Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 November 2015

Steve Jobs - Pendiri Apple



Disusun Oleh Cindy Julyanti





  1. Abdul Latief Jandali lahir tanggal 24 Februari 1955 di san francisco, California, USA. Ayahnya yang berkebangsaan Suriah bernama Abdulfattah Jandali yang merupakan seorang profesor ilmu politik, dan ibunya yang berkebangsaan Amerika Serikat Joanne Simpson (née Schieble) yang merupakan seorang patolog bahasa wicara. Dia diadopsi oleh Paul dan Clara sepasang suami istri dari California yang kemudian namanya diganti menjadi Steven Paul yang kemudian lebih dikenal dengan nama Steve Jobs. Jobs memiliki adik biologis yang bernama Mona Simpson yang merupakan seorang penulis Novel.
  2. Jobs bersekolah di Cupertino Junior High School, Homestead High School, California semasa sekolah Jobs sering menghadiri kuliah setelah sekolah di Hewlett-Packard Company di Palo Alto, California. Ia kemudian dipekerjakan sebagai karyawan musim panas bersama Steve Wozniak, Jobs lulus SMA pada tahun 1972 dan mendaftar masuk Reed College di Portland, Oregon.
  3. Saat menjadi mahasiswa ia mulai menanyakan hal-hal seperti, apakah benar ini yang aku inginkan? apakah kuliah ini memberi jawaban akan menjadi apa aku esok? Akhirnya Jobs memutuskan untuk DO saat Jobs menjalankan satu semester kuliahnya. Namun ia tetap mengikuti perkuliahan yang ia sukai yaitu kelas kelas kaligrafi.
  4. Pada tahun 1974 Steve Jobs bekerja sebagai teknisi di Atari pekerjaanya yaitu mendesain circuit board. Atari merupakan sebuah perusahaan pembuat berbagai permainan video populer, Dari sinilah kepiawaiannya tentang komputer semakin terasah, tujuan  utama Jobs yaitu menabung uang untuk melakukan perjalanan spiritual ke India.
  5. Jobs kemuadian berangkat ke India bersama Daniel Kottke (yang kelak menjadi karyawan Apple pertama), untuk mencari pencerahaan spiritual. Ia pulang dalam keadaan menganut agama Buddha.
  6. Pada tahun 1976 Steve Jobs mengajak Steve Wozniak untuk mendirikan perusahaan IT yaitu Apple dengan logo apel putih yang tergigit. Dengan visi ingin  merubah dunia.
  7. Sepuluh tahun ia dan temannya bekerja keras membangun Apple hingga menjadi perusahaan IT yang besar dan menguntungkan dengan jumlah pegawai mencapai 4000 orang. Pada tahun 1986 Apple meluncurkan produk andalannya berupa komputer pertama yaitu Macintosh. Namun pada saat itu ditingkat direksi terjadi perbedaan visi yang akhirnya membuat Steve harus diberhentikan.
  8. Karena dipecat, ia kemudian mendirikan NeXT yang merupakan perusahaan seperti Apple. Teknologi stasiun kerja NeXT sangat maju namun industri ini menganggapnya sebagai barang mahal, yang membuatnya kurang laku di pasaran.
  9. Tahun 1996, Apple mengumumkan bahwa mereka membeli NeXT senilai $429 juta. Hal itu membawa Jobs kembali ke Apple. Jobs diangkat menjadi CEO. Pada tahun 1997 Apple meluncurkan produk fenomenal yaitu iPod, iMac, iPhone, iPad, iCloud.
  10. Tahun 1986, Jobs membeli The Graphics Group (kemudian berganti nama menjadi Pixar). Awalnya ditujukan sebagai pengembang perangkat keras grafis canggih. Setelah bertahun-tahun gagal menjual Pixar Image Computer, perusahaan ini dikontrak oleh Disney untuk memproduksi sejumlah film fitur animasi komputer. Film pertama yang diproduksi adalah Toy Story yang dirilis tahun 1995, dan dilanjutkan dengan film Hits Box-Office A Bug's Life (1998), Toy Story 2 (1999), Monsters Inc (2001), Finding Nemo (2003), The Incredibles (2004), Cars (2006), Ratatouille (2007), Wall-E (2008), Up (2009), dan Toy Story 3 (2010). Tanggal 24 Januari 2006 Jobs resmi menjadi pemegang saham terbesar The Walt Disney Company dengan penguasaan sekitar 7% saham di perusahaan tersebut.
  11. Jobs menikahi Laurene Powell pada tanggal 18 Maret 1991, keduanya dikaruniai seorang putra dan dua putri. Jobs juga memilliki putri dari hubungannya dengan pelukis asal wilayah teluk San Fancisco, Chrisann Brennan.
  12. Pada bulan Aguatus 2004, Ia didiagnosa mengidap kanker pankreas yang membuat Jobs harus cuti dari Apple. Sejak didiagnosa kanker ia harus menjalani serangkaian pengobatan. Jobs kemudian memilih Tim Cook sebagai CEO Apple berikutnya, Jobs pun resmi mengundurkan diri dari Apple pada 24 Agustus 2011. Dengan alasan kesehatan yang terus menurun.
  13. 5 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal Dunia karena komplikasi pankreas bentuk langka. Kematiannya diumumkan oleh Apple. Jobs meninggalkan laurene, istrinya selama 20 tahun bersama anak-anaknya. Keluarganya merilis pernyataan yang mengatakan bahwa ia "meninggal dalam damai". Di situs perusahaan Apple terdapat halaman sederhana yang menampilkan nama Jobs dan masa hidupnya di samping potret wajahnya yang berwarna hitam putih. Dengan mengklik gambar Jobs, pengujung bisa melihat obituari bertuliskan "Apple telah kehilangan seorang visioner dan jenius yang kreatif, dan dunia telah kehilangan seorang sosok yang luar biasa. beberapa diantara kita yang cukup beruntung mengenal dan bekerja beraama Steve telah kehilangan seorang sahabat dan guru inspiratif. Steve meninggalkan sebuah peruaahaan yang hanya ia yang bisa membangunnya, dan semangatnya akan selalu menjadi dasar perusahaan Apple".
  14. Semasa hidupnya Jobs memiliki banyak sekali penghargaan salah satunya pada November 2009, Jobs menempati peringkat ke-57 dalam Forbes: The World's Most Powerful People. Karena usianya yang muda, kekayaan besar, dan karismanya, Jobs sang pendiri Apple menjadi simbol perusahaan dan industrinya. Dalam keluarga ia dianggap sebagai ayah yang hangat. Bahkan publik banyak yang mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kontribusi Steve Jobs di dunia teknologi, tak terkecuali Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook. Steve Jobs merupakan visioner yang sangat menginpirasi.


Refrensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Steve_Jobs diakses pada tanggal 8 November 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar