Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 November 2015

R.A KARTINI : SANG PELOPOR EMANSIPASI WANITA


DISUSUN OLEH : YULIANINGSIH




  1. Raden ajeng kartini lahir pada tanggal 21 april 1879 di jepara.beliau lahir ditengah-tengah keluarga bangsawan atau keluarga terpandang jawa.ayahnya yang bernama R.M.Sosroningrat dan ibunya bernama M.A. Ngasirah.beliau sendiri memiliki saudara berjumlah 11 orang yang terdiri dari saudara kandung dan saudara tiri.dia sendiri merupakan anak ke-5.R.A kartini menikah dengan K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat dan mempunyai anak bernama Soesalit Djojo Adhiningrat.
  2. 2.    Ia pernah merasakan bangku sekolah hingga tamat sampai sekolah dasar.lalu ayahnya menyekolahkan beliau di ELS(Europese lagere school).disanalah ia kemudian belajar bahasa belanda dan bersekolah sampai umur 12 tahun namun ketika beliau ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.ayahnya melarang untuk melanjutkan sebab R.A Kartini tidak boleh keluar rumah dan akan segera dipinggit.
    3.   beliau aktif sekali dalam melakukan korespondensi atau surat menyurat dengan temannya yang berasal dari belanda.beliau sering membaca surat kabar,majalah dan buku-buku lainnya dalam pola pikir perempuan eropa.kemudian beliau menjadi lebih memiliki pengetahuan yang cukup luas soal ilmu pengetahuan dan kebudayaan,R.A Kartini memberikan perhatian khusus pada masalah emansipasi wanita perbandingan antara perempuan eropa dan perempuan pribumi.menurut ia sebagai wanita perlu memperoleh kebebasan dalam haknya sebagai wanita yang sesungguhnya ,persamaan antara perempuan pribumi dan perempuan eropa dan bebas dalam menuntut ilmu
    4.   surat-surat yang ditulis oleh beliau lebih banyak berupa keluhan-keluhan mengenai kondisi wanita pribumi yang ia lihat dimanapun beliau berada.kartini menulis penderitaan perempuan jawa seperti tidak bebasnya dalam soal menuntut ilmu dan wajib menikah sedini mungkin.
    5.    cita-cita R.A kartini adalah ingin melihat wanita pribumi dapat menuntut ilmu dan belajar menambah wawasan yang luas .gagasan-gagasan mengenai emansipasi/persamaan dengan hak wanita pribumi dan menyinggung mengenai agama.hingga akhirnya ,ia tidak dapat melanjutkan cita-citanya ataupun kuliah di negeri belanda sebab tahun 1903 kartiini sudah berusia 24 tahun.teman wanita belanda bernama Rosa Abendanon dan Estelle yang selalu mendukung pemikiran-pemikiran yang diungkapkan beliau.
    6.    R.A.kartini kemudian wafat pada tanggal 17 september 1904 diusianya yang masih sangat muda yaitu 24 tahun.beliau dimakamkan di desa bulu,rembang.setelah R.A kartini wafat ,kemudian seorang pria belanda bernama Abendanon mengumpulkan surat-surat yang ditulis oleh R.A. kartini yang berjudul “door duisternis tot licht” yang diterjemahan habis gelap terbitlah terang.
    7.    Atas perjuangan beliau pada tahun 1912,berdirilah sekolah wanita oleh yayasan kartini di semarang dan didaeerah lainnya.lalu presiden republik indonesia No 108 tahun 1964 pada tanggal 2 mei 1964,yang berisi penetapkan R.A kartini sebagai pahlawan kemerdekaan nasional dan juga menetapkan memperingati hari kartini pada tanggal 21 april.

    DAFTAR PUSAKA
    diakses pada senin,10 november 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar