Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 November 2015

Bill Gates - Orang Terkaya Sedunia



Disusun oleh : Ratih Bunga Utari


1.  Bill Gates dilahirkan pada tanggal 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington. Ayahnya bernama william H Gates, Sr adalah seorang pengacara. Dan ibunya bernama Marry Maxwell Gates Adalah seorang anggota direktur First Interstate Banc System. Jadi Bill Gates adalah anak dari keluarga yang cukup berada bahkan ada rumor jika kakeknya adalah seorang jutawan pula dimana saat Bill Gates lahir, ia secara hukum telah mendapat jatah warisan kekayaan kakeknya sebesar 1 juta dolar.

2.  Bill Gates, ia disekolahkan disekolahan yang sangat Prestasius yaitu Lakeside School sekolah khusus pria yang ternama dan modern. Stelah lulus Bill Gates melanjutkannya dengan berkuliah di Hardvard Univercity namun Bill Gates sudah terlanjur menyibukkan diri dengan menulis bahasa programernya sehingga kuliahnya tidak dilanjutkan.

3.    Benarkah pemikiran Bill Gates, mendapatkan pelajaran yang sangat ekstra komputer, saat itu hal yang mempelajari komputer sngat langka. Eksklusif dan mahal. Gates dan teman-temannya sangat tertarik dengan pemrograman komputer dengan menggunakan bahasa programernya BASIC. Saat itu komputer yang digunakan adalah komputer General Electrik dengan sebuah terminal teletype model 33 ASR.

4.    Siswa Lakeside School yang terkenal menulis program komputer adalah Bill Gates, Paul Allen, Rick Weiland, dan Ken Evans. Keempat siswa tersebut dilarang oleh pihak sekolah menggunakan komputer lagi karena tertangkap basah mengembangkan bug di system komputer tersebut. Tetapi Bill Gates malah menuju kantor pusat komputer dan mempelajari kode sumber berbagai programyang berjalan di system tersebut seperti FORTRAN, LISP, dan bahasa mesin.

5. Pengetahuan Bill Gates akan bahasa programernya berkembang. Sebuah perusahaan programernya  bernama Information Sceience,Inc. Mendegar kepiawaian empat sekawan ini memperkerjakanya untuk menulis program sistem pembayaran gaji dengan menggunakan bahasa COBOL, selain mendapat royaliti, mereka juga diizinkan memakai komputer kantor selama mungkin. Pada tahun 1973  Bill Gates lulus dari Lakeside School dengan nilai yang hampir sempurna.

6.    Pada tahun 1974 MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 baru saja diluncurkan, dari situlah berkembang idenya untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak dengan menggandeng Paul Allen sebagai mitranya. Bill Gates kemudian menghubungi MITSpun menyetujuinya. System operasi pertamanya ini dinamakan Altair Basic. Bill Gates bersama Paul Allen memberikan nama pada perusahaan softwarenya dengan nama Mocro-soft lalu tanda sambung itu di lain waktu akhirnya dihilnangkan sehinnga sekarang menajdi Microsoft Bill Gates menjadi pemegang sahamnya itu sendiri.

7. Keahlian Bill Gates bersama microsoft dalam menulis bahasa programeraman untuk komputer semakin dikenal luas. Pada tahun 1980 IBM mengumumkan bahwa ia memerlukan sebuah sistem operasi untuk PC nya dan ia meminta microsoft untuk membuatkannya. Akhrirnya Bill Gates pun membuatkannya dengan nama sistem operasi 86 DOS atau QDOS yang kemudian dikirim ke IBM dalam bentuk PC-dos.

8.  Dari situ Bill Gates mendapat imbalan $50.000. microsoft juga tidak mengajukan pemindahan hak cipta perangkat lunaknya di IBM. Drai situ akhirnya penjualan MS-DOS menjadi microsoft pemain utama perangkat lunak dalam industri komputer. Jika semisal perangkat lunak yang ditulis Bill Gates tersebut lisensinya dijual pada IBM, mungkin IBM yang akan untung besar dan menguasai pasar dan microsoft tidak bisa sebesar saat ini. Benar-benar revolusioner otak Bill Gates, tidak hanya pintar menghasilkan program yang sederhana namun bermutu tetapi juga pandai menjualnya.

9.  Bill Gates menikah dengan Melinda French pada tanggal 1 Januari 1994. Dari pernikahannya denga Melinda, Bill Gates dikaruniai ttiga orang anak yang bernama Katharine Gates (lahir 1996), Rory Jhon Gates (lahir1999), dan Phoebe Adele Gates (lahir 2002). Bill Gates dan Melinda adalah pasangan yang sangat serasi, Melinda adalah wanita cerdas, dia menyadari jika suaminya adalah bukan pria sembarangan melainkan seorang visioner di bidang bisnis perangkat lunak jadi diapun harus bisa mengimbanginya.

10. Bill Gates bukanlah anak yang puas diri. Orang tuanya sangat menanamkan bahwa ia harus memiliki kecerdasan yang unik kelak yang akan membawanya menuju kesuksesan hidup yang lebih baik lagi.


DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar