Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 14 Juni 2019

KEPERGIAN UNTUK KEMBALI

DISUSUN OLEH DWI RETNO AGUSTIN


Judul buku          : Remember Me
Penulis               : Naufal Azhar
Penerbit             : Euthenia
Tahun Terbit       : 2016
Tempat Terbit     : Jakarta
Jumlah halaman: 170 halaman
Harga                 : Rp 30.000

            Novel karya Naufal Azhar ini bergenre emosional dan romantic menceritakan seorang remaja yang sangat nakal dan susah diatur, dia bernama Gibran. Dia adalah seorang anak pengusaha sukses. Gibran duduk di bangku kelas dua SMA, dia mempunyai teman yang bernama Sean dan mempunyai musuh Karin dan Gin-gin. Setiap hari mereka bertemu, pasti berantem. Orang Tua Gibran mulai kesal karena selalu gagal mendidik anaknya yang nakal ini. Akhirnya mereka mencari guru yang seumuran dengan Gibran. Hingga pada saat itu datang guru private dan ternyata Guru private baru itu adalah musuhnya sendiri yaitu Karin, mereka berdua terkejut.
Seiring berjalannya waktu mereka berdua menjadi semakin akrab dan semakin dekat. Namun tiba-tiba Karin menderita penyakit Alzheimer, penyakit yang biasanya sering mengenai orang yang sudah lanjut usia. Semakin hari penyakitnya semakin parah, ingatannya terus menghilang sampai dia harus melukis setiap hari agar tidak lupa dengan hal yang penting bagi hidupnya. Tapi kenyataannya dia lupa akan cerita yang dilewati dirinya dengan Gibran, bahkan dia lupa siapa itu Gibran.
Setelah itu Gibran yang dulunya kurang pintar sekarang dia mendapatkan beasiswa kuliah ke Luar Negeri. Dia berfikir ingin menjadi dokter agar bisa menyembuhkan penyakit Karin karena Gibran sangat menyayanginya yang dia anggap sebagai sepasang kekasih, sahabat dan belahan hati meskipun mungkin belum seimbang.
Sebelum dia ke Luar Negeri Gibran pamit kepada Karin lalu dia mengatakan “ Even if Someday I will forget everything, always remember that my heart are never forget you”.

▪Kekurangan Novel
Kekurangan novel ini terletak pada desain sampul yang kurang tepat dengan jalan ceritanya dan ada beberapa halaman kosong yang sebaiknya bisa diisi dengan catatan, puisi atau kata-kata mutiara.
▪Kelebihan Novel
Novel ini dilengkapi dengan profil penulis lengkap yang berisi karir Naufal Azhar. Akhir dari cerita ini sangat menarik dengan status Karin dan Gibran sebagai sahabat tetapi seperti sepasang kekasih.
▪Penutup (simpulan)
Setelah saya membaca buku novel ini, saya tahu bagaimana orang tua melakukan segala hal supaya anaknya bisa bersekolah dan menjadi anak yang pintar. Seorang anak harus mendengarkan perintah orang tuanya dan menjadi anak yang mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar