Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 26 November 2015

OKI SETIANA DEWI : MOTIVATOR ISLAM


Di susun oleh : Aulya Windyaranti





1.    Nama Lengkap Oki Setiana Dewi, biasa dipanggil Oki. Ia lahir di Batam, 13 Januari 1989. Masa kecilnya Ia sempat merasakan kesedihan karena sang Bunda tercinta terserang penyakit ganas. Latar belakang keluarga adalah keluarga yang sangat sederhana dan keta’atan pada Allah luar biasa.
Kisah Oki memutuskan memakai jilbab adalah ketika sang Bunda tercinta terserang penyakit yang kata dokter sudah sulit disembuhkan. Mendengar itu Oki sangat sedih. Ia pun memutuskan untuk berjilbab agar bisa lebih khusyuk mendo’akan kedua orang tuanya terutamama Bundanya. Sejak saat itulah Oki memakai jilbab.
Menikah dengan Ory Vitrio yang seorang Pengusaha, pada tanggal 12 Januari 2014.



2.  Sejak tahun 2005, keluarga Oki hijrah dan menetap di Jawa tepatnya di Depok. Oki menyelesaikan SMAnya di SMAN 1 Depok. Ketika SMA, Oki selalu langganan menjadi juara kelas. Ia juga sering mewakili sekolah dalam berbagai perlombaan akademis dan non akademis. Oki termasuk siswi yang pintar hingga bisa diterima di Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Fakultas Sastra Belanda.

3.    Ia menjadi mahasiswi terbaik dan berprestasi di kampusnya yakni sebagai mahasiswi baru terbaik OKK UI 2007, mahasiswi baru terbaik PSA MABIM FIB UI 2007, serta mahasiswi berprestasi bidang seni FIB UI 2010. Usai meraih gelar sarjana, Oki menjadi santriwati program Tahfidzul Qur’an di Rumah Qur’an yang terletak di Depok. Lalu, ia mempelajari Bahasa arab di Universitas Umm Al Qura di Makkah pada tahun 2012. Pada tahun yang sama, kecintaannya pada dunia pendidikan dan anak-anak, Oki melanjutkan studi psacarjananya di bidang studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).



4.    Dalam hal perfilm-an, tak diragukan lagi prestasi Oki. Banyak gelar telah disabetnya. Berikut ini rentetan daftar prestasi Oki di perfilm-an Indonesia :

·         Aktris Wanita Terbaik versi Islamic Movie Days

·         Aktris Pendatang Baru Wanita Terbaik

·         Aktris Pendatang Baru Wanita Terfavorit untuk film Ketika Cinta Bertasbih di Indonesia Movie Awards 2010.



5.    Oki juga sering mengisi seminar kemuslimahan dan kepemudaan. Oki juga meluangkan waktunya mengajar ngaji di TPA untuk anak-anak dan ibu-ibu. Oki juga memiliki komunitas sendiri yaitu Sahabat Oki Setiana Dewi atau SOSD yang telah memiliki member beribu orang baik itu di Indonesia dan juga di luar negeri. Bersama kounitas tersebut, Oki menggalangkan kegiatan DMKM yaitu Dari Masjid ke Masjid dan juga program “Yuk Mengaji, Al Qur’an di Hati” diamana pelaksanaannya juga menyentuh lingkungan Lapas Wanita Tanggerang.

Kecerdasan dan prestasi Oki juga diakui ketika dirinya ditunjuk sebagai duta untuk Anak-anak Rumah Autis (2012) dan duta Internet dan Aman oleh Kementerian Komunitas dan Informatika (2010).



6.    Oki juga merabah dunia kepenulisan, beberapa judul bukunya adalah :

·         Melukis Pelangi

·         Catatan Hati Oki Setiana Dew (2011)i

·         Sejuta Pelangi

·         Pernik Cinta Oki Setiana Dewi (2012)

·         Cahaya Diatas Cahaya

·         Perjalanan Spritual Oki Setiana Dewi (2012)

·         Hijab I’m In Love (2013)

·         Dekapan Kematian (2013)

·         Ketika Guru SD Sakit

Dalam bukunya yang berjudul Hijab I’m In Love, merupakan karyanya yang paling berbeda karena ia juga mengeluarkan album perdananya dengan judul yang sama. Dalam album Hijab Im In Love (2013) ini dinyanyikan bersama adiknya bernama Shindy.

7.    Bersama komunitasnya “Sahabat Oki Setiana Dewi” (SOSD/@sahabatosd) yang tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia, Oki Setiana Dewi memiliki beberapa agenda yakniDMKM (Dari Masjid Ke Masjid), dan mengajarkan mengaji bertajuk “Yuk Mengaji, Al Qur’an di Hati”yang telah dijalankan sejak Oktober 2011 silam dan berlangsung sepekan sekalian yang diadakan di Lapas/Penjara Wanita Tanggerang.

8.    Oki Setiana Dewi adalah seorang Motivator Islam sekaligus Aktris dengan ikon muslimah ini telah banyak menginspirasi remaja tanah air. Begitu banyak prestasi yang diraihnya. Dan Oki juga yang membuat artis wanita ini berbeda selin kecantikannya yang alami dan mempesona adalah jilbab syar’inya yang menutup seluruh aurat dan wanita yang sangat cerdas. Oki tak seperti artis lainnnya yang menaikkan popularitasnya dengan menonjolkan kecantikan dan aurat tubuh. MasyaAllah….



Daftar Pustaka  : www.blog-artikel.com dan www.wikipedia.com
Diakses pada : 16 November 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar