Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 November 2015

MARIO TEGUH: SANG MOTIVATOR MODERN DAN SOPAN

Disusun Oleh: APRILIA NUR INDRIYANI



1.    Mario Teguh lahir  pada 5 Maret 1956 di Makassar. Dia memiliki nama asli yaitu Sis Mario Teguh. Menurut beliau nama Sis  berasal dari Asmaul Husna yaitu Al-Aziz, Ma berarti Maret, Ono berarti ada dan Teguh diambil dari nama belakang sang Ayah. Ia juga kerap disangka orang Jawa karena cara berbicaranya, padahal Mario sejatinya adalah orang Bugis. Ayahnya yang bernama Gozali Teguh adalah seorang tentara keturunan Jawa-Cina dan ibunya yang bernama Siti Maria ialah keturunan Arab-Bugis. Mario hidup dalam masa kecil yang sederhana dan menghabiskan masa kecilnya di Kabupaten Sidrap yang berjarak sekitar 170 km dari kota Makassar. Mario telah menikah dengan Linna Teguh pada 28 Januari 1993 dan dikarunia 2 orang anak yaitu Audrey Teguh dan Marco Teguh.
2.    Mario  Teguh pernah mengeyam pendidikan di Chicago Amerika Serikat Jurusan Arsitektur New Trier West High(setingkat SMA) pada tahun 1975 kemudian melanjutkan kuliah di IKIP dengan Jurusan Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris sampai S1 lalu melanjutkan lagi mengambil Jurusan International Business,Shopia University, Tokyo Jepang . Pada usia 27 tahun beliau lulus Jurusan Operations Systems,Indiana University, Amerika Serikat pada tahun 1983 untuk mendapatkan gelar MBA.
3.    Mario kemudian bekerja di Perusahaan BIMC sebagai Head of Manager. Kemudian pada tahun 1983-1986 menjabat sebagai Head of Sales  di Citibank,kemudian di BSB Bank(Bank State Branch) tahun 1986-1989 sebagai Manager Bussiness Development, Aspac Bank di tahun 1990-1994 dengan kedudukan sebagai Vice President Marketing and Organization Development lalu sebagai Chief Executive Officer(CEO) Consultant di Exnal Corp dari tahun 1994 hingga kini.
4.    Ia mendirikan Perusahaan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp pada tahun 1994. Perusahaan konsultan ini bergerak dalam bidang pengembangan kualitas pelayanan dengan spesialis penyediaan Solusi Keefektifan Bisnis. Disana ia mulai menelurkan intisari dari semua perjalanan yang telah ia jalanin selama ini. Pada tahun 2002 Exnal Corp berhasil meluluskan lebih dari 68.000 orang melalui beberapa seminar dan workshop.
5.    Ia mulai aktif menjadi seorang motivator dan mengisi berbagai acara seminar motivasi di berbagai tempat. Menjadi seorang motivator tentu dituntut untuk dapat selalu memberikan motivasi dalam berbagai bentuk atau pun media demi menjawab banyaknya pertanyaan dari masyarakat. Menyikapi hal ini Mario Teguh membentuk komunitas bernama Mario Teguh Super Club(MTSC). Bahkan sebelum terkenal dengan acara Golden Ways  beliau sempat memandu acara bertajuk Bussiness Art di O’ Channel .
6.  Selain menjadi seorang motivator dan konsultan Mario pun adalah seorang penulis. Beberapa karya buku yang telah ia tulis diantaranya ialah:
·         Becoming a Star pada tahun 2006,
·         One Million Second Chances pada tahun 2006,
·         Life Change pada tahun 2009 dan,
·         Leadership Golden Ways pada tahun 2009           
7.    Dalam kariernya sebagai motivator dan konsultan , salah satu cara yang digunakan oleh Mario Teguh yaitu teori Emotional Quotient yang lebih dulu diperkenalkan oleh oleh Daniel Goleman yang kemudian disesuaikan menjadi Emotional Inteligent atau yang disebut kecerdasan emosi. Dia juga melakukan lebih banyak pendekatan melalui ilmu kejiwaan menurut agama seperti tasawuf dan pengendalian amarah (ghadab) atau yang lebih dikenal dengan istilah Anger Management ketimbang ilmu kejiwaan barat karena menurutnya lebih cocok untuk diterapkan pada masyarakat Indonesia yang sifatnya plural sehingga lebih mudah diterima oleh semua kalangan dan golongan. Dalam memotivasi orang Mario Teguh juga lebih suka menggunakan kata Tuhan padahal dia adalah beragama Islam agar masuk keseluruh kalangan masyarakat sampai kadang ada yang beranggapan dia adalah seorang nonmuslim.
8.    Mario Teguh adalah sosok motivator yang sopan,dan modern sehingga banyak orang yang kebawa dengan suasana saat dia membawakan acara tersebut. Dia juga merupakan motivator yang selalu kerja keras tanpa mengeluh untuk mendapatkan sesuatu meskipun dia lahir dalam keluarga yang sederhana. Sudah sepatutnya juga sikap Mario Teguh tersebut harus diterapkan bagi generasi muda sekarang agar Negara kita juga akan lebih maju lagi.










DAFTAR PUSTAKA
Sumber artikelnya:

Akses tanggal 08 November 2015 pukul 16.00 WIB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar