Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 24 November 2015

Melly Goeslaw-Ratu Soundtrack

Di susun oleh – Sri Wulan






1.    Melly Cessy Goeslaw lahir pada 7 Januari 1974 di Jakarta. Dia adalah seorang putri tunggal dari seorang penyanyi terkenal asal Ambon Melky Goeslaw, Tak di sangka bakat sang ayah turun kepada Putrinya yakni Melly Goeslaw yang kini di kenal sebagai seorang penyanyi dan seorang pencipta lagu terkenal di Indonesia.Melly menikah dengan Anto Hoed Pada tahun 1995 dan pada saat itu pula, dia menjadi seorang Mualaf. Kini melly telah di karuniai 2 orang anak yaitu , Annakku Lelaki Hoed (Ale) yang lahir pada 22 Agustus tahun 2000 dan Pria Bernama Hoed (Abe)  yang lahir pada 9 mei 2003.
2.    Dulu setiap malam, pemikiran Melly suka menghayal kemana-mana. Ini yang membuatnya tidak bisa tidur, maka dari itu jadilah insomnia dengan selalu tidur di atas jam 3 pagi. Daya imajinasinya sampai sekarang datang dan kian membesar bila malam tiba, saat ia berada dalam kesendirian. Lalu iapun mengisi waktunya dengan nonton film dan membuka internet. Setelah itu,ia menulis. Menulis apa saja yang ada dalam pikirannya saat itu, atau mungkin hasil dari catatan harian yang telah ditulis dari ponselnya. Kebiasaan itu sudah terjadi sejak ia duduk di bangku SMP, sahabatnya masa SMA yang kini juga jadi masuk dalam tim managernya, Oya (Rohiyah Abdul Malik) menceritakan. Saat mereka sekolah dulu, menurutnya saat belajar Melly bukannya memperhatikan apa yang diterangkan gurunya, tapi pikirannya tersebut mengembara ke dunianya sendiri. Giliran, disuruh nulis oleh guru, dia kebingungan karena bukunya habis semua untuk memenuhi hasratnya menulis. Melly memang tak hanya bikin lagu, tapi juga bikin cerpen yang sudah diterbitkan Aaaargh (salah satu ceritanya, Tentang Dia, yang sudah difilmkan), ia juga menulis skenario. Belakangan Melly menjadi produser film.
3.    Sebelum dikenali umum sebagai Melly Goeslaw, ia bersama suaminya terlebih dahulu mendirikan grup musik Potret dan Melly juga menjadi vokalis grup itu. Saat membuat potret bersama suaminya dalam memperbaiki nasibnya. Melly dan Anto tidak mau hidupnya bergantung menjadi player yang bernyanyi di klub-klub. Yang akhirnya berkat kerja kerasnya bersama sang suami ia pun muncul dengan band 'Potret', pada pertengahan tahun 90-an silam. Lirik-lirik nakal yang dihadirkan oleh kelompok band ini, dengan segera disukai masyarakat.
4.    Pada tahun 2002, Melly Goeslaw mendapat tawaran soundtrack dengan didampingi suaminya, Anto Hoed. Soundtrack pertamanya "Ada Apa Dengan Cinta" yang sudah mendapat sukses besar di Indonesia, dan soundtracknya pun juga terkenal di berbagai negara salah satunya Malaysia, seperti lagu "Ku Bahagia", "Bimbang" dan "Ada Apa Dengan Cinta ?",. Setelah kesuksesannya yang besar, Melly Goeslaw mendapat soundtrack lagi yang tidak kalah suksesnya, "Eiffel ... I'm In Love", Melly Goeslaw mampu mengimbangi soundtrack dengan filmnya dengan lagu hits seperti "Pujaankuy Goeslaw mengeluarkan album solonya yang ke-2 yaitu berjudul "Intuisi", namun bukan Melly Goeslaw namanya jika tidak ada soundtrack, dialbum itu ada 3 lagu yang dijadikan soundtrack kepada film yang diangkat dari cerpen karya ia sendiri yang berjudul Tentang Dia dan lagu-lagu tersebut ialah dari album itu juga, seperti "Tentang Dia", "Cinta", dan "Biarkan saja ini mengalir" dan ketiga-tiga lagu tersebut dijadikan single.
5.    Pada tahun berikutnya Melly Goslaw mendapat soundtrack lagi, yaitu film yang sangat fenomenal, "My Heart". Tapi sayang Melly Goeslaw tidak ikut bernyanyi, Melly Goeslaw Dan Anto Hoed hanya menjadi komposer/Pencipta semua lagu yang ada didalamnya, dan singlenya sangat sukses dipasaran yang berjudul "My Heart", "Pencinta Wanita", "Berdua Lebih Baik" dan "Sampai Menutup Mata". Film ini telah mengangkat nama Irwansyah dan Acha Septriasa di Indonesia serta Malaysia.Film tersebut menjadi buah mulut ramai orang manakala lagu-lagu yang dicipta oleh Melly untuk film ini menjadi kegilaan ramai dan lagu "Pencinta Wanita" dendangan Irwansyah dan "Berdua Lebih Baik" dendangan Acha Septriasa sering menjadi siulan anak-anak muda.
6.    Melly telah sukses menciptakan banyak lagu, diantaranya lagu berjudul "Jika" di mana Melly Goeslaw berduet bersama Ari Lasso, kemudian disusul dengan kesuksesannya menciptakan lagu “Menghitung Hari” yang dibawakan oleh Krisdayanti serta lagu “Hati Yang Terpilih”, "Tegar" "Ayat-Ayat Cinta", "Atas Nama Cinta", "Hey Ladies" yang dibawakan oleh Rossa, dan "Jera" dibawakan oleh penyanyi muda Agnes Monica langsung mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Bukan itu saja, Melly juga telah mencipta dua buah lagu kepada penyanyi popular dari Malaysia yaitu Datuk Siti Nurhaliza binti Tarudin yang berjudul "Biarlah Rahasia" dan "Pastikan" dimuatkan di dalam album yang berjudul Transkripsi (album) sekaligus kedua-duanya dijadikan single. Kedua-dua lagu tersebut mendapat sambutan yang hangat di Malaysia sehingga menenggelamkan single-single lain yang tidak kalah hebatnya dari album itu. Lagu "Biarlah Rahasia" telah mendapat anugerah lagu terbaik di Anugerah Planet Musik pada tahun 2007.
7.    Setelah membuat beberapa album Melly goeslaw pun memiliki mimpi untuk mengadakan konser tunggal. Pada tahun 2009, impian telah terwujud. Dengan dimotori oleh KD Production milik artis Krisdayanti, Melly telah menggelar konser. Konser tunggal bertajuk Glow diselenggarakan pada Agustus 2009. Konser dimulai sekitar pukul 20.30 WIB di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta selatan, Rabu (19/8/2009) malam. Di tengah-tengah konseer tersebut Melly begitu terharu kerena mendapakan kejutan dari sahabat-sahabatnya dan ia juga berkata "Saya bukan seorang diva, saya bukan pencipta lagu. Kami (Potret-red) hanya diteteskan setetes anugerah dari Allah untuk berkarya. Jadinya sekarang yang dibilang manusia bernama lagu. Sampai saat ini saya tidak ingin menjadi diva," kata Melly yang disambut sorak kagum teman-teman dan penontonnya. Bukan hanya membawakan lagu sendiri, Melly pun memberikan kejutan dengan menyisipkan 'tribute to Michael Jackson' di tengah konser. Melly mengaku perlu menghormati musisi dunia itu, karena telah memberikan banyak inspirasi untuknya menciptakan lagu. Tiga lagu Jacko, Ben, One Day in Your Life, dan 'You Are Not Alone' dinyanyikan Melly. Melly juga berkata bahwa ia ingin menjadi seseorang seperti Michael Jackson yang terkenal karena karya bukan karena sensasi. "Saya ingin seperti dia, besar karena karya, bukan sensasi," kata Melly.
8.    Ini adalah beberapa penghargaan Melly Goeslaw selama berada di belantika music Indonesia , 1999 | Grand Final Karya Cipta Video Musik Indonesia ( KCVMI ) - Sebagai Artis intreprestasi Terbaik di Video klip “DIAM “, 2004 | Festival Film Indonesia - Penata Musik terbaik di Ost. Ada Apa dengan Cinta?, 2005 | Festival Film Indonesia - Penata Musik terbaik di Ost. Eiffel I'm in Love/Repackage, 2011 | Anugerah Planet Musik 1 - Planet Music Special Awards. Dan masih banyak lagi.
9.    Meskipun telah banyak menghasilkan banyak karya music dan memiliki banyak penghargaan music, Melly mengaku jika dia sama sekali tidak bisa membaca not balok. Jika dia sedang mendapat inspirasi, dia selalu meminta suaminya, Anto Hoed untuk menulis notasinya. Penyanyi yang sering berdandan nyentrik ini sempat 3 tahun fakum di dunia musik tanah air bagi memberi tumpuan kepada album Potret dan kelahiran anak sulungnya. Pada tahun 2002, dia mendapat tawaran soundtrack dengan didampingi suaminya, Anto Hoed. Kini namanya sangat diperhitungkan dalam blantika dunia hiburan di Indonesia dan Malaysia. Ia jago menyanyi, membuat lagu, membuat sountrack film, akting (melalui video klipnya), menulis hingga menjadi produser film. Pikiran dan jiwanya seolah tak pernah berhenti memunculkan karya-karya baru yang tidak saja indah, ngetop, tapi juga mendalam.
10. Melly Goeslow memiliki sifat pantang menyerah, pekerja keras dan percaya bahwa, tanpa diasah, bakat itu tak pernah ada. Tanpa bekerja ekstra keras keberhasilan itu tak mungkin dirayakan. Begitulah Melly mewujudkan namanya hingga menjadi dirinya kini menjadi seorang penyanyi, pencipta lagu dan juga seorang produser music. Berkat karya-karya nya nama Melly Goeslaw banyak di kena oleh Masyarakat Indonesia.


Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Melly_Goeslaw (di unggah pada tanggal 30 Oktober 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar