Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 November 2015

BOB SADINO : PENGUSAHA SUKSES BERCELANA PENDEK

DISUSUN OLEH : IIS ARISKA

 


1.    Bob sadino yang memiliki nama lengkap Bambang Mustari Sadino, beliau lahir di Lampung pada tanggal 9 Maret 1933. Ia terlahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Beliau merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara. Ketika usianya menginjak 19 tahun orang tuanya meninggal dunia dan ia mewariskan seluruh harta kekayaan kepadanya.

2.    Akan tetapi kekayaan yang diperolehnya tidak dibagikan ke saudara – saudaranya, karena ia merasa saudaranya lebih hidup mapan ketimbang dirinya. Lalu ia pun melakukan wisata ke beberapa Negara seperti Belanda, , Amsterdam, dan Hamburg. Ketika di belanda ia bertemu dengan pasangan hidupnya yaitu Soelami Soejoed.

3.    Bob sadino pernah bersekolah di Sekolah Dasar (SD) di daerah Yogyakarta pada tahun 1947. Setelah lulus dari Sekolah Dasar, ia melanjutkan  Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah Jakarta tahun (1950), dan melanjutkan Sekolah Menengah Atas (SMA) di daerah Jakarta tahun (1953).

4.    Bob pernah bekerja sebagai karyawan Unilevertahun (1954-1955), dan karyawan Djakarta Lloyd, Amsterdam dan Hamburg tahun (1950-1967). ia merupakan Direktur Utama PT. Boga Catura Rata, PT. Kem Foods, PT. Kem Farm. Dan Ia pemilik tunggal Kem Chiks dari tahun 1969 hingga sekarang.

5.    Perjalanan awal hidupnya adalah ia menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki, akan tetapi ia mengalami kecelakaan dan mobilnya mengalami kerusakan yang amat parah karena tidak mempunyai uang untuk memperbaikinya maka ia beralih profesi menjadi tukang kuli. Ia sempat mengalami depresi akibat dari tekanan hidup.

6.    Ketika Bob mengalami depresi , temannya menyarankan untukberbisnis telur ayam negeri. Kemudian, Ia tertarik untuk memelihara ayam untuk berwirausaha. dan ia yang pertama kalinya ia mengenalkan ayam-ayam negeri ke Indonesia. Setelah setengah tahun ia mempunya pelanggan yang setia dan selama setengah tahun itu pulah lah banyak pelanggan yang memakinya. Ia tetap berusaha ,bersemangat dan mengintropeksi diri apa yang harus ia rubah. Ia pun bertekat untuk terjun langsung melayani para pelanggannya dengan merubah tampilannya menggunakan celana pendek dan kemeja pendek.

7.    Setelah sekian lama Bob pun menjadi pemilik tunggal dari supermarket Kem Chicks. Bisnis yang ia tekuninya berkembang dengan pesat hingga ke Bidang agribisnis terutama di bidang holtikutura. Ia berkomitmen bahwa uang bukanlah harta yang utama , tetapi dengan kemauan, berani mencari, berkomitmen dan tepat menangkap peluang adalah hal yang harus diperhatikan. Ia juga selalu lembut terhadap pelanggannya serta mau mendengarkan keluhan pelanggan. Menurut ia, “kepuasan para pelanggan akan menimbulkan kepuasan terhadap diri sendiri.”

8.    Bob Sadino menghembuskan nafas terakhirnya pada hari senin tanggal 19 januari 2015, Setelah sempat dirawat kurang lebih selama 2 bulan. Kabar bahwa ia meninggal setelah berjuang melawan penyakitnya yaitu Infeksi saluran pernafasan kronis. Penyakitnya tersebut berkaitan dengan factor usia yang sudah lanjut dan kondisinya yang semakin menurun setelah istrinya terlebih dahulu meninggal dunia pada bulan juli 2014.

9.    Bob sadino merupakan pengusaha sukses yang mempunyai ciri khasnya yaitu selalu menggunakan celan pendek dan berkemeja pendek . ia dijuluki dengan kata  Pengusaha Sukses yangNyentrik”.Ia memiliki kepribadian yang pantang menyerah dan memiliki sifat yang sangat lembut terhadap para pelanggannya sehingga mendapatkan banyak simpati dari pelanggannya.


Daftar pustaka
http://www.sipolos.com/biografi-bob-sadino/ diakses pada tanggal 10 November 2015















Tidak ada komentar:

Posting Komentar