Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 November 2015

Neil Alden Armstrong : Orang pertama yang menginjak bulan



Disusun Oleh :Noura Novalina

  1. Neil Alden Armstrong, lahir 5 Agustus 1930. Di sebuah tanah pertanian kakeknya, Auglaizy County, Ohio. Sejak berumur 13 tahun, ia sangat suka pesawat terbang. Saat untuk pertama kalinya bisa menerbangkan mainan pesawat terbangnya di umur 6 tahun. Dan dari sana ia mulai menyukai ilmu penerbangan. 
  2. Tahun 1947 Neil masuk Purdue University, ia mulai belajar tentang ilmu teknik penerbangan. Pada 1949 pemerintah AS memang warganya untuk aktif dalam tugas Negara, ia akhirnya menjadi penerbang untuk angkatan laut, dan dikirim ke Korea. Dan kemudian ia menerbangkan pesawat tempur Jet Panther.
  3. Dia kembali ke Purdue University pada tahun 1952. Iama nyelesaikan pendidikkan dibidang ilmu penerbangan (Aeronautical Engineering) lulus tahun 1955. Setelah lulus dari universitas tersebut, kemudian ia melamar di sebuah lembaga riset penerbangan, National Advisory Committee for Aeronautics High-Speed Flight Station di Edward Air Force Base. Tetapi disana tidak ada lamaran yang diinginkan, dan pada akhirnya lamarannya dikirim ke Lewis Flight Propulsio Laboratory di Cleveland. Dan Neil mulai bekerja disana.
  4. Pada hari pertama ia bekerja disana, ia hampir mengalami kecelakaan pesawat jenis B-29 superforstress bersama komandan keterbang Stan Butchart. Pada ketinggian 30.000 ft(9km), karna mesin nomor 4 yang dikendalikannya mati. Dengan usahanya akhirnya ia landing dengan selamat hanya dengan 2 mesin yang hidup dan mesin nomor 3 dimatikan agar tidak terjadi kerusakan. 15 Agustus 1957 ia menerbangkan pesawat bermesin roket, berjenis Bell X-1B dan berhasil menembus ketinggian 11,4 mil (18,3km) dan ketika mendarat ia merusakkan hidung pesawat.
  5. 30 November 1960 ia menerbangkan pesawat Nort America X-15, dan berhasil menembus ketinggian 48,840 ft(14,9km), pada puncak kecepatan 1,75 kali kecepatan suara (1.810km/jam). Neil sudah tujuh kali melakukan penerbangan dengan pesawat jenis X-15.
  6. Setelah meninggalkan Dryden Flight Research Center Neil mempunyai record jam terbang dari +50 type pesawat yang pernah dia terbangkan. Tahun 1960 ia lolos seleksi dalam program Man In Space Soonest dan terpilih sebagai anggota kelompok konsultasi program pesawat luar angkasa X-20 Syna Soar. Lalu, terpilih sebagai 7 pilot yang direncanakan menerbangkan pesawat luar angkasa namanya masuk menjadi salah satunya. 13 September Neil mulai bergabung dalam NASA Astronaut Corp, 23 Desember dia menjadi komandan Apollo 11. Misi pendaratan di bulan pada 20 Juli 1969, Neil menjelajah permukaan bulan selama 0,5 jam. Dan disitulah ia dinobatkan sebagai Astronot pertama yang menjejakkan kakinya dipermukaan bulan.
  7. Setelah misi Apollo 11 Neil Armstrong sudah tidak berminat lagi untuk melakukan penerbangan luar angkasa. Lalu ia mengajar di Departemen teknik luar angkasa (Department of Aerospace Engineering) di universitas Cincinnati, selain mengajar ditempat tersebut ia juga mengajar universitas lainnya. Dan setelah 9 tahun ia mengajar, tahun 1979 ia pensiun mengajar. Jabatan lain ialah dibidang chairman of the board of computing technologies for aviation, A company that develops software for flight scheduling, yang dipegang dari tahun 1982 sampai 1992
  8. Dan kemudian beliau meninggal dunia setelah menjalani operasi by pass hati karena menderita penyakit jantung coroner. Beliau meninggal di usia 82 tahun. 
  9. Neil Armstrong adalah sosok orang yang tidak mudah putus asa karna walaupun beliau sudah beberapa kali hamper mempertaruhkan nyawanya dalam penerbangannya, beliau tidak pernah putus asa dan tetap meneruskan keinginannya menjadi seorang astronot, hingga beliu akhirnya menjadi orang pertama yang menginjakkan kakinya di permukaan bumi.


Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar