Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 November 2015

BILL GATES - PENDIRI MICROSOFT



                                                   DISUSUN OLEH : DEDEH DESTRIANA PUTRI

                            
1.    William Henry Gates III atau yang lebih dikenal dengan Bill Gates ia lahir di Seattle, Washington, pada tanggal 28 Oktober 1955 dari pasangan William H. Gates, Sr. dengan istrinya, Mary Maxwell Gates. Kedua orang tua Gates keturunan bangsa Inggris, Jerman, dan Irlandia. Ayahnya seorang pengacara dengan perusahaan yang punya banyak koneksi dikota, dan ibunya seorang guru dan sekarang menjabat sebagai anggota dewan direktur First Interstate BancSystem. Bill gates adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat dan ia seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mendapatkan kesulitan disekolah
2.    Semasa kecil, orang tua Gates lebih mengharapkan kalau dia akan berkarir di bidang hukum. Gates memulai studinya dengan bersekolah di Lakeside School, sebuah sekolah persiapan eksklusif di Seattle. pada tahun 1968 Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer pembagian waktu. Proses ini merepotkan, tetapi mengubah kehidupan Gates. Dia adalah seorang ‘nerd’ (eksentrik),” sebagaimana salah seorang guru memberikan Gates julukan itu.
3.    Dalam kehidupan peribadinya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari, 1994. Mereka mempunyai tiga orang anak, Jennifer Katharine Gates (1996), Rory John Gates (1999) and Phoebe Adele Gates (2002).
4.    Ditahun berikutnya, informasi Sciences, inc, memperkerjakan 4 siswa lakeside untuk menulis program pembayaran gaji dalam bahasa COBOL. Gates pernah melakukan keisengan semasa sekolahnya dia memodifikasi kode sehingga dia ditempatkan di kelas-kelas yang di dominasi perempuan.
5.    Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973 dan kemudian kuliah di Harvard College pada musim gugur 1973. Di Harvard, dia bertemu dengan Steve Ballmer, yang kelak akan menggantikannya sebagai CEO Microsoft.
6.    Sekitar tahun 1975 ketika Gates bersama Paul Allen menyiapkan program software pertama untuk mikro komputer. Seperti cerita di Popular Electronics mengenai “era komputer di rumah-rumah” dan mereka berdua yakin software adalah masa depan. Dengan nama Traf-O Data. Inilah awal Microsoft.
7.    Semasa ia belajar di Harvard, ia dan Paul Allen menulis perangkat lunak Altair BASIC untuk Altair 8800 dalam dasawarsa 1970. Altair merupakan komputer pribadi pertama yang sukses. versi Gates dan Allen kemudian menjadi Microsoft BASIC, bahasa komputer terjemahan yang utama untuk sistem operasi komputer MS-DOS, yang menjadi kunci pada kesuksesan Microsoft. QuickBasic juga dijadikan Visual Basic, yang masih popular hingga masa sekarang.
8.    Di tahun kedua kuliahnya, Gates berhasil merancang sebuah algoritma untuk penyortiran panekuk sebagai solusi atas satu dari serangkaian masalah yang belum terpecahkan. Selama kuliah di Havard, Gates sama sekali tidak tertarik untuk belajar seperti mahasiswa lainnya. Dia lebih banyak menghabiskan waktunya dengan menggunakan komputer. Gates kemudian mendirikan Microsoft Corporation, salah satu perusahaan paling sukses di dunia, dan memimpin arah kepada pembukaan industri software komputer.
9.    Pada musim panas 1974, Gates menghubungi Paul Allen, dan bergabung dengannya di Honeywell. Pada tahun berikutnya, saat MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan, Gates dan Allen melihat peluncuran tersebut sebagai kesempatan untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri. Untuk mewujudkan impiannya ini, Gates kemudian keluar dari Havard dan bekerja bersama Allen di MITS di Albuquerque pada November 1975. Mereka menamai usaha yang baru mereka bangun dengan nama "Micro-Soft" dan mendirikan kantor pertamanya di Albuquerque. Satu tahun berikutnya, nama usaha mereka ganti menjadi Microsoft dan pada 26 November 1976 nama dagang "Microsoft" didaftarkan di Kementerian Luar Negeri New Mexico.
10. Rencana Microsoft amat sukses tetapi digugat oleh Seattle Computer karena Microsoft tidak memberitahukan mengenai ikatannya dengan IBM untuk membeli system operasi itu dengan murah; oleh sebab ini, Microsoft membayar uang kepada Seattle Computer, tetapi tidak mengakui kesalahannya. Reputasi Gates kemudian lebih diburukkan oleh tuntutan dakwaan monopoli oleh Departemen Keadilan A.S.
11. Gates gembira atas kemungkinan penggunaan CD-ROM sebagai media penyimpanan dokumen, dan mensponsori penerbitan buku CD-ROM: The New Papyrus yang mempromosikan ini. Tidak dapat disangkal bahwa Bill Gates telah melakukan beberapa kesalahan dalam bisnis softwarenya. Hal ini terbukti dengan beberapa dakwaan yang diarahkan kepadanya berkaitan dengan cara – cara bisnis yang melanggar undang-undang bisnis Amerika Serikat, misalnya monopoli Internet Explorer pada sistem operasi Windows.
12. Pada tahun 2000, Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Pegawai Eksekutif dan memandatkannya kepada kawan lamanya, Steve Ballmer. Gates kemudian memilih untuk kembali ke profesi lamanya yang ia cintai yaitu sebagai pencipta perangkat lunak. Kini Bill Gates menjadi Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaannya sendiri, Microsoft Corp.
13. Dengan istrinya, Gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, sebuah yayasan sosial filantropi. Pada tahun 1997 koran Washington Post menyatakan bahwa “Gates telah menyatakan bahwa dia memutuskan untuk menyumbangkan 90 persen daripada hartanya semasa dia masih hidup” sumbangan ini, telah menyediakan uang yang amat diperlukan untuk beasiswa universitas kaum minoritas, menentang AIDS dan sebab-sebab lain, kebanyakannya isu-isu seperti penyakit-penyakit yang biasa kita lihat di dunia ketiga. Dalam bulan Juni 1999, Gates dan istrinya mendermakan $5 milyar kepada organisasi mereka, pendermaan yang paling besar dalam dunia oleh individu-individu yang hidup.
14. Dalam 2004, dikabarkan bahwa Gates akan menerima penghargaan kesatriaan dari Ratu Elizabeth II pada sebuah tanggal yang “saling dipersetujui”.
15. Bersama Microsoft, Gates memantapkan namanya di dunia bisnis sebagai pria paling sukses dan paling kaya. Gates menduduki peringkat pertama dalam daftar orang terkaya di dunia sejak tahun 1995 - 2009, tidak termasuk 2008 ketika ia turun ke peringkat tiga. Pada tahun  2008, Gates mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan yang didirikannya, Bill & Melinda Gates Foundation.
16. Di Microsoft, Gates pernah menjabat sebagai CEO dan kepala arsitek perangkat lunak, dan dia menjadi pemegang saham perorangan terbesar dengan lebih dari 8% saham umum perusahaan. Saat ini Microsoft telah menciptakan produk-produk fenomenal seperti microsoft office, windows xp, windows 7, dan menyusul windows 8. Bahkan Microsoft merambah bisnis smartphone dengan menciptakan windows phone 7.
17. Meski dikagumi banyak orang, banyak juga yang membenci Gates. Pada masa akhir karirnya, Gates melakukan beberapa usaha filantropi dengan menyumbangkan sejumlah besar dana ke berbagai organisasi amal dan program penelitian ilmiah melalui Bill & Melinda Gates Foundation yang didirikannya pada tahun 2000. Pada bulan Januari 2000, Gates resmi mengundurkan diri sebagai pejabat eksekutif tertinggi Microsoft tapi dia masih menjabat sebagai ketua dan membentuk jabatan kepala arsitek perangkat lunak.
18. William Henry Gates III atau Bill Gates adalah tokoh yang menginspirasi dunia dia pantang menyerah untuk menciptakan microsoft dan sampai sekarang produk itu masih menjadi populer dan sangat berkembang sampai saat ini.
Daftar pustaka :
diakses pada 05 November 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar