Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 November 2015

Een Sukaesih- Guru Inspiratif



Disusun oleh : Putri Parwati

1.    Een sukaesih lahir pada 10 Agustus 1963 di Sumedang,Jawa Barat,di Dusun Batukarut, Rt 01/Rw 06,Desa Cibereum Wetan,Cimalaka,Sumedang,Jawa Barat. Een Sukaesih adalah  seorang Guru dan Konselor ,beliau tetap mempunyai semangat untuk tetap mengabdikan dirinya pada dunia pendidikan hingga sekarang dengan keterbatasan kondisi tubuhnya yang secara nalar sangat sukar untuk dibayangkan.

2.    Een sukaesih merupakan Alumnus IKIP Bandung (Universitas Pendidikan Indonesia / UPI). Keterlibatannya menjadi seorang Guru nampaknya sudah menjadi panggilan hatinya. Pada tahun 1985 Een lulus dengan nilai cukup baik,dan diangkat menjadi Guru di SMA Sindang Laut,Cirebon,Jawa Barat.

3.    Setuntas menamatkan kuliah program diploma 3 beliau di tempatkan di kecamatan Sindang Laut, sebagaimana layaknya seorang Konselor beliau melaksanakan tugasnya dengan baik, itupun hanya berlangsung selama 3 bulan saja, sebab setelah itu beliau mengalami kelumpuhan yang bersifat permanen dan menjalar hingga seluruh tubuhnya tidak dapat digerakkan.

4.    Harapan dan cita-cita Een untuk menjadi Guru sia-sia karena penyakit yang dialaminya. Een tetap berusaha ikhlas menerima penyakitnya dan kondisinya. Ia terus berdoa memohon kesembuhan dari-Nya.

5.    Dalam situasi semacam ini,Een Sukaesih tidak menyerah untuk berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa. Ia putar otak untuk mengisi waktunya yang hening dengan sesuatu yang bermanfaat. Dari mengajar anak kerabat dan keponakannya membuatkan pekerjaan rumah, kini anak-anak tetangga berjumlah puluhan orang menjadi ‘murid’nya. Tanpa memungut bayaran alias gratis.

6.    Untuk dedikasinya pada pendidikan, Een beroleh sejumlah penghargaan, di antaranya Dompet Dhuafa Award 2010, lalu Education Award dari Bank Syariah Mandiri (BSM), lalu dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Kartini Award 2012 dan Tupperware She Can! untuk karya inspiratifnya, Teacher Award 2012 dan menerima penghargaan dari Liputan 6 Award.

7.    Een Sukaesih wafat pada tanggal 12 Desember 2014,di RSUD Sumedang,Jawa Barat,sekitar pukul 15.20 WIB, karena penyakit Rheumatoid Arthritis (RA),yang sudah dideritanya selama 26 tahun.

8.    Penyakit Rheumatoid Arthritis (RA) merupakan penyakit autoimun kronis,progresif dan melumpuhkan. Penyakit ini berawal dari lengan kiri,ke lengan kanan,beralih ke lutut kiri dan kanan,dan berkembang ke semua sendi dari kepala hingga ujung kaki. 

9.    Negara ini sudah kehilangan sosok yang memiliki rasa patriotisme yang tidak lekang oleh segala keterbatasan ragawi.

10. Bagi saya Een Sukaesih merupakan tokoh yang wajib kita hormati dan dikenang banyak orang di penjuru dunia,karena jasanya lah kepada negara ini telah menyadarkan kami bahwa beliau memberi contoh nyata dan seolah batinnya berkata lantang “Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami…”

11. Een Sukaesih memiliki sifat pantang menyerah yang luar biasa. Perjuangan mengabdikan hidupnya untuk mengajar patut untuk dikenang dan dihormati,sehingga meninggalkan pelajaran berharga bagi dunia.

Sumber :
(http://www.infoguruterbaru.com/2014/12/profil-dan-een-sukaesih-guru.html?m=1) diakses pada tanggal 6 November 2015
(http://tokohpenemu.blogspot.com/2014/12/ profil-dan-biodata-ibu-guru-een-sukaesih.html) diakses pada tanggal 6 November 2015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar