Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 26 November 2015

ADAM KHOO - DULU BODOH KINI MENJADI SUKSES

Disusun oleh : Nurmala Ayu Pratiwi



  1.   Adam Khoo adalah seorang motivator sukses dan pebisnis termuda di Singapura. Adam lahir dengan nama lengkap Adam Khoo Yean Ann pada tanggal 8 April 1974. Ia mempunyai orang tua bernama Vince Khoo dan Betty L. Khoo-Kingsley. Adam menikah pada tahun 2000 dengan Sally Khoo-Ong, empat tahun kemudian dikaruniai anak pertama yang bernama  Kelly Khoo dan setahun kemudian anak keduanya lahir diberi nama Samantha Khoo.
  2. Adam Khoo dikenal ‘’bodoh’’ oleh guru – gurunya disekolah. Bahkan ia sempat merasa sangat frustasi karena gelar ‘’anak bodoh’’ tersebut. Untuk menghibur dirinya, ia biasa menghabiskan waktu didepan layar TV selama berjam – jam. Baik bermain Playstation ataupun hanya menonton TV. Karena selalu bermain game dan tidak pernah belajar, nilainya disekolah makin terpuruk.
  3. Ketika kelas empat SD, ia dikeluarkan dari sekolah. Adam pun masuk sekolah terburuk di Singapura.Saat SMP pun tidak ada sekolah yang ingin menerima Adam, akhirnya ia bisa masuk ke SMP terburuk di Singapura. Di awal SMP, kebiasaan Adam tak pernah berubah.Imbasnya, ia mendapatkan peringkat 10 terburuk di SMP terburuk. Orang tuanya pun bingung harus bagaimana, tapi orang tuanya tidak kehabisan akal. Orang tuanya yakin sebenarnya  Adam adalah anak pandai.
  4.  Pada usia 13 tahun, ibunya mengikutkan  Adam pada suatu program dari Ernest & Young yaitu suatu program Neuro Linguistic Programme (NLP), Accelerated Learning dan sebagainya. Dalam program ini, Adam diberikan kesadaran bahwa “Setiap orang itu awalnya pandai, setiap orang berhak untuk sukses dan berprestasi, hanya karena belum tumbuh rasa percayadiri yang membuat orang tersebut tidak berusaha maksimal”. Program tersebut juga mengajari bagaimana cara belajar efektif dan bermanfaat bagi Adam.
  5. Kemudian Adam mulai mempraktekkan ketrampilan barunya. Awalnya ia membuat deklarasi untuk dirinya akan lulus dengan nilai A semua dan masuk ke Victoria Junior Collage yang merupakan SMU terbaik di Singapura. Adam juga mendeklarasikan bahwa dirinya akan terus menjadi rangking satu di sekolah tersebut. Selanjutnya ia mengumumkan pernyataan yang ia buat di depan kelas. Alhasil ia malah ditertawakan seluruh teman – temannya dan juga gurunya sendiri. Tapi Adam tidak bergeming, tertawaan dan cemoohan guru dan teman – temannya ia jadikan sebagai sumber semangat, serta membuat dirinya semakin tertantang untuk membuktikan bahwa dirinya bisa memenuhi targetnya.
  6. Mulai saat itu Adam sudah tidak lagi menghabiskan waktunya untuk bermain game. Ia lebih tekun belajar dengan metode yang telah diajarkan Ernest & Young. Adam sering membuat coret – coretan di bukunya untuk membuat peta konsep. Teman -  teman lain yang mengetahui cara Adam Khoo mencatat pelajaran dengan menggunakan gambar menertawakannya. Mereka mengira Adam bermain – main saat jam pelajaran, namun Adam tidak menggubrisnya.
  7. Saat kelulusan pun tiba. Adam menjadi lulusan terbaik dengan nilai A semua. Ia juga berhasil masuk ke Victoria Junior Collage. Di SMU terbaik ini prestasi Adam semakin bersinar. Ia selalu mendapat A dan mendapat ranking pertama di sekolahnya. Bahkan ia juga masuk ke National University Singapore (NUS), yang merupakan Universitas terbaik di Singapura. Di NUS, ia berhasil masuk ke NUS Development Program. Inilah program bagi mahasiswa dengan prestasi akademis yang sempurna. Dari NUS, Adam lulus sebagai lulusan terbaik.
  8. Bisnis Adam dimulai ketika ia berusia 15 tahun, ia berbisnis music box. Lalu bisnis berikutnya adalah bisnis training dan seminar. Pada usaha 22 tahun, Adam Khoo adalah trainee tingkat nasional di Singapura. Di usia 26 tahun, ia telah memiliki empat bisnis pelatihan dan investasi dimana omset pertahunnya mencapai US$ 20 Juta. Klien – kliennya adalah para manager dan top manager perusahaan – perusahaan di Singapura.
  9. Adam pernah mendapatkan penghargaan Top 25 terkaya Singapura di bawah usia 40 tahun oleh Majalah The Executive, 2008 dan buku karyanya pun pernah menjadi best author. Berikut adalah beberapa karyanya yang telah diterbitkan: I Am Gifted, So Are You! (diterbitkan oleh Oxford University Press), How To Multiply Your Child’s Intelligence dan Clueless in Starting a Business(diterbitkan oleh Pearson Education), Secrets of Self-Made Millionaires dan Secrets of Building Multi-Million Dollar Businesses (diterbitkan oleh Adam Khoo Learning Technologies Group), dan lainnya.
  10. Adam Khoo, seorang anak yang dianggap bodoh dan selalu gagal dalam masa kecil dapat menjadi Pebisnis sukses. Itu semua Ia lakukan karena kerja keras dan kemauan untuk berubah menjadi lebih baik. Ada tiga hal besar yang menjadi kunci sukses Adam Khoo, yaitu: Tujuan yang jelas, keyakinan yang benar dan kuat, dan aksi yang tepat.Adam bisa kenapa kita tidak?Bisa lakukan sekarang kenapa ditunda?


DAFTAR PUSTAKA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar