Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 November 2015

Isaac newton – sang penemu hukum newton







Disusun oleh : Neng Rina Robiana




1)    isaac newton lahir di woolsthorpe by colsterworth, lincolnshire 4 januari 1643. Isaac newton lahir secara prematur, ketika lahir ia bahkan diperkirakan tidak akan bertahan karena tubuhnya yang sangatlah kecil. Ayah isaac newton meninggal tiga bulan setelah isaac newton lahir, dan dimasa kecilnya, newton tinggal bersama neneknya. Waktu kecil newton pernah menjadi anak yang nakal. Pada saat remajanya, beliau pernah memainkan layang-layang dan diikat dengan kembang api untuk meneror penduduk seitarnya, beliau juga hobi mencoret-coret dinding. Newton kemudian bersekolah di sekolah desa dan kemudian pindah ke sekolah yang lebih baik di grantham,dimana dia disana menjadi anak yang pandai.

2)    Newton terlahir di keluarga petani. Ketika beliau menginjak usia 17 tahun, ibunya bersikeras agar ia menjadi petani. Jika bukan karna pamannya, ia takkan penah berkuliah di universitas cambridge.

3)    Waktu masa kuliahan, teman-teman kuliahannya pernah menduga kalau isaac newton maho (menurut temannya loh) karna dia tidak menyukai pesta muda mudi seperti yang dilakukan teman-temannya, dia memilih melakukan penelitian dari pada mengiuti acara pesta. Pada usia 19 tahun, newton sempat menjalin kasih dengan adik angkat William Clarke, anne storer. Saat newton memfokuskan dirinya pada pelajaran, kisah cintanya dengan storer menjadi semakin tidak menentu dan akhirya storer menikahi orang lain. Banyak yang mengatakan bahwa dia, newton selalu mengenang kisah cintanya walaupun selanjutnya tidak pernah disebutkan newton memiliki seorang kekasih dan bahkan pernah menikah.

4)    Isaac newton merupakan seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuft alam, alkimiawan, dan teolog yang berasal dari inggris. Ia merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik.

5)    Pada awal penemuannya dalam experiment sederhana tahun 1966. Dari percobaanya, newton menyimpulkan bahwa apabila dilakukan pemecahan warna sepektrum dari sinar matahari, akan ditemukan warna-warna yang berbeda ragam yang sering dikatakan sebagai mejikuhibiniu. Warna-warna tersebut bias kita temukan ketika pelangi muncul setelah hujan reda.

6)    Yang kemudian dikenal sebagai susunan spektrum dalam cahaya. Jika spektrum cahaya tersebut dikumpulkan dan diloloskan kembali melalui sebuah prisma, cahaya tersebut kembali menjadi cahaya putih (seperti cahaya matahari) sesungguhnya merupakan gabungan cahaya berwarna dalam spectrum.

7)    Pada tahun 1670 sampai 1672, newton memberikan pelajaran tentang optic. Dan selama masa ini, dia sendiri menyelidiki refraksi cahaya (refraksi:perubahan arah dari suatu gelombang akibat perubahan kecepatan) dan memberikan demostrasi bahwa sebuah perisma dapat memecah cahaya putih menjadi berbagai macam spectrum warna dan sebuah lesa pada prisma yang kedua, dapat membentuk spectrum warna tersebut menjadi suatu cahaya putih kembali. Isaac newton menyadariu bahwa matematika adalah cara untuk menjelaskanhukum-hukum alam seperti gravitasi dan membuat beberapa rumus untuk menghitung ‘pergerakan benda’ dan ‘gravitasi bumi’ gravitasi adalah kekuatan yang membuat suatu benda selalu bergerak ke bawah.

8)    Dengan tiga prinsip dasar dari hokum pergerakan, newton dapat menjelaskan dan membuktikan bahwa planet beredar mengelilingi matahari dalam orbit yang berbentuk oval dan tidak bulat penuh. Kemudian newton menggunakan tiga prinsip dasar pergerakan yang sekarang dikenal sebagai hukum newton untuk menjelaskan bagaimana benda bergerak.

9)    Pada tahun 1689-1690 isaac newton pernah menjadi anggota parlemen selama satu tahun. Dan pada saat itu hanya satu kalimat yang ia ucapakan sebagai politisi: ia meminta seseorang untuk menutup jendela yang terbuka.

10) Karya bukunya philosophie naturalis principia mathematica yang dirterbitkan pada tahun 1687 dianggap sebagai buku yang paling berpengaruh sepanjang masa.

11) Dalam bidang matematika pula, bersama dengan karya Gottfried laibinz yang dilakukan secara terpisah, newton mengembangkan kalkulus diferensial dan kalkulus integrial.

12)  Isaac newton wafat pada tanggal 31 maret 1727 pada umur 84 tahun, bahkan sampai sekarang pun newton masih sangat berpengaruh di kalangan ilmuwan. Sebuah survey tahun 2005 yang menanyai para ilmuan dan masyarakat umum di royal society mengenai siapakah yang memberikan kontribusi lebih besar dalam sains, apakah newton atau albert Einstein, menunjukkan bahwa newton dianggap memberikan kontribusi yang lebih besar.

13)  Isaac newton adalah orang yang sangat mawas diri, pemalu, dan benci pertentangan. Betrand russel berkata “jika dia menemukan pertentangan (perdebatan) maka kemungkinan dia tidak akan menerbitkan sebarispun karyanya, hingga fisikawan lainnya edmud halley mendesak untuk menerbitkan karyanya.


Daftar pustaka 
https://id.wikipedia.org//wiki//isaac_newton diakses pada tanggal 16 november

Tidak ada komentar:

Posting Komentar