Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

Hujan

Disusun Oleh : Rico Adi Pratama

judul Resensi : Rain Affair
Identitas Buku
Penulis : Clara Canceriana
Penerbit : Gagas Media
Jumlah Halaman : 339 halaman
Tahun Terbit        : 2010
Sinopsis

Rain Affair “ketika hujann aku jatuh cinta”. Novel ini menceritakan kisah cinta seorang cewe bernama Lea, sosok gadis yang tampak tangguh namun sebenarnya rapuh. Ia memiliki seorang kekasih bernama Noah. Noah sendiri adalah seorang workaholic, setiap hari waktu nya selalu dihabiskan untuk mengurus pekerjaannya sebagai design interior. Noah sangat dicintai oleh Lea, namun masalah nya Noah tidak memiliki perasaan yang sama seperti lea. Sebenarnya rasa sayang yang Noah miliki untuk Lea hanya sekedar rasa sayang seperti teman. Noah menerima Lea menjadi pacarnya karena hanya untuk menebus rasa bersalah Rissa yang tak lain adalah kakak kandung Lea. Selama noah dan Lea memutuskan untuk berpacaran banyak sekali kebohongan-kebohongan  yang selalu dibuat oleh Noah. Lea sering sekali merasa diabaikan oleh Noah, namun Lea beruntung karena ia memiliki 2 orang sahabat yang sangat peduli kepadanya yaitu Audrey dan Rendy.

Nathan adalah seorang design interior. Suatu hari ia pergi kesebuah rumah sakit didaerah Bandung untuk menjenguk sahabatnya. Namun ketika nathan tiba di gerbang rumah sakit, Nathan melihat seorang cewe berambut pendek yang baru saja terjatuh dibawah deras nya hujan akibat tertabrak seorang laki-laki paruh baya. Kemudian nathan menghampiri cewe itu dan memayungi cewe tersebut menggunakan payungnya. Setelah itu mereka jalan bersama ke dalam lobi rumah sakit, tak lama setelah itu cewe tersebut hendak berlalu nathan pun memberikan payung nya untuk cewe tersebut. Sayang nya pada saat itu Nathan belum sempat berkenalan dengan cewe tersebut, dan ia pun tidak pernah lagi bertemu dengan cewe tersebut.

Sampai suatu saat nathan sangat kaget ketika melihat cewe berambut pendek yang pernah ia temui disebuah rumah sakit di Bandung itu datang bersama dengan temannya Noah ke restoran Noodle. Namun ternyata pada saat itu Lea tidak menyadari bahwa ia pernah berkenalan dengan Nathan. Ternyata Lea, Noah dan Nathan tinggal di apartement yang sama.

Lea sangat bosan dengan suasana apartement nya, sehingga Lea meminta Noah untuk merenovasi apartement nya. Noah pun mau untuk merubah suasana apartement Lea. Namun tidak disangka ternyata Noah malah meminta tolong Nathan untuk merenovasi apartement Lea tetapi dengan tetap merahasiakannya dari Lea, Nathan pun mengiyakan nya. Setelah selesai merenovasi apartement Lea, Noah mengajak Lea untuk melihat suasana baru apartement nya, dan Lea pun sangat terkejut melihatnya suasana baru apartement nya itu. Di dinding apartement nya terdapat sebuah lukisan yang sangat indah, itu adalah lukisan sebuah bunga. Lea pun menanyakan nama bunga tersebut, Noah sangat terkejut mendengarkannya dan segera memberi penjelasan sesuai dengan apa yang ia tau. Lea pun merasa anaeh dengan jawaban Noah.

Setelah beberapa lama, Nathan pun semakin tau banyak hal tentang Lea begitu juga dengan hubungannya dengan Noah yang penuh dengan keributan. Nathan juga jadi semakin sering mendengarkan curahan hati Lea, Noah juga sering meminta tolong kepada Nathan untuk menemani Lea disaat Noah tidak bisa berada disamping Lea. Suatu hari pada saat Lea berkunjung ke apartement Nathan, Lea melihat setumpukan kertas yang tak lain adalah kertas proyek renovasi apartement miliknya, Lea sangat terkejut dan mulai saat itu dia mulai tahu bahwa selama ini Noah telah membohonginya.

Kesedihan demi kesedihan yang dialami Lea membuat rasa simpatik Nathan, nathan selalu berusaha untuk menghibur Lea. Sampai suatu saat Lea mengetahui semua kebohongan yang telah dilakukan oleh Noah selama ini, nathan pun tidak tinggal diam ia tidak bisa menerima saat mengetahui Noah telah menyia-nyiakan Lea. Lea pun sadar bahwa Noah bukanlah orang yang pantas untuk dia cintai dan ia juga tidak bisa memaksa seseorang untuk mencintainya. Akhirnya Lea sadar bahwa selama ini orang yang telah mencintainya secara tulus adalah Nathan orang yang sebenarnya sudah ia kenal sejak 1 tahun lalu. Nathan pun berjanji untuk selalu ada disisi Lea.

Kelebihan dari novel Rain Affair ini adalah cerita yang dituliskan oleh penulis mampu membuat pembaca merasakan apa yang dituliskan dalam cerita tersebut. Pada saat sedang menceritakan suasana sedih, kata-kata nya mampu membuat pembacanya merasa sedih pula. Begitu juga sebaliknya. Novel ini juga memberikan kita nilai-nilai persahabatan yang bisa kita contoh untuk kehidupan kita di dunia nyata.

Cerita dalam novel Rain Affair ini sebenarnya sudah bagus, namun hanya saja pada saat membaca novel tersebut ada bagian dimana antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya seperti membingungkan ceritanya. Sehingga kita harus membaca lembar sebelumnya terlebih dahulu baru mengerti cerita tersebut sebenarnya mengarah kemana.


Cerita dalam novel ini menggambarkan tentang kehidupan percintaan remaja saat ini, ada rasa bahagia tapi pasti juga ada rasa sedih yang akan dirasakan. Selain itu  novel ini juga memberikan gambaran tentang arti persahabatan yang sangat tulus dan bisa dijadikan contoh untuk kita dalam kehidupan sehari-hari. Perbanyaklah membaca karya sastra karena dengan begitu kita bisa memperoleh pelajaran hidup yang digambarkan oleh pengarang melalui amanat yang terselip dalam cerita yang ditulisnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar