Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 17 Juni 2019

Seorang Wanita Menjaga Cintanya

Disusun oleh : Windi Ulfiana Lestari

JUDUL NOVEL             : MENCINTA-NYA SEBELUM MENCINTAIMU
PENULIS                       : RISKA WATI HARFIN
PENERBIT                    : ARASKA
TAHUN PENERBIT      : 2018
KOTA PENERBIT         : YOGYAKARTA
JUMLAH HALAMAN  : 240 HALAMAN
HARGA                          : Rp. 46.500,-

       Riska Wati Harfin , terlahir dari pasangan Harfin S. dan Rosdiana . Pendidikan formalnya dimulai dari SD Negeri 90 Rampoang ( 2000-2006 ) , SMP Negeri Palopo ( 2006-2009 ) , SMA Negeri 2 Palopo ( 2009-2012 ) , IAIN Palopo Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , pada Program Studi Pendidikan Agama Islam ( 2012-2016 ).
     Tulisan ini lahir dari pengalaman pribadi dan seputar kisah hidup disekitar penulis , dengan mengharapkan mampu memberikan manfaat dan nilai – nilai kebaikan dan pelajaran bagi remaja untuk mengelolah cinta yang sebenarnya dan cara yang di ridhai-Nya . Serta , meninggalkan cinta yang dapat membawa kerusakan bagi sendiri dan orang lain . Dan “ Jangan pernah mencintai yang tidak pernah mencintai Allah , Allah saja di tinggalkannya , apalagi engkau “ – Imam Syafi’i

       Mencintai-Nya Sebelum MencintaiMU , buku yang di tulis oleh Riska Wati Harfin . Wanita kelahiran Palopo , Sulawesi Selatan pada tanggal 16 Maret 1994. Riska Wati Harfin mulai tertarik dengan dunia menulis sejak duduk bangku SMP , Riska pernah bergabung dengan BIMPUS ( Bimbingan Puisi SMAN 2 Palopo ) dan komunitas YWC ( Young Writer Community ) dan sekarang bergabung dalam salah satu lembaga training di Kota Palopo Macca Foundation . Riska juga bergabung di Forum Penulis Sawergading ( FPS ) Palopo . Adapun karya tulis Riska diantara lain : Melodi Kasur , Nada-Nada Rindu , Ketika Senja Mulai Redup , Pelangi Yang Dirindukan.
     Kali ini Riska menulis Novel tentang menjaga cinta-Nya kepada orang yang tepat yang di kirimkan oleh Allah SWT. Novel ini menceritakan bagaimana menjaga cinta sesuai syariat Islam. 
      Sebelum jatuh cintai kepada seseorang , apakah kalian tahu Memaknai Arti Cinta Sejati ? Cinta ialah hanya sebuah aksara yang terdiri dari lima huruf. Ketika kamu telah berlabuh pada cinta yang tidak seharusnya , maka kamu akan sakit hati yang teramat dalam , tapi ingat kamu belum tahu arti Cinta sesungguhnya. 
         Novel ini membawa pembacanya akan terhenyut dan menikmati ceritanya. Tak sekedar ucapan dari lisan , maka kita harus bertanggung jawab atas upacan yang kita sampaikan , pernah suatu ketika , ada seseorang akhwat mengalami kejadian. Sebut saja namanya Melati , ia seorang gadis yang pendiam dan anak yang membatasi terhadap lawan jenis , dan menjadi gadis yang begitu menginspirasi termasuk dalam akademiknya ,tetapi ada orang lain yang diam-diam mendekatinya. 
         Si pemuda tersebut mencari tahu tentang Melati dari teman kampusnya alhasil , pemuda tersebut mendapat nomor teleponnya dan mulai mengirim pesan singkat , dari pesan singkat itulah Pemuda tersebut dan Melati semakin akrab dan tidak canggung lagi Melati berkunjung ke rumah pemuda tersebut . Di sana ia bertemu dengan Ibu si pemuda , keduanya mulai perbincangan saat akrab sekali dan Melati rutin berkunjung. Ibu si pemuda meminta si anak secepatnya mengikat janji setia dengan wanita baik dan pemuda tersebut setuju atas saran sang Ibu , tidak butuh waktu lama si pemuda memberanikan diri menyatakan maksud baik kepada Melati . Ada rasa bahagia dan kaget yang di lontarkan si pemuda tersebut , Melati pun terjangkit virus merah jambu , sampai ketika Melati tidak ragu untuk berkunjung ke rumah yang seharusnya belum pantas ia datangi setiap hari .
       Namun apa daya , cinta keduanya telah di butakan segalanya , cinta yang seharusnya terbangun karena ridha ilahi justru terarah pada cinta yang terbangun karena hawa nafsu belaka. Tidak pernah terduga kepercayaan itu akhirnya berlabuh pada kepalsuan , sifat asli pemuda tersebut mulai menunjukan sifat aslinya kepada Melati yang berlaku kasar kepada Melati. Dan paling berakibat fatal adalah peristiwa terlarang yang telah terjadi di antara kedua makhluk tersebut. 
       Sebuah hubungan yang belum layak dan sepastasnya mereka lakukan karena belum ada Ikrar Ijab Qabul yang terucap , hawa nafsu yang menguasai pada diri mereka , tidak ada yang mengembalikan masa lalu . Melati hanya bisa menyesali perbuatannya dan melakukan dosa terbesar dalam hidupnya . Ketika meminta pertanggung jawaban dan menagih janji dan pernah di lontarkan pada pemuda tersebut , tetapi tidak ada lagi yang di harapkan , pemuda tersebut menyebar kabar bahwa akan menikah tidak lain dengan junior Melati dengan fakultas yang sama . Hancurlah kehidupan Melati dan menanggung aib , malu keluarga , derita yang hanya sekejap yang telah di perbuatnya. 
       Kehalalan Cinta adalah sebuah kehadirannya akan membuat hati merasakan yang sangat luar biasa , kehadiran cinta memang tidak pernah salah . ia bisa datang kapan pun kepada siapapun yang ia hendaki , jangan lupa dalam menyatukan sebuah cinta harus di dasari dengan kesiapan mental dan rohani.
       Sekapur sirih ejaan makna cinta , sebuah secarik kertas yang tak hanya menerima titik-titik dari pena yang berwarna , ia putih dan menerima setiap garis yang ingin terabadikan di atasnya. Begitu pun kita setiap mempunyai masalah mencintai datanglah kepada Allah SWT , ada sajadah yang bisa menerima tangisan dan bersandar.
      Novel ini dapat di pahami karena kata yang di gunakan cukup jelas bagi pembacanya , namun ada kekurangan dalam ejaanya yang salah dalam penulisan , dan harga novel ini sangat terjangkau bagi pelajar.

    Kesimpulan dari novel Mencintai-Nya Sebelum MencintaiMu adalah, Riska membuat agar para pembacanya senantiasa mencintai sesamanya setelah mencintai Pencipta-Nya. Novel ini cocok untuk orang-orang yang belum siap untuk menjalin kisah asmara, karena di Novel ini banyak sekali ,mengajarkan kita apa arti Cinta yang sesungguhnya.

   Novel ini cocok untuk kalangan remaja (17+) . Bagi pembaca yang sedang barlabuh hati , dapat membaca novel ini untuk lebih paham tentang arti cinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar