Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 November 2015

Akshay Kumar : “Sang Jackie Chan India”


Disusun oleh : Lili Nur Indah Sari



1.    Rajiv Om Bhatia disebut sebagai Akshay Kumar di Bollywood dan mempunyai sebutan nama Akki. Dia lahir pada tanggal 9 september 1967 yang kini berumur 48 tahun lahir di Amritsar, dia adalah seorang keluarga Punjabi dan dibesarkan di Delhi Chandini Chowk sebelum dia pindah ke Mumbai.

2.    Ayahnya Hari Om Bhatia adalah seorang perwira militer, Kumar memiliki saudara bernama Alka Bhatia. Ketika kumar masih remaja, ayahnya bertanya kepadanya tentang apa yang dia inginkan. Lalu Kumar menyatakan keinginannya untuk menjadi seorang aktor. Salah satu wanita yang mendampingi hidupnya kini bernama Twinkle Khanna (2001) dan dua orang anaknya yaitu Nitaraa Kumar dan Aarav Kumar.

3.    Kumar belajar di sekolah Don Bosco, kemudian Guru Nanak Khalsa College (King’s Circle) dimana dia berpartisipasi dalam olahraga dengan Janpal Singh. Dia mengikuti olahraga taekwondo, setelah dia memperoleh sabuk hitam taekwondo sementara di India. Dia pun belajar seni bela diri di Bangkok, Thailand, dimana dia belajar Muay Thai dan bekerja sebagai koki elan waiter, Kemudian kembali ke Mumbai untuk mengajar seni bela diri.

4.    Akshay kumar memulai karir pada tahun 1990, selain berbakat dalam seni bela diri dia pun berbakat dalam berakting. Dia memiliki 100 film untuk kreditnya terutama membintangi film aksi karena film tersebut biasanya disebut sebagai “Seri Khiladi” yang termasuk Khiladi (1992), Sabse Bada Khiladi (1995), Khiladiyan Ka Khiladi (1996), Mr. & Mrs.Khiladi (1997), International Khiladi (1999),  Khiladi 420 (2000), dan Khiladi 786 (2012), serta film action seperti Mohra (1994). Sebagai aktor akrobat dia pun sering melakukan banyak adegan berbahaya dalam film sehingga membuatnya mendapatkan reputasi sebagai “Jackie Chan India”.

5.    Menurut Pramount Chakravorti (sutradara prosedur Kumar di Deedar) nama Rajeev kurang beruntung di numerologi dan saat Kumar yang melihat Kumar Gaurrav mengganti namanya lalu Dilip Kumar juga mengganti namanya menjadi Yusuf Khan lalu Rajeev Bhatia mengganti namanya menjadi Akshay Kumar yaitu dimulainya Kumar dalam dunia aktor.

6.    Namun tak hanya film aksi saja, dia kemudian memperoleh ketenarannya lebih banyak dalam romance drama dan peran komedi, dia lebih terkenal karena penampilannya dalam film romance seperti Yeh Diillagi (1994) dan Dhadkan (2000) serta film-film drama seperti Ek Rishtaa (2001) pertunjukan komiknya dalam film komedi seperti Hera Pheri (2000), Mujhse Shaadi karogi (2004), Garam Masala (2005) dan Waqt: The Race Againt Time (2005).

7.     Tahun 2006 adalah tahun yang paling sukses dalam karir Akshay Kumar, dia dikirim ke sebuah negara untuk memerani film seperti Namastey di London (2006) dan Heyy Bayi (2006).

8.    Sayangnya setelah tahun 2006 karirnya pergi untuk melemparkan semua film anggaran yang besar seperti Chandi Chowk To China, Biru,De Dana. Dia tak lagi bekerja di Box Office, film baru merilis menjadi Tees Maar Khan yang terbukti menjadi bencana.

9.    Tahun 2009 dia dianugerahi Padma Shri oleh pemerintah India, dia telah membuktikan dirinya sebagai salah satu aktor terkemuka di bioskop India dan juga mendirikan sebuah perusahaan produksi hiburan bernama Hari Om Entertainment, lalu tahun 2010 dia pun menjadi tuan lain dalam acara TV yang disebut Master Chef India.

10. Setelah membuat semua ketenaran di Bollywood dia melanjutkan menjadi tuan rumah Khatron Ke Khiladi di Colors. Kehadiran dalam acara tersebut Akshay Kumar memang TRP saluran, dan kini dia syuting untuk film Housefull di London.

11. Penghargaan yang dia dapatkan diantaranya adalah pemenang layar award untuk best actor award terpopuler (2009), stardust award untuk aktor terbaik (2010), IIFA award untuk aktor terbaik (2008) dan masih banyak lagi penghargaan yang dia dapatkan dari film-filmnya, hingga kini dia masih menjadi aktor di India.

12. Akshay Kumar adalah seorang aktor yang sangat ramah dan murah senyum terutama pada para penggemarnya. Sosok yang sangat hebat dalam berakting dan mempunyai bakat dalam ahli seni bela diri membuat menarik perhatian para penggemarnya

 


Daftar pustaka :
http://fairuzkhalishah.blogspot.co.id/2013/01/akshay-kumar.html diakses pada tanggal 15 november 2015
https://id.wikipedia.org/wiki/Akshay_Kumar diakses pada tanggal 9 november 2015
http://www.kapanlagi.com/bollywood/a/akshay_kumar/ diakses pada tanggal 15 november 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar