Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 November 2015

Kim Ung Yong - Manusia Super Jenius

Disusun Oleh Tina Rohmayanti


1. Kim Ung-Yong lahir di Korea Selatan pada tanggal 7 Maret 1692 di Hongje-Dong , Seoul, Korea Selatan , Ayahnya bernama Kim-Soo Sun adalah seorang profesor.

2. Kim Ung-Yong atau si anak ajaib mulai menunjukkan bakat dan kemampuannya ketika ia dapat berbicara pada usia 6 bulan. Kemudian pada usia 3 tahun  ia menunjukkan kecerdasan dan kemampuannya dengan memecahkan masalah persamaan kulkulas yang rumit dengan mudah dan tanpa masalah, yang bagi kebanyakan orang sangat sulit dipecahkan. Lalu ketika ia berusia 4 tahun, ayahnya Profesor Kim Soo-Sun mengakui bahwa Kim Ung Yong telah menghafal sekitar 2000 kata baik dalam bahasa inggris maupun bahasa jerman.

3. Kim Ung-Yong kemudian menjadi mahasiswa tam di Jurusan Fisika di Universitas Hanyang, diusia 3 sampai 6 tahun, dan pada usia 7 tahun ia terbang ke Amerika Serikat untuk memenuhi undangan dari NASA, dia menyelesaikan studinya di Universitas dan kemudian mendapatkan gelar doktornya atau Ph D dalam bidang Fisika di Colorado State Unifersity, pada usia 15 tahun di tahun1974  yang membuat orang kagum akan pencapaiannya.

4. Selama Studinya tersebut, ia mulai bekerja sebagai peneliti di Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Seikat atau NASA sampai pada tahun 197. Ditahun itu juga kemudian ia kembali ke Korea Selatan.

5. Di Korea Selatan, Kim Ung-Yong kemudian medalami bidang Teknik Sipil, yang sama sekali berbeda dari bidang yang ia dalami sebelumnya (Fisika) dan berhasil mendapatkan gelar Doktor pada bidang teknik sipil, ditanah kelahirannya untuk mengabdikan dirinya untuk negerinya, dengan menjadi tenaga pengajar dan peneliti di Korea Selatan. Kim mendapat banyak tawaran dari berbagai Universitas Korea yang terkenal, namun ia lebih memilih Universitas daerah sejak tahun 2007, Kim menjadi pengajar di Chungbuk National University.

6. Kim Ung-Yong memiliki IQ 210 dan termasuk ke dalam manusia super jenius di muka bumi ini dan pernah tercatat dalam Guinness Book Of Record sebagai manusia dengan IQ tertinggi di dunia.

7. Dalam wawancaranya di televisi jepang pada tanggal 2 November 1967, dia menunjukkan kemampuannya dalam berbahasa Cina, Spanyol, Vietnam, Tagalog, Jerman, Inggris, Jepang, serta Korea, dan juga berhasil memecahkan soal Diferensial yang amat rumit dan soal integram kulkulas.

8. Dia juga menulis puisi dalam bahasa Korea dan Cina, dan telah menulis dua buku essai singkat  (kurang dari 20 halaman) 

9. Prestasi Kim Ung-Yong yang berhasil menerima elar PhD-nya di usia 15 tahun membuatnya menjadi sangat terkenal sebagai anak ajaib. Dunia pun meramalkan bahwa dia akan sukses dimasa depan dengan menduduki posisi penting di pemerintaha. Namun, Kim Ung-Yong diluar dugaan semua orang, ia memilih kembali ke Korea dan menjadi karyawan biasa.

10. Keputusannya ini membuat orang, terutama masyarakat Korea kecewa karena bintang mereka gagal menjadi salah satu pemimpin dunia.
Meski begitu, Kim Ung-Yong sama eskali tidak menyesali keputusannya kembali ke negaranya.

11. Dalam wawancaranya, Kim Ung-Yong menuturkan bahwa bekerja di NASA selama 10 tahun sama  sekali bukan  impiannya. Dia bekerja seperti mesin yang diprogram tanpa kehadiran keluarga dan teman teman disela-sela kehidupannya. Kehidupan yang santai dan tenang seperti sekarang dinilai Kim Ung-Yong merupakan bentuk kehidupan yang paling sempurna baginya.

12. Sosok Kim Ung-Yong sangatlah luar biasa, selain kelebihannya memiliki IQ diatas rata rata namun dalam menjalaninnya ia sama sekali tidak sepenuhnya mengejar karir secara berlebihan sesuai dengan kapasitas IQ nya. Namun, ia berkerja dengan hati dan pengabdian terhadap negaranya membuat banyak orang berdecak kagum, ia salah satu orang yang patut dijadikan tokoh motivasi kita semua, seperti yang pernah ia katakan "bahwa setiap orang memiliki tingkat kemampuan belajar yang berbeda, serta harapan, bakat, dan impian yang tidak sama. Kita harus mengargainya, jangan menyamaratakan semua orang, dengan IQ tinggi tidak berarti bahwa ingatannya tidak akan pernah hilang".


Daftar Pustaka




 

1 komentar:

  1. tahun lahirnya salah, tolong diperbaiki dan lebih teliti lagi yaaaaaaaaa:)

    BalasHapus