Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

11 Cerita dalam 11 Perjalanan

Penulis Resensi : SEFTI AYU FALLENCIA



Identitas Buku
Judul buku ​       : 11:11
Penulis​          : Fiersa Besari
Tahun Terbit  ​        : 2018
Penerbit                     : mediakita
Cetakan​       ​ : Kelima, Jakarta, November 2018
Jumlah Halaman​  : 302 Halaman
Harga Buku​     ​  : Rp.88.000,-

    Buku ini mengisahkan tentang berbagai kisah yang dialami oleh si penulis. Berawal dari penulis yang memang berkarir sebagai musikus sebelum akhirnya jatuh cinta pada dunia tulis-menulis. Selain menulis, Fiersa Besari juga aktif dalam kegiatan di alam terbuka. Berkenala menyusuri Indonesia dan melihat realitas negeri ini membuat si penulis gemar menyisipkan pesan humanisme dan sosial dalam karya-karyanya yang bertema cinta dan kehidupan. Salah satu buku karya Fiersa Besari yaitu 11:11 yang merupakan album kedua setelah Konspirasi Alam Semesta (2017). Meski begitu, keduanya tidak saling berhubungan. Sesuai dengan namanya , 11:11 berisi sebelas cerita pendek yang ditemani sebelas lagu. Kisah-kisah yang disajikan pun variatif dan imajinatif. Ada cerita tentang dua manusia yang jatuh cinta di dunia realitas-visual; ada tentang iblis yang curhat pada malaikat di sebuah halte bus; ada tentang terpidana mati yang berkirim surat pada seorang kuli bangunan; ada tentang seniman kiri yang harus merelakan musikus borjuis lepas dari genggamannya; dan masih banyak lagi. Syahdan, yang bisa digaris bawahi dari kisah-kisah tersebut adalah romantis, meski sering kali tragis. Gelap, sekaligus mencerahkan.  
      Novel ini berbeda dari novel-novel biasanya, banyak cerita didalamnya yang mengisahkan tentang pengalaman si penulis,sehingga yang membaca dapat larut dalam cerita didalamnya.Mulai dari masalah percintaan,pengungkapan perasaan,kisah LDR-an,bahkan tentang harapan. Cerita yang didalamnya juga digambarkan dengan sangat menarik. Gaya Penulisan dan Bahasa yang mengalir dengan indah membuat pembaca ikut merasakan dalam emosi yang di sampaikan penulis dengan baik. Kisah cinta yang di angkat pun sangat sesuai dengan kisah percintaan pada umumnya,romantis dan berujung pengecewaan, tidak berlebihan. Pengungkapan alur dan latar yang begitu detail membuat pembaca seolah-olah menyaksikan dan merasakan sendiri semua yang terjadi dalam kisah novel ini.
  Walaupun cerita dalam novel tersebut digambarkan dengan menarik, namun jalan ceritanya sangat sulit untuk dipahami oleh pembaca. Hal ini membuat novel ini sedikit monoton tanpa adanya hentakan-hentakan yang mengejutkan, walaupun terkadang ada hal-hal berbeda yang dihadirkan novel ini.

  Secara keseluruhannya, saya sangat menikmati alur cerita dengan memadukan unsur kehidupan dan romantisme dalam setiap kisahnya dan juga novel ini berhasil membuat saya terbawa perasaan lewat tulisannya. Novel 11:11 ini sangat cocok bagi kalian yang menyukai novel fiksi yang bergenre romantis dan mengisahkan tentang pengalaman pribadi si penulis. Bukan hanya mengisahkan tentang percintaan yang biasa, tetapi novel ini menceritakan bagaimana cara memperjuangkan sebuah perasaan lalu kepercayaannya dikhianati, dan masih banyak lagi, di tengah keraguan dan tentang cinta karena sebuah harapan untuk tidak menyianyiakan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar