Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 November 2015

Barack Hussein Obama – Presiden kulit hitam Pertama di Amerika Serikat



Oleh : Indah Permata Sari Putri Hadi




  1. Barack  Hussein Obama lahir pada tanggal 4 agustus 1961 di RS.Kapi’olani medical center of women and children di Honolulu, Hawai. Ayahnya Bernama Barack Obama,Sr dan ibunya bernama Stanly Ann Dunham, mereka bertemu saat menghadiri acara di Uniersty Of Hawaii di Manoa pada tahun 1960, dan mereka menikah pada 2 Februari 1961 dan orang tuanya berpisah saat  Obama berumur 2 tahun  pada tahun 1964 tepatnya pada bulan Maret. Setelah bercerai Obama tidak tinggal bersamaayahnya dan Obama pernah di kunjungi ayahnya hanya sekali pada tahun 1971 karena pada tahun 1982 ayahnya meninggal dunia karena kecelakaan sebuah mobil.
  2. Tidak lama bercerai dari ayahnya, ibunya menikah lagi dengan seorang kebangsaan Indonesia yang bernama Lolo Soetoro. Setelah ibunya menikah dengan Lolo soetoro, Obama beserta keluarganya pindah ke Indonesia dan tinggal  di Menteng dalam, Tebet, Jakarta-selatan. Obama tinggal di Indonesia selama 4 tahun dan setelah itu Obama memutuskan untuk tinggal bersama Ibu, Nenek dan Kakeknya di  Honolulu, Hawai. Selama lima tahun ibunya tinggal di Honolulu bersama Obama kemudian ibunya memutuskan untuk kembali ke Indonesia Untuk bekerja dan pada tahun 1994 Ibunya kembali Ke Honolulu, Hawai untuk menghabiskan sisa umurnya. Pada tahun 1995 Stanly Ann Dunham meninggal dunia karena terkena Kanker Ovarium.
  3. Barack Hussein Obama pernah mengenya pendidikan di sekolah katolik st. Francis, Sekolah Dasar Besuki, Ocardental college, dan Uniersitas Coloumbia. Ketika Obama bersekolah di Universitas Coloumbia ia menjabat jadi ketua ilmu politik dengan sepealisasi dalam hubungan internasional dan lulus dengan gelar BA pada tahun 1983. Pada saat SMA Obama mengakui bahwa dirinya pernah memakai Obat-obatan yang dapat merusak dirinya, dan setelah lulus SMA Obama pindah ke los angeles.
  4. Barack Hussein Obama pernah bekerja sebagai direktur dekeloping comunites projeck (DCP) di Business International Corporation, Obama juga bekerja sebagai konsultan dan instruktur. Pada pertengahan tahun 1988 Obama berpergian untuk pertama kalinya ke Eropa dan Obama kembali ke Kenya untuk bertemu dengan saudaranya untuk pertama kalinya.
  5. Pada tahun 1988 Obama memutuskan untuk bersekolah lagi di Harvad law school, di sela kesibukannya Obama bekerja sebagai jaksa di Sidley Austin dan Hopkins sutter. Pada tahun 1991 Obama lulus dengan magna cum laude. Di sela kesibukannya Obama menyempatkan diri untuk mengunjungi saudaranya bersama tunangannya yang sekarang menjadi istrinya yaitu Michele Obama.
  6. Barack Hussein Obama kemudian terpilih menjadi anggota senat pada tahun 1996, namun ia mengundurkan diri karena telah terpilih menjadi senat Amerika Serikat melalui partai Demokrat. Setelah menjadi senat Amerika Obama selalu berkampanye menentang invasi terhadap Irak, yang pada saat itu Presiden Amerika adalah George W Bush, yang dimana presiden amerika itu sedang gencar-gencarnya melakukan invasi terhadap Irak.
  7. Pada tanggal 3 Januari 2005 Obama di sumpah sebagai seorang senator dan menjadi satu-satunya anggota senat dari Congresional Black Cansus. Pada tanggal 13 Noember 2008 Obama mengundurkan diri dari jabatan senatnya sebelum mulainya sesi lame-duck, untuk fokus pada masa transisinya sebagai Presiden.
  8. Pada 28 Agustus Obama berpidato kepada 84.000 pendukung di Denuar, selama pidatonya dilihat oleh lebih dari 38 juta orang Obama pun menerima pencalonan dirinya sebagai presiden dari partai Demokrat. Pada bulan November Obama memenangkan pemilihan presiden dengan 53% dari suara rakyat serta berbagai pemilihan perguruan margin dan Obama berhasil  mengalahkan John McCan dalam pemilihan umum. Pada saat pidato kemenangannya Barack Hussein Obama menyatakan bahwa “Perubahan telah datang ke Amerika”, kemudian Obama memenangkan pemilihan Presiden yang kedua kalinya pada tahun 2012 hingga 2019.
  9. Barack Hussein Obama adalah presiden kulit Hitam pertama di Amerika Serikat, Obama terpilih menjadi presiden kulit hitam pertama di Amerika Serikat, karena pidatonya yang mengusung tema “Harapan” dan “Perubahan” sebab dari itu masyarakat percaya bahwa ia yang mampu membawa perubahan ke Amerika Serikat.


Daftar pustaka

Di akses pada  10 November 2015 :
http://biografi-orang-sukse-dunia.blogspot.co.id/2013/10/biografi-obama-presiden-amerika_ke-44.html
Di akses pada 11 November 2015 :
http://www.biografiku.com/2009/01/biografi-barack-obama.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar