Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 November 2015

AGNES DAVONAR : “Si Penulis Yang Pantang Menyerah”


Disusun Oleh : Annisa Apriliani


1.
Agnes Davonar,  bernama asli Agnes Li, perempuan yang lahir di Jakarta, 8 Oktober 1986  dan Teddy Li, sang adik laki-laki yang lahir di Jakarta, 7 Agustus 1989 merupakan anak  pasangan mendiang Ng Bui Cui dan Bong Nien Chin.

2 Ayah mereka yang dulu berprofesi sebagai penulis kaligrafi Cina adalah tulang punggung  satu-satunya yang menopang Agnes, Adiknya, dan Ibunya. Namun, miris maut harus      memisahkan ayahanda tercinta dari mereka karena sang ayah menderita kanker.

3 Agnes yang dulu berkuliah di Universitas Bina Nusantara jurusan Sastra Cina berhenti dari  bangku kuliahnya lantaran biaya kuliah yang mahal.

4 Karena tak kuasa harus hidup dalam keadaan pas-pasan, sang Ibu kemudian memutuskan  untuk menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Taiwan. Lalu, Agnes dan Adiknya pun tidak  tinggal diam, mereka mencoba mencari pekerjaan.

5 Lewat dunia sastra, Agnes dan Adiknya menemukan jalannya. Mereka mulai menulis novel  dan menawarkan kepada penerbit guna mendapatkan penghasilan tambahan tapi apa    boleh buat, karya mereka ditolak mentah-mentah oleh para penerbit.

6 Mereka membuat akun Friendster dan menuliskan cerita-cerita di akun tersebut. Semakin  lama, cerpen yang mereka post di friendster semakin banyak dengan di imbangi    meledaknya jumlah pengunjung friendster mereka yang asyik menikmati cerita mereka.

7 Nama Agnes pada Agnes Davonar diambil dari nama Agnes sendiri. Sedangkan nama  Davonar, diambil dari inisial yang menggambarkan Teddy lewat orang terdekat Teddy.  Cerita-cerita yang mereka post di Friendster pun telah berhasil merebut predikat pertama    situs yang paling banyak dikunjungi dari sebuah web top 100.com.

8. Cerita yang menarik, lekat dengan kehidupan remaja dan dikemas lewat bahasa yang  santai dan mudah di mengerti menjadi ciri khas dari Agnes Davonar. Agnes menerbitkan  novel kedua yang berjudul “Surat Kecil Untuk Tuhan”  yang diangkat dari kisah nyata  seorang perempuan penderita kanker jaringan lunak pada tahun 2008.

9. Awalnya mereka tidak berniat membukukan kisah tersebut, namun melihat banyaknya  antusias pembaca online di web site mereka, alhasil kisah itu dibuat dalam bentuk buku.  Akhirnya bukunya pun menjadi best-seller.

10.  Agnes dan Adiknya pun terus berkarya hingga menhasilkan beberapa buku novel dan   biografi. Dan karya-karyanya antara lain :
a.    Misteri Kematian Gaby dan Lagunya Jauh (di filmkan)
b.    Surat Kecil Untuk Tuhan (di filmkan)
c.    Ayah, Mengapa Aku Berbeda (di filmkan)
d.    F.R.I.E.N.D.S
e.    My Last Love (di filmkan)
f.     My Blackberry Girlfriend (di filmkan)
g.    My Idiot Brother (di filmkan)
h.    Bidadari Terakhir
  
111. Menurut saya, Agnes Davonar adalah seorang yang tidak pantang menyerah untuk  hidupnya. Walaupun Ia sudah gagal beberapa kali dalam kariernya, Ia tetap berusaha    untuk bisa meraih kesuksesannya.



Daftar Pustaka :


1 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat membantu, silahkan kunjungu kami http://bit.ly/2okUUAT

    BalasHapus