Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 November 2015

Walt Disney: Sang Pencipta Kartun Bisu

Oleh: Cantika Nadya Priscilla


  1. Walter Elias Disney atau lebih dikenal sebagai Walt Disney, lahir pada tanggal 5 Desember 1901 di Hermosa, Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Ayahnya bernama Elias Disney dan ibunya bernama Flora Call. Walt Disney memiliki istri bernama Lillian Bounds yang dinikahinya pada tahun 1925. Mereka dikaruniai seorang putri bernama Diane Marie Disney, dan juga mengadopsi Sharon Mae Disney.
  2. Keluarga Disney berkali-kali pindah tempat tinggal mengingat Elias sang ayah yang memiliki pekerjaan sebagai petani dan peternak, akhirnya mereka menetap di Marcelline, Missouri.
  3. Setelah tinggal selama 4 tahun di Marcelline, mereka pindah ke Kansas City pada tahun 1911. Pada saat itu juga Walt Disney dan adiknya Ruth masuk ke Benton Grammar School. Ia juga mengikuti kursus hari sabtu di Kansas City Art Institute. Pada tahun 1917 keluarga Disney pindah ke Chicago. Walt Disney melanjutkan pendidikannya di McKinley High School, dan ia menjadi kartunis untuk koran sekolahnya. Pada saat usia 16 tahun Walt Disney dikeluarkan dari sekolahnya lalu ia mencoba bergabung di Angkatan Bersenjata AS, namun ditolak karena belum cukup umur. Akhirnya ia bergabung dengan Palang Merah dan dikirim ke Perancis selama setahun sebagai supir ambulans.
  4. Pada tahun 1919, Walt kembali ke Kansas City untuk memulai karier seninya menjadi pelukis karikatur. Kemudian ia bekerja sebagai pembuat iklan, surat kabar, dan majalah di Pesmen-Rubin. Di sanalah ia pertama kali berkenalan dengan Ubbe Iwerks. Setelah berakhirnya pekerjaan sementara di Pesmen-Rubin, mereka berdua tidak memiliki pekerjaan dan memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri.
  5. Pada awal tahun 1920, Walt bersama Ubbe Iwerks mendirikan perusahaan bernama “Iwerk-Disney Commercial Artist”, namun perusahaan ini tidak bertahan lama karena bangkrut. Ia kemudian beralih menjadi pekerja di bidang cutout animation di Ad Company. Setelah itu dorongan untuk membuat perusahaan sendiri muncul kembali, dan ia berhasil memukau Kansas City dengan kartun “Laugh-O-Grams” yang menjadi kartun populer pada masa itu sehingga Walt mampu membeli studio sendiri.
  6. Kartun yang pertama dibuatnya bersama Iwerks yaitu Mickey Mouse yang merupakan kartun bisu. Walt terus mengembangkan usahanya hingga animasi yang paling popular dari Disney yang berjudul Snow White and the Seven Dwarfs. Setelah meraih kesuksesan dari film Snow White, Disney mendirikan kampus baru bagi Walt Disney Studios di Burbank, yang dibuka pada 24 Desember 1939.
  7. Setelah dirilisnya Dumbo pada Oktober 1941, Amerika Serikat mulai terlibat dalam Perang Dunia II. Tentara AS mengkontrak banyak fasilitas studio Disney, namun film militer tidak memberikan pendapatan. Film fitur Bambi dirilis pada April 1942, dan Disney berhasil merilis kembali Snow White pada 1944.
  8. Setelah perang, Studio Disney turut menghasilkan film kartun pendek, seperti Make Mine Music (1946), Fun and Fancy Free (1947), dan The Adventures of Ichabod and Mr. Toad (1949).
  9. Cinderella yang digarap setelah Perang Dunia II kemudian menjadi salah satu animasi populer Disney selanjutnya namun tidak mengalahkan kepopuleran Snow White. Bisnisnya kemudian beralih ke pembuatan taman bermain anak yang berjudul Disneyland. Disneyland dibuka secara resmi pada 17 Juli 1955.
  10. Dalam rentan satu dekade setelah Perang Dunia Walt Disney Production meraih berbagai penghargaan animasi garapan mereka, diantaranya Honorary Award untuk pembuatan Miki Tikus (1932), Honorary Award for Snow White and the Seven Dwarfs (1937), Best Short Subject, Cartoons untuk Winnie the Pooh and the Blustery Day (1969). Dan penghargaan lainnya  diantaranya, Legion d’Honneur di Perancis (1935), Medali khusus dari Liga Bangsa-Bangsa untuk pembuatan Miki Tikus (1935), dan Presidential Medal of Freedom pada 14 September 1964.
  11. Walt Disney yang ternyata mengidap tumor di paru-paru kirinya wafat pada tanggal 15 Desember 1966. Tepat sepuluh hari setelah ulang tahunnya yang ke-65. Setelah kepergian Walt Disney, Roy Disney menguasai sepenuhnya Walt Disney Productions dan WED Enterprises.
  12. Walt Disney terkenal akan pengaruhnya terhadap dunia hiburan. Disney menjadi salah satu produser film paling terkenal di dunia, seorang penerbit film tersohor di dunia. Perusahaan yang didirikannya, kini dikenal sebagai The Walt Disney Company, dan untuk menghormatinya, didirikan Gedung Konser Walt Disney di Los Angeles, California.


Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar