Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 November 2015

John Dalton – Pencetus Teori Atom

Oleh : Kamisah
.
1.    John Dalton dilahirkan pada tanggal 6 September 1766 di Eaglesfield, Inggris. Dalton lahir di keluarga Quaker di Eaglesfield, Cumberland, Inggris.Kehidupan Dalton sangat dipengaruhi oleh seorang ahli meteorologi bernama Elihu Robinson. Selama hidupnya Dalton tidak Pernah menikah.
2.  Dalton hanya mengenyam pendidikan formal sampai menginjak usia tujuh tahun, dia banyak memperdalam pengetahuannya secara otodidak. Dia seorang anak muda yang senantiansa memahami sesuatu terlebih dahulu dari rata-rata orang normal.
3.    Dalton pindah ke Menchester dan belajar ilmu pengetahuan ilmiah disana dengan John Gough, seorang filsuf buta dan polymath. Dalton diangkat menjadi guru matematika dan filsafat alam di “ New College “ di Menchester sampai pada tahun 1800, ketika kondisi keuangan di perguruan tinggi itu memburuk, Dalton mengundurkan diri dari jabatannya itu dan memulai karir baru di Menchester sebagai tutor pribadi untuk filsafat alam. Dia juga menjadi penulis di beberapa koran harian.
4.    Dalton berhasil menulis lebih dari 200.000 pengamatan yang berbekal pada buku-buku harian meteorologinya. Publikasi pertama Dalton adalah pengamatan meteorologi dan essay tahun 1793, yang berisikan benih-benih beberapa penemuan di kemudian hari. Namun, terlepas dari keaslian pengobatannya, sedikit perhatian diberikan kepada mereka oleh para sarjana lain.
5.  Dalton menyuguhkan “ teori kuantitatif “ yang jelas dapat digunakan dalam penafsiran percobaan kimia, dan dapat dicoba di laboratorium. Dalton dengan jelas mengemukakan konsep tentang atom, molekul, elemen, dan campuran kimia, meskipun hasilnya sedikit berbeda dengan sekarang. Pada buku aslinya hanya mencatat 20 elemen atau kelompok atom, tetapi sekarang ada 100 lebih elemen yang sudah diketahui.
6.    Dalton memiliki pendapat bahwa tiap dua atom dari kelompok serupa adalah sama dalam semua kualitasnya, termasuk “ mass “ atau kuantitas material dalam suatu benda yang diukur dari daya tahan terhadap perubahan gerak. Dalton juga menjelaskan secara luas bahwa tipa dua molekul dari gabungan kimiawi sama terdiri dari kombinasi atom serupa.
7.    Begitu meyakinkan cara Dalton dalam menyuguhkan teori ini, sehingga dalam kurun waktu dua puluh tahun dia sudah diterima oleh mayoritas ilmuwan. Para ahli juga mengikuti program yang diusulkan oleh bukunya. Keberhasilan dari program ini sudah sangat luar biasa.
8.   Dalton juga tertarik kepada bidang meteorologi saat umurnya yang masih menginjak 21 tahun. Dalam kurun waktu enam tahun terbitlah bukunya tentang masalah meteorologi. Dengan melakukan banyak percobaan, dia akhirnya menemukan dua hukum yang mengendalikan perilaku gas. Pertama yaitu penemuannya yang dikenal dengan sebutan “ Hukum Charles “ sesudah ilmuwan Prancis yang menemukannya beberapa tahun sebelum Dalton, tetapi gagal menerbitkan hasil penyelidikannya. Kedua yaitu yang dikenal dengan julukan “ Hukum Dalton “ tentang tekanan bagian per bagian.
9. Menjelang tahun 1804, Dalton sudah merumuskan teori atom yang dia punya dan menyiapkan daftar berat atom. Tetapi dalam buku utamanya A New System of Chemical Philosophy yang terbit tahun 1808. Buku ini membuatnya terkenal pada tahun – tahun berikutnya dan banyak penghargaan yang diberikan kepadanya.
10. Dia tinggal selama lebih dari seperempat abad dengan Rev W Johns pada tahun 1771 – 1845 di George Street, Menchester tempatnya sehari – hari bekerja yaitu laboratorium, dia juga sempat melakukan kunjungan tahunan ke Lake District dan sesekali kunjungan ke London. Dia juga pernah melakukan kunjungan singkat ke Paris, dan disana dia banyak bertemu dengan para ilmuwan. Tetapi dia juga sering menghindari beberapa pertemuan dari Asosiasi Inggris di York Oxford, Dublin dan Bristol.
11.Pada tahun 1794, Dalton terpilih menjadi anggota dari Sastra Menchester dan Philosophical Society, beberapa minggu kemudian ia menuliskan tentang
“ fakta – fakta luar biasayang berkaitan dengan visi warna “, dia menerangkan bahwa kekurangan dalam persepsi warna disebabkan oleh perubahan warna medium cair dari bola mata. Sebelumnya persepsi ini tidak pernah dijelaskan secara resmi sampai pada akhirnya Dalton menulis tentang dirinya sendiri, dan mengaku bahwa kondisi buta warna pada dirinya dan saudara – saudaranya merupakan turun – temurun. Dan topik ini merupakan topik yang pertama kali ditulis dalam sejarah ilmu pengetahuan.
12. Pada tahun 1837 dan 1838 Dalton menderita stroke ringan, namun ia tetap mampu melakukan eksperimen. Pada tanggal 27 Juli 1844 di Menchester, Dalton terjatuh dari tempat tidurnya dan ditemukan sudah tidak bernyawa. Dia dimakamkan di pemakaman Ardwick, Menchester. Pemakaman ini sekarang menjadi lapangan bermain.
13. Sebagai penghormatan bagi karya – karya Dalton, banyak ahli kimia dan ahli biokimia menggunakan Unit Dalton untuk menunjukan satu - satuan masa atom, atau 1/12 berat atom netral karbon 12. Selain itu ada jalan John Dalton yang menghubungkan antara Deansgate dan Albert Square di pusat kota Menchester. Ada juga banyak nama bangunan di Universitas yang menggunakan nama Dalton.
14. Dalton mempunyai sifat pantang menyerah dan pekerja keras, karena sifat yang dia miliki itulah yang menjadikan dia sebagai seorang ilmuwan yang berhasil menemukan karya yang berguna bagi semua orang. Dia menunjukan bahwa tidak semua orang yang mengenyam pendidikan tinggi itu berhasil.




Daftar Pustaka

Kamisah. 2015. John Dalton – Pencetus Teori Atom. Jakarta

Sumber :
http://www.biografiku.com/  diakses pada tanggal 10 November 2015

https://blogpenemu.blogspot.co.id/2014/04/john-dalton diakses pada tanggal 10 November 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar