Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

Petualangan Antara 5 Sahabat

Disusun oleh : Aldilla Ramdayani


Penulis                 : Tere Liye
Penerbit : Gramedia
Tahun Terbit : 2015
Tempat Terbit.    : Jakarta
Tebal Halaman : 400 Halaman
Cetakan                : 3, Maret 2015
Harga                   : Rp 79.000


Pada novel Bulan, diceritakan Ali, Seli, dan Raib diajak Miss Selena dan Av untuk melakukan diplomasi dengan Klan Matahari. Tujuan mereka adalah membuka portal yang sudah ribuan tahun ditutup. Mereka mewaspadai kehadiran Tamus dan Pasukan Tampa Bayangan yang berusaha untuk keluar dari penjara kegelapan. Dibantu dengan Buku Kehidupan yang dimiliki Raib, ketiga pemuda dari Klan Bumi ditemani Miss Selena, Av, dan Ily (pemuda dari Klan Bulan). Mereka mempunyai kelebihan masing-masing. Ali bisa menjadi Beruang Raksasa jika marah. Seli bisa menggerakkan benda dari jarak jauh, juga bisa mengeluarkan petir dari tangannya. Ily (pemuda Klan Bulan) yang sudah mahir dalam hal pertempuran, dan Raib sendiri bisa menghilang dan mempunyai pukulan keras berdentum yang bertabur Salju.Petualangan anak-anak muda ini menjadi berubah saat sudah sampai di Klan Matahari. Kedatangan mereka bertepatan dengan Festival Bunga Matahari. Festival yang sudah beribu-ribu tahun dilakukan dengan tujuan mencari letak bunga Matahari pertama mekar. Festival ini diikuti sepuluh kontingen. Kontingen ke sepuluh adalah Raib dan teman-temannya. Menggunakan tunggangan Harimau Salju, mereka mengikuti Festival tersebut.Mereka menuju Utara untuk mencari kode sandi pertama. Bercahaya di tengah malam, dan jangan terjadi. Seperti sebuah siklus alam. Kode-kode tersebut dapat ditemukan oleh Raib dan temannya dengan beberapa bantuan. Kode pertama terdapat pada keliauan cahaya yang dihasilkan oleh Fosfor di air terjun. Kemudian cahanya kedua didapatkan dari kode yang diantar oleh ribuan ikan yang bermigrasi di sebuah danau. Kode selanjutnya ada pada ribuan Jamur yang bermekaran setiap periode, pada akhirnya kode kelima (yang terakhir) adalah cahaya dari Lebah yang tiap enam tahun sekali berkelipan layaknya ribuan lampu.

       Banyak hal yang membuat petualangan mereka menjadi lebih menarik. Tantangan pertama, mereka harus menerobos lebatnya hutan Perdu, dilanjutkan dengan serangan kawanan Gorila yang marah. Tidak itu saja, mereka juga harus bisa melarikan diri dari ribuan Burung yang melempari dengan buah kecil namun berisi asap racun saat meletup. Halangan lainnya adalah mengalahkan Gurita raksasa saat mencari kode kedua, juga serangan licik dari kontingen lain yang membuka tutup waduk sehingga menghasilkan air bah. Tidak dilupakan juga terjebak di tengah-tengah Jamur Raksasa yang berkilauan, jika bersentuhan bisa menghasilkan racun. Ada juga kejaran Tikus raksasa saat melewati lorong melintasi benteng.Raib dan teman-temannya tidak sadar kalau sedang diperdaya Konsil Klan Matahari. Ketika Raib sampai di tempat mekarnya Bunga Matahari, Konsil Klan Matahari memaksa untuk memetik bunga tersebut. Dengan begitu, Klan Matahari berhak meminta sebuah permintaan. Dia ingin bersekutu dengan Tamus untuk menguasai Klan Bumi dan Matahari. Sementara Tamus ingin Klan Bulan dan Klan Bintang. Pertemuran hebat antara Konsil Klan Matahari melawan Raib, Seli, Ali, Ily, Miss Selena, Av, dibantu beberapa Konsil dari Matahari dan juga salah satu Kontingen yang kaptennya dibunuh Konsil Klan Matahari.

Kelebihan dari buku ini yaitu Isi cerita sudah cukup seru akan petualangannya yang penuh rintangan, terdapat bagian cerita yang sangat klimaks sehingga membuat pembaca penasaran membacanya.
Kekurangan dari buku ini yaitu Ada beberapa tokoh yang kurang dijelaskan dalam isi cerita, terkadang hal tersebut membuat pembaca sedikit bingung atau tidak mengerti.
Penutup
        Kesimpulannya, Novel ini sangat menarik. Sebuah cerita sederhana yang hanya mencari bunga matahari menjadi cerita yang mengesankan dengan settingan waktu dan tempatnya. Membuat imajinasi bermain di setiap adegannya saat membaca ceritanya. Seperti halnya ketika melawan gorilla, menghindari burung penari pemakan daging, lolos dari air bah,  terjebak di tengah letupan jamur beracun, melewati lorong tikus, dan berbagai petualangan lainnya. Cukup bagus untuk dibaca bagi pecinta novel.
      Saran, Agar lebih mengurangi penggunaan  kata-kata yang sama karena dapat membuat pembaca jenuh. Dan dialog antar tokoh lebih diperjelas lagi agar tidak terjadi kesenjangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar