Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 27 November 2015

Helvy Tiana Rosa : Penulis Muslim Yang Berpengaruh diDunia

disusun oleh : Fara Amalia Fauzi
1.    Helvy Tiana Rosa lahir di Medan, Sumatra Utara, 2 April 1970. Helvy merupakan anak pertama dari pasangan Amin Usman atau lebih dikenal dengan nama Amin Lov’s, seorang pencipta lagu asal Aceh, dan Maria Arifin Amin, seorang perempuan keturunan Cina yang lahir di Medan. Helvy memiliki dua adik, Asma Nadia dan Aeron Tomino. Helvy menikah dengan Winardi Satryatomo (Tomi), 28 Januari 1995.

2.    Bakat menulis itu memang diturunkan dari ibunya dan telah ada sejak kecil. Sejak usia muda Helvy sudah mengakrabi dunia seni, utamanya puisi dan prosa. Selain tulis menulis, dia juga menggeluti dunia seni peran dengan bergabung dengan teater 78 dan menulis beberapa naskah drama. Ia juga mulai aktif menulis puisi dan cerpen lalu mengirimkan ke redaksi majalah anak.
3.    Helvy pernah bersekolah di SD Kartini II Jakarta, kemudian SMPN 738 Jakarta, dan masuk SMAN 5 Jakarta, setelah lulus dari SMAN 5 Helvy masuk kedalam Program Sarjana dan Magister Fakultas Sastra Universitas Indonesia, dan masuk ke dalam Program Doktoral Universitas Negri Jakarta.
4.    Helvy tercatat menjadi ketua Teater Bening pada tahun 1990-1993, kemudian menjadi staf Pengabdian Masyarakat Senat Mahasiswa FSUI pada tahun 1991-1993, dia juga pernah menjadi Redaktur Majalah Annida pada tahun 1991-1992, Helvy juga pernah duduk di Litbang Senat Mahasiswa UI pada tahun 1994-1995, dan dia menjadi Dosen Universitas Negeri Jakarta, tahun 2005 sampai sekarang.
5.    Pada tahun 1990 ibu dari Abdurahman Faiz dan Nadya Paramitha ini mendirikan Teater bening dan sering menuliskan naskah drama untuk dipentaskan saat dirinya berkuliah di Fakultas Sastra Universitas Indonesia.
6.    Hingga akhirnya pada tahun 1997 bersama dengan adiknya, Asma Nadia, Helvy mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penerbitan buku. Takut diklaim sebagai usaha keluarga, Helvy mengajar cerpenis Annida lain untuk ikut bergabung dengan perusahaan yang ia beri nama Forum Lingkar Pena (FLP). FLP adalah sebuah tempat bagi siapapun kaum muda dari berbagai kalangan yang ingin menjadi penulis. Melalu FLP, nama Helvy semakin dikenal di berbagai Negara.
7.    Perusahaan yang bertujuan mencari para penulis muda yang ia dirikan tersebut akhirnya menuai keberhasilan.Didapatkan ratusan ribu penulis muda dari berbagai pelosok kota di Indonesia turut bergabung. Bahkan, pada tahun 2008, FLP meraih Danamon Award, sebuah penghargaan tingkat nasional yang diberikan kepada inspirator yang berhasil melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat sekita secara signifikan.
8.    Ditanya bagaimana mulanya ia meraih banyak kesuksesan, seperti meraih The 500 Most Influential Muslims in The Word (500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia), Royal Islamic Studies Centre, Jordan dan Georgetwon University selama tiga tahun berturut-turut (2009-2011), Helvy mengaku bahwa bakat adalah bonus yang diberikan oleh Allah, tinggal begaimana individu tersebut mengasah dan melatih bakatnya, kata doesen Fakultas Sstra Universitas Negri Jakarta yang tengah menyelesaikan studi doctoral ditempat yang sama ini.
9.    Helvy Tiana Rosa memang pantang menyerah untuk menggapai impian nya menjadi penulis mulai dari mengumpulkan buku dari hasil tabungannya hingga ketika ada ungkapan bahwa dengan membaca kita akan mengetahui isi dunia dan dengan membaca pula kita bisa menuliskan betapa luas dan beragamnya dunia.



Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Helvy_Tiana_Rosa diakses pada tanggal 9 November 2015
http://profil.merdeka.com/indonesia/h/helvy-tiana-rosa/  diakses pada tanggal 9 November 2015


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar