Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 11 Desember 2015

R.A KARTINI – INSPIRASI WANITA INDONESIA









Disusun oleh : Kirana Agustin



  1. Raden Ajeng Kartini atau dikenal sebagai R.A Kartini dia adalah salah satu pahlawan  nasional yang gigih dalam memperjuangkan emansipasi wanita kala ia hidup. Beliau lahir pada tanggal 21 April 1879 di kota Jepara
  2. R.A Kartini lahir di keluarga bangsawan. Ayahnya bernama R.M Sosroningrat dan ibunya bernama M.A Ngasirah. Kartini sendiri memiliki saudara berjumlah 11 orang yang terdiri dari saudara kandung dan saudara tiri. Beliau sendiri merupakan anak kelima ,namun ia merupakan anak pertama tertua dari 11 bersaudara pada usia sekitar 24 tahun R.A Kartini dinikahkan dengan K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang merupakan seorang bangsawan sebagai bupati rembang yang telah memiliki tiga istri. Dari pernikahannya dengan K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat melahirkan seorang anak bernama Soesalit Djojoadhiningrat pada tanggal 13 november 1904.
  3. Sebagai seorang bangsawan,RA Kartini berhak memperoleh pendidikan kemudian  ayahnya menyekolahkannya di Europese Lagere School (ELS). Disinilah kartini belajar bahasa belanda hingga usia 12 tahun sebab menurut kebiasaan ketika itu,anak perempuan harus tinggal dirumah “dipingit”. Hingga pada akhirnya Kartini tidak dapat melanjutkan cita-citanya baik belajar menjadi guru di Batavia ataupun kuliah diluar negeri belanda. Meskipun ketika itu ia mendapatkan beasiswa. Dikarenakan pada saat itu ia dinikahkan dengan K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat dan melahirkan anak pertama.
  4. R.A Kartini memiliki keinginan untuk memajukan perempuan pribumi,dimana kondisi sosial saat itu perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah dan seorang perempuan perlu memperoleh persamaan,kebebasan,otonomi serta kesetaraan hukum. Berkat kegigihanya R.A Kartini mendirikan sekolah wanita oleh yayasan Kartini disemarang pada tahun 1912 yang dikenal dengan nama “Sekolah Kartini”. Dan juga R.A Kartini menuliskan buku yang berjudul Habis Gelap Terbitlah  Terang.
  5. Pada tanggal 17 september 1904 kartini wafat di usianya yang sangat muda yaitu 24 tahun. R.A Kartini memiliki sifat yang pantang meyerah serta selalu bekerja keras untuk memperjuangkan hak wanita Indonesia. Berkat usahanya sekarang wanita Indonesia bisa bersekolah dan menuntut ilmu. Sudah sepantasnya R.A Kartini sebagai inspirasi wanita Indonesia dan pada tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini untuk mengenang dan menghormati jasa-jasanya.

Daftar pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar