Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 November 2015

Larry page - Pendiri Google yang Penuh Ambisi



Oleh : Nur Indah Syafitri


1.    Lawrence Edward Page lahir pada 26 maret 1973 di Lancing, Michigan. Dia merupakan anak dari pasangan Carl Vincent Page dan Gloria Page, Ayahnya merupakan seorang Profesor ilmu komputer di Universitas Michigan, sementara Ibunya merupakan guru pemprograman komputer di Universitas Michigan. Sejak kecil Page telah mewarisi kecerdasan kedua orang tuanya yang bergelut di dunia programming dan komputer.
2.    Page merupakan seorang lulusan dari East Lansing High School dan mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang rekayasa komputer. Setelah itu dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Stanford mengambil program study master. Saat itu Page diperkenalkan kepada Sergey Brin yang juga merupakan salah satu dari pendiri Google, Diawal pertemanannya mereka sering terjadi ketidakcocokan saat membicarakan suatu topik pembicaraan, tapi pada akhirnya mereka menemukan sebuah subjek yang sangat menarik bagi mereka berdua.
3.    Dia bersama dengan Sergey Brin mengambil informasi dari sekumpulan data besar yang mereka jadikan sebagai topik. Setelah itu mereka juga menulis apa yang dijadikan kontribusi besar bagi mereka, dan kertas kerja tersebut diberi mana “The Anatomy of a Large Scale Hypertextual Web Search Engine”.
4.   Saat mereka mulai bekerja di sebuah proyek yang kemudian menjadi mesin pencari Google. Setelah banyak mencoba menjual gagasan - gagasan namun gagal, mereka menulis rencana bisnis dan berhasil membawa total investasi awal hampir $ 1 juta untuk memulai perusahaan mereka sendiri.
5. Pada september 1998 Google Inc mulai dibuka di Menlo Park, California. Perusahaan mereka tumbuh begitu cepat dan mendapatkan begitu banyak karyawan beberapa kantor di relokasi karena kurangnya ruangan, dan pada akhirnya Google Inc menetap di tempat yang sekarang disebut dengan Mountain View, California. Selama beberapa tahun berikutnya Google Inc yang di pimpin oleh Larry Page dan Sergey, Google membuat beberapa inovasi dan ditambahkan ke daftar produk dan karyawan yang jumlahnya ditahun 2006 mencapai 5.000 orang
6.  Hasil karyanya dengan Sergey yaitu Google didasarkan kepada teknologi Page Rank yang telah dipatenkan, yang juga mendasarkan pada struktur link – link antar situs web untuk menentukan peringkat suatu situs tertentu. Ketika masih di Universitas Page juga membuat mesin – mesin cetak inkjet dari potongan –potongan balok lego.
7.   Page menjalankan Google sebagai Presiden bersama dengan Brin sampai pada tahun 2001, dan mereka juga merekrut Eric Schmidt untuk dijadikan sebagai ketua umum dan juga CEO google. Page menjalankan Google sebagai Tritunggal bersama dengan Sergey Brin dan Eric Schmidt.
8.    Oktober 2004 Google mengumumkan hasil dari kuartal pertama mereka sebagai sebuah perusahaan yang di tawarkan publik, dengan mencatat penerimaan kurang lebih sebesar $ 805.9 juta. Pada tahun 2005, Larry Page diperkirakan memiliki kekayaan senilai $ 12.8 miliar dan ia juga menjadi orang ke enam belas yang masuk dalam daftar majalah forbes dan membuatnya menjadi orang ke 27 terkaya di dunia. Dia membeli sebuah pesawat penumpang yang sangat besar, yaitu sebuah Boeing 767 yang digunakan untuk penggunaan urusan pribadi mereka.
9.    Ia juga merupakan anggota Nation Advisory Commitee (NAC) untuk Universitas Michigan College Of Engineering, dan bersama – sama dengan Co-Founder Sergey Brin, Page mendapatkan penghargaan Marconi Prize pada tahun 2004. Dia merupakan wali direksi dari X PRIZE, dan terpilih menjadi anggota National Academy of Engineering pada tahun 2004.Dia juga memperoleh penghargaaan dari Fortune’s 2014 sebagai Businessman of the year.
10. Dia juga banyak mendapatkan kritikan dari para ilmuwan dan pembisnis. Beberapa kritik menyebutkan “Don’t be evil ”, kebanyakan kritik yang ada tidak menjadi halangan baginya untuk tetap berkarya dan membuat page lebih fokus. Page juga mempunyai keinginan bagi  dunia untuk dapat menikmati inovasi perusahaannya dan mendapat perhatian dari orang bertalenta di luar sana dalam mengembangkan teknologi kedepannya.
11. Google memiliki pertumbuhan yang mencapai lebih dari 20 %dari 3 tahun terakhir, Page memanfaatkan kesempatan ini untuk berinvestasi lebih kepada terobosan ide dan projek. Page memiliki visi besar kepada Google, seperti keinginannya member dampak kepada dunia dengan melakukan sesuatu yang lebih dan lebih lagi.
12. Berkat kerja keras antara Larry Page dan Sergey Brin merka banyak menghasilkan produk – produk yang berkualitas dan dinikmati oleh semua orang di dunia. Beberapa produk Google adalah Google.com, Gmail, Google Maps, Google Endense, Google Adwords, Google Glass, Google Drive, dan lain – lain
13. Google memiliki Larry Page dengan laboratorium canggihnya yang tersembunyi, Page juga yang menendalikan inovasi dan hal itulah yang membangunnya menjadi CEO Google. Page selalu mengambil bagian dalam memperluaskan jangkauan bisnis Google, namun tidak hanya berfokus kepada online media dan komputer saja. Sekarang, teknologi expert dan pasar tidak lagi mempertimbangkan Google sebagai bisnis teknologi lagi tetapi yang dituliskan oleh Jhon Battelle yang menulis buku The Search menyebutkan “Google seperti satu kemasan lengkap : hasil keuangan, pencapaian market sangat menyentuh dan berambisi !”
14. Larry page memiliki sifat pantang menyerah dan tidak mudah putus asa. Tidak heran dia berhasil menciptakan mesin pencari yang sangat berguna bagi banyak orang. Berkat mesin pencari yang dia ciptakan bersama Sergey Brin dia membantu banyak orang yang membutuhkan informasi. Menurutnya perusahan tidak akan mempunyai inovasi bila pengguna tidak memiliki keinginan untuk berubah.


Daftar Pustaka :

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Larry_Page diakses pada tanggal 10 November 2015
http://www.biografiku.com/ diakses pada tanggal 10 November 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar