Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 November 2015

Jackie Chan- aktor kebanggaan asia



Disusun oleh : Safitri Anggraeni

1. Chan kong san lahir di hongkong pada 7 april 1954, Chan merupakan anak tunggal dari pasangan Charles Chan dan Lee Lee Chan.  Chan juga pernah mendapatkan julukan Pao Pao yang artinya bocah peluru atau peluru meriam , nama itu di berikan karena memiliki karakter yang lincah dan waktu bayi chan memiliki berat badan sekitar 5,4 kg. Nama Jackie didapatkan ketika ia bekerja sebagai pekerja konstruksi, ia mendapatkan nama  panggilan Little Jack yang kemudian di singkat menjadi Jackie.
2. Tahun 1960, ayah chan berimigrasi ke canberra , Australia, untuk bekerja sebagai kepala koki di Amerika Serikat. Chan dikirim ke sekolah opera peking, china  drama academy oleh master  Yu Jim- Yuen, Chan mendapatkan pelatihan bela diri akobat. Tak lama kemudian chan bergabung dalam kelompok akrobat dan bela diri terkenal, seven little fortunes. Chan juga memiliki nama panggung Yuen Lo dan bersahabat dengan 2 anggota seven little fortunes.
3. Pada usia 8 tahun chan terjun ke dunia perfilman. Ia tampil dalam film berjudul “Big Little Wong Tin Bar” (1962). Beranjak dewasa ,tepatnya di usia yang ke17, Chan menjadi stuntman di sebuah film yang di peragakan oleh Bruce Lee. Kesempatan untuk tidak sekedar mejadi peran pengganti akhirnya datang juga. Ia membintangi film “Little Tiger OF Canton” yang diliris terbatas di hongkong pada tahun 1973.
4. Chan sama sekali tidak terlibat dalam kegiatan perfilman selama 2 tahun berikutnya, Akhirnya ia memutuskan untuk tinggal bersama orang tuanya dan melanjutkan kuliahnya di Dickson College, Chan mencoba melanjutkan kariernya sebagai pegawai konstruksi.
5. Setelah 1 tahun bekerja Jackie mendapatkan telegram dari Willie Chan. Dia adalah seorang produser  film hongkong dan dia sangat  terkesan dengan cara kerja Jackie sebagai stuntman. Willie Chan menawarkan Jackie sebuah film yang berjudul “New First Fury” yang disutradarai oleh Lo Wei, namun sayang film gagal dipasarkan.
6. Pada tahun 1978, Jakie hadir dengan film yang berjudul “Snake In The Eagle Shadow.” Setelah itu karir Jackie mulai menanjak setelah ia bermain dalam film mainstream yang sukses di pasaran yaitu “Drunken Master(1978). Kebersamaannya dengan Lo Wei merupakan pembawa keberuntungan dalam hidup Jackie. Karena tidak hanya menjadikan Jackie seorang aktor tetapi Jackie juga dipercaya menjadi asisten sutradara dalam film fearless hyne disutradarai oleh Kenneth Tsang.
7.Ditahun 1985, Jackie bermain dalam film the camonball run yang mampu mengumpulkan penghasilan global sebesar 100 juta dolar. Jackie mengambil keputusan untuk kembali ke negara asalnya yaitu Hongkong karena Jackie merasa dirinya telah lebih di kenal di negaranya sendiri di bandingkan di Amerika Serikat, nama Jackie justru berkibar di Seantreo Asia.
8.Kerap bermain dalam karakter yang sama atau terbatas membuat Jackie frustasi. Pada tahun 2003 Chan mendirikan rumah produksi yang  bernama Jackie Chan emperor movie limited (JCE). Dalam film-film yang diproduksi bersama rumah produksinya Chan banyak menampilkan adegan dramatis sebut saja , new police story (2004), the myth (2005), dan robb hood (2006).
9.Sepanjang perjalanan karirnya di film laga Jackie Chan tercatat telah tiga kali patah tulang hidung, satu kali patah tulang pergellangan kaki, sebagian besar jari tangan , kedua tulang pipi dan tulang tenggorokannya , serta memiliki lubang permanent di kepalanya, karena kecelakaan saat beraksi di depan kamera.
10. Jackie  juga sukses dalam membina keluarga bersama aktris Hongkong yang dinikahinya pada 1 desember 1982, Joan Lien. Dari pernikahannya Jackie dan Joan dikaruniai putra bernama Jacyee Chan. Sayangnya pernikahan tersebut sempat mengalami gonjang ganjing ketika aktris sekaligus Miss Asia 1990 Elaine Ng  Yi-let, melahirkan seorang putri yang bernama Etta Ng Chok Lam lahir pada 19 november 1999, menurut rumor Jackie tak pernah mengakui Etta sebagai putrinya.
11. Jackie Chan memiliki penyesalan terbesar dalam hidupnya yaitu ia tidak mendapatkan pendidikan formal yang memadai. Karena itu jackie Chan mendirikan institusi pendidikan di berbagii belahan dunia. Jackie Chan dikenal dengan Aktor kebanggan Asia. Namun ia memiliki pengaruh buruk bagi aktor dan aktris lain yaitu gemar mempengaruhi mereka untuk melakukan adegan laga tanpa bantuan stuntman.
12. Jackie Chan berhasil menjadi satu dari bintang asia yang membintangi di HOLLYWOOD Walk Of Fame. Ia telah membintangi lebih dari 100 judul film dan melakukan sebagian besar aksi yang berbahaya sendiri. Membuat Jackie Chan kesulitan untuk mendapatkan Asuransi.
13. Jackie Chan merupakan aktor yang memiliki kemauan untuk maju dan tetap memiliki sifat rendah hati. Jackie merupakan aktor yang paling suka memerankan adegan berbahaya tanpa menggunakan alat pengaman.


Daftar Pustaka :
diakses pada : 5 november 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar