Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 24 November 2015

STEVE JOBS : KSATRIA TEKNOLOGI

Disusun Oleh : David Junior


  1.Steve Jobs atau Steven Paul Jobs terlahir dengan nama Abdul Latief Jandali.Steve Jobs lahir pada tanggal 24 February 1955 di San Francisco, California, USA. Ia lahir dari seorang ayah yang berkebangsaan Suriah Yang bernama Abdul Fattah Jandali dan ibunya Joanne Simpson.
   2.Steve Jobs kemudian diadopsi oleh Paul dan Clara sepasang suami istri yang kemudian mengganti nama Abdul Latief Jandali menjadi Steve Jobs. Ia memiliki saudari yang bernama Mona Simpson
    3.Semasa Kecil, ia sekolah di Junior High School dan Homestead High School di California. Tahun 1972 Steve Jobs tamat dari sekolah menegah atas dan meneruskan ke Reed College di Portland, Oregon. Enam bulan dia bertahan,akhirnya ia memilih drop out. Namun ia tetap mengikuti perkuliahan, ia mengikuti kelas kaligrafi
    4. Pada tahun 1974 diterima kerja sebagai teknisi di perusahaan yang mendesain circuit board, Atari. Pada tahun 1976 Steve Jobs mengajak teman lamanya Steve Wozniak untuk mendirikan Perusahaan IT dengan logo apel putih yang tergigit. Perusahaan itu adalah Apple. Dengan visi ingin merubah dunia, Steve Jobs memulai petualangannya. Sepuluh tahun ia dan temannya membangun Apple. Akhirnya Apple tumbuh menjadi perusahaan besar yang menguntungkan dengan jumlah pegawai mencapai 4000 orang. Pada tahun 1986 Apple meluncurkan produk berupa computer pertama yaitu Macintos
   5.Namun saat itu ditingkat direksi terjadi perbedaan visi yang akhirnya memutuskan Steve harus diberhentikan. Dia dipecat dari perusahaan yang dilahirkannya dan dibesarkannya. Suatu hal dan penghianatan yang sangat menyakitkan. Bagi dewan direksi, keputusan ini adalah yang terbaik bagi Apple karena menurut mereka Steve Jobs terlalu keras kepala dan temperamental.
   6.Walau dipecat, Steve tak lantas diam saja. Ia mendirikan Next yang merupakan perusahaan computer seperti Apple. Di Next ide-ide kreatif-nya dituangkan dan direalisasikan. Karena harga produk Next terlalu mahal, walau sebenarnya produknya sangat bagus namun tidak laku. Namun Jobs tidak patah arang, ia melalui Next menciptakan sebuah system operasi yang dibutuhkan oleh Apple saat itu dan Jobs mendesak Apple untuk membeli Next. Apple pun membeli Next dengan harga 429 juta dollar. Jobs kembali ke Apple dan diangkat kembali sebagai CEO.
7.Jobs juga mengakui sisi Pixar yang hampir bangkrut yaitu perusahaan animasi. Pixar kemudian memproduksi film pertama yang berjudul “Toy Story”. Ketika Jobs kembali ke  Apple tahun 1997, ia langsung membuat dobrakan besar dengan meluncurkan produk yang membuat Apple Berjaya di pasar saham yaitu iPod, iMac, iPhone, iPad, dan iCloud.
    8.Steve jobs adalah tipe keras kepala, pantang menyerah dan sangat idealis. Jobs selalu menciptakan produk yang sesuai dengan visi-nya yaitu merubah dunia. Ide Steve Jobs selalu orisinil dan selalu mahal namun produk Apple selalu ditunggu-tunggu kehadirannya.
    9.Dibulan Agustus 2004, terjadilah peristiwa yang membuat Steve Jobs harus cuti dari Apple. Ia didiagnosa mengidap kanker pankreas yang kemungkinan tidak bisa disembuhkan. Sebenarnya saat itu adalah masa keemasan Jobs dan Apple, ia juga baru saja dinobatkan menjadi CEO terbaik se-Amerika. Sejak didiagnosa kanker, ia harus menjalani berbagai pengobatan medis. Untuk focus pada pengobatan kankernya, Jobs memilih cuti dari Apple.
   10.Jobs kemudian memilih Tim Cook sebagai CEO Apple berikutnya, Jobs pun mengundurkan diri dari Apple. Dengan alas an kondisi kesehatan yang terus menerus turun, Jobs resmi mengundurkan diri pada 24 Agustus 2011. Publik pun meragukan warisan Jobs, Apple, yang dianggap kurang berpegaruh tanpa kehadiran Steve Jobs. 
  11.5 oktober 2011, Jobs harus pergi meninggalkan dunia yang dicintainya, publik yang mencintainya, perusahaan yang dicintainya dan impiannya yang mungkin masih belum tercapai. Jobs kalah menghadapi kanker pankreas dan penyakit-penyakit lain yang terus mengganggunya selama ini. Dunia, pun berduka atas kepergian Steve Jobs.
   12. Steve yang dulunya terkenal pemarah, kini malah dianggap sebagai seorang yang visioner. Dalam keluarga, ia dianggap sebagai ayah yang hangat. Bahkan publik banyak yang mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kontribusi Steve Jobs di dunia teknologi. 
 13.Steve jobs, mengubah dunia itulah visinya dengan tanpa pantang menyerah dia memperjuangkan visi-nya bahkan pantang menyerah dengan penyakitnya. Sudah sepantasnya Steve Jobs menjadi tokoh dunia berkat kegigihannya kita dapat mengenal teknologi yang lebih maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar