Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 26 November 2015

Albert Einstein: Seorang Ilmuwan Fisika Teoretis



 Disusun oleh :Erni Kartikawati

  1. Albert Einstein lahir pada tanggal 14 Maret 1879 di Ulm, kerajaan Wurttemberg, kerajaan Jerman. Masa kecil Einstein nampak terbelakang karena kemampuan bicaranya amat terlambat. Wataknya pendiam dan suka bermain seorang diri. Dia dianggap sebagai pelajar yang lambat karena kemungkinan disebabkan oleh dyslexia, sifat pemalu, atau karena struktur yang jarang dan tidak biasa pada otaknya (diteliti setelah kematiannya). 
  2.  Albert bersekolah di Sekolah Katholik dan atas keinginan ibunya dia diberi pelajaran biola. Ayahnya bernama Hermann Einstein, seorang penjual ranjang bulu yang kemudian menjalani pekerjaan elektrokimia. Dan ibunya bernama Pauline. Keluarga mereka keturunan Yahudi.
  3. Einstein mulai belajar matematika pada umur dua belas tahun. Einstein adalah alumni Eidgenossische Technische Hochschule (Institut Teknologi Swiss Federal, di Zurich). Padatahun 1900, dia diberikan gelar untuk mengajar oleh Eidgenossische Technische Hochschule dan diterima sebagai warga negara Swiss pada 1901.Pada 1898, Einstein jatuh cinta kepada Mileva Maric, seorang Serbia yang merupakan teman sekelasnya. Selama masa ini Einstein mendiskusikan ketertarikannya terhadap sains kepada teman - teman dekatnya, termasuk Mileva. Dia dan Mileva memiliki seorang putri bernama Lieserl, lahir dalam bulan januari tahun 1902. Lieserl, pada waktu itu dianggap tidak legal karena orang tuanya tidak menikah.
  4.  Pada saat kelulusannya, Einstein tidak dapat menemukan pekerjaan mengajar, keterburuannya sebagai orang muda yang  mudah membuat marah professornya. Ayah seorang teman kelas menolongnya mendapatkan pekerjaan sebagai asisten teknik pemeriksa di Kantor Paten Swiss dalam tahun 1902. Pada 1904, posisi Einstein di Kantor Paten Swiss menjadi tetap. Dia mendapatkan gelar dokter setelah menyerahkan tesis “Eineneue Bestimmung der Molekul dimension” dalam tahun 1905 dari Universitas Zurich.
  5. Pada tahun 1905, Einstein mencatat banyak prestasi. Berikut daftar karyanya: 1. Maret : Penjelasan efektotolistrik pada paper inilah yang memberinya hadiah Nobel pada tahun 1922. 2. April : Einstein memperoleh gelar phD-nya dari Universitas Zurich. 3. Mei : paper nya tentang gerak brown. 4. Juni : paper nya yang tersohor, yaitu tentang teori relativitas khusus, dimuat Annalen der Physik dengan judul Zur Elektro dynamik bewegter keper. 5. September : Kelanjutan paper nya bulan Juni yang sampai pada kesimpulan rumus terkenalnya yaitu E = mc2.
  6. Di artikel pertamanya di tahun 1905 bernama “On the Motion-Required by the Molecular Kinetic Theory of Heat-of Small Particles Suspended in a Stationary Liquid”, mencakup penelitian tentang gerakan Brownian. Diskusi statistik Einstein tentang kelakuan atom memberikan pelaku eksperimen sebuah cara untuk menghitung atom hanya dengan melihat melalui mikroskop biasa. Wilhelm Ostwald, seorang pemimpin sekolah anti-atom, kemudian memberitahu Arnold Sommerfeld bahwa ia telah berkonversi kepada penjelasan komplit Einstein tentang gerakan Brownian.
  7. Tahun 1909, Albert Einstein diangkat sebagai profesor di Universitas Zurich. Penghargaan tertinggi atas kerjakerasnya sejak kecil terbayar dengan diraihnya Hadiah Nobel pada tahun 1921 di bidang ilmu fisika. Tahun 1941, ia mengucapkan sumpah sebagai warga negara Amerika Serikat. Karena ketenaran dan ketulusannya dalam membantu orang lain yang kesulitan, Albert ditawari menjadi presiden Israel yang kedua. Namun jabatan ini ditolaknya karena ia merasa tidak mempunyai kompetensi di bidang itu.
  8. Pada 17 april 1955, Einstein mengalami pendarahan internal, namun ia menolak untuk melakukan operasi. Akhirnya pada tanggal 18 april 1955, Albert Einstein meninggal dunia dengan meninggalkan karya besar yang telah mengubah sejarah dunia. Meskipun demikian, Albert Einstein sempat menangis pilu dalam hati karena karya besarnya –teori relativitas umum dan khusus- digunakan sebagai inspirasi untuk membuat bom atom. Bom inilah yang dijatuhkan diatas kota Hiroshima dan Nagasaki. Ia mengatakan sangat menyesal telah menulis surat untuk presiden Roosevelt yang menjelaskan tentang bom atom.
  9. Albert Einstein ialah orang yang memiliki kepintaran yang luar biasa. Karya - karyanya yang mampu mengubah sejarah dunia. Sudah sepatutnya kita mencontoh sifat pantang menyerah dari sosok Albert Einstein.



Daftar pustaka :
-       http://www.satujam.com/biografi-sejarah-dan-prestasi-albert-eisntein diakses pada tanggal 19 November 2015
-       https://www.google.com/search?q=foto+albert+einstein diakses pada tanggal 19 November 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar