLA ke Stanford Research Institute yang juga merupakan tempat pengembangan program Arpanet. Pada awalnya dia berencana untuk mengirim transmisi sebuah kata "LOGIN", namun sambungan ini hilang tepat sebelum huruf "G", jadi hanya 2 huruf yang terkirim, yaitu "LO", yang muncul pada layar di Standord Research Institute, dengan jarak 314 mil.

8.    Walau percobaannya gagal , tapi Leonard Kleinrock senang karena ia telah berhasil melakukan transmisi jarak jauh lewat jaringan komputer pertama kali di dunia. Semenjak setelah dilakukan percobaan pertama tersebut, pengembangan Arpanet semakin dioptimalkan bahkan mendapatkan tanggapan luar biasa dari pemerintah lewat sebuah program, yaitu National Center for Supercomputing Applications (NCSA). Pada tahun 1988, Leonard Kleinrock menjadi ketua kelompok jaringan Penelitian Nasional untuk Kongres AS. 

9.    Penghargaan yang diraih Leonard Kleinrock.
-       Leonard Kleinrock dipilih untuk menerima penghargaan bergengsi yaitu Nasional of Science, sebuah kehormatan ilmiah bangsa, dari Presiden George W. Bush di Gedung Putih pada tanggal 29 September 2008.
-       Mendapatkan penghargaan The 2007 National Medal of Science dalam memberikan kontribusi fundamental kepada teori matematika jaringan data modern, dan untuk spesifikasi fungsional switching paket, yang merupakan dasar teknologi internet generasi mentoring.

10. Leonard Kleinrock merupakan Bapak Internet. Saat masih duduk di bangku sekolah ia sering sekali mengotak-atik jaringan yang ada disekolahnya. Awal menemukan internet saat ia masih duduk di bangku Universitas. Dengan penemuannya ini maka jaman sekarang mudah sekali untuk mengakses jaringan. Ia juga dikenal diseluruh dunia atas penemuannya ini. Dia juga banyak meraih penghargaan bergengsi


Daftar Pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar