Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

Alam Semesta

Disusun oleh : Reza Ardiansyah


Judul Buku  :  Konspirasi Alam Semesta
Penulis  :  Fiersa Besari
Penerbit  :  Mediakita
Tahun Terbit :  2017
Kota Terbit  :  Jakarta
Tebal Buku  :  238 halaman

Lelaki yang tak pernah memperhatikan penampilan dan komentar miring dari orang lain tentang dirinya. Ia cenderung cuek. Lihat saja penampilannya saat ini, terlihat begitu kumal dengan tubuh kurus yang dibalut jaket denim balel, rambut ikal seleher hingga menutupi wajahnya, dan sepatu kets lusuh yang senantiasa mengiringi langkahnya setiap hari.
Pertemuan pertama juang dengan gadis bermata emas membuat jagatnya berhenti sejenak. Seperti terhipnotis. Bahkan juang merasakan ada sebagian dari dirinya yang turut pergi bersama langkah mungil sang gadis. Entah apa.
Juang adalah lelaki yang gemar berpetualang. Sudah lama semenjak ia pergi dari rumah dan memutuskan untuk tinggal sendiri di sebuah kamar indekos.
Perjalanannya begitu rumit dan penuh tantangan. Begitu juga perjalanan cinta juang dengan gadis yang pada akhirnya diketahui bernama Ana Tidae. Berbagai halangan menyertai perjalanan mereka berdua. Juang dengan egonya dan Ana dengan rasa khawatirnya.

Menarik, itulah yang tergambar secara keseluruhan tentang buku yang berjudul Konspirasi Alam Semesta. Buku ini adalah kombinasi antara album lagu dan sebuah naskah cerita yang dipadupadankan menjadi sebuah albuk. Novel ini mengajarkan kepada kita arti dari tegar, sabar dan pantang menyerah dalam menjalani hidup. Bukan hanya soal cinta namun juga banyak diselipkan kisah-kisah inspiratif sebagai pembangkit semangat nasionalisme. Karena di dalamnya diceritakan tentang sebagian dari daerah Nusantara yang jauh dari keramaian, namun rasa kekeluargaan tetaplah nomor satu. Sebuah bacaan yang sangat bernas, cocok untuk kalangan remaja yang sedang mencari jati diri mereka. Bahasa yang mudah dimengerti, dan alur dan ceritanya sangat sistematis dan faktual dengan data-data yang ada pada dunia nyata. Dengan sampul bermotifkan poros dari planet di tata surya seolah menggambarkan judul dari buku Konspirasi Alam Semesta ini. Penulisan dan letak huruf pun ditata sangat rapih dan sesuia dengan EYD sehingga membuat pembaca nyaman.

Sedikit tidak mengerti fungsi dari kode qr balok pada setiap puisi dari setiap akhir subbab cerita.

Novel ini merupakan novel bergenre “random”, yang artinya semua unsur kehidupan ada di dalamnya. Cocok dibaca untuk remaja yang sedang mencari jati diri. Apalgi untuk yang sangat hobi dengan fotografer dan pendaki gunung atau petualang alam. Mengandung banyak pesan-pesan kehidupan dan juga sajak-sajak dari sang penulis.

Sebaiknya untuk bahasa-bahasa yang mungkin asing dilihat orang awam diganti dan alur cerita yang lebih jelas lagi.

1 komentar: