Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

CINTA DALAM IKHLAS

MEMAHAMI ARTI CINTA SEBENARNYA
 DALAM NOVEL "CINTA DALAM IKHLAS"


Disusun Oleh : Marcella Almasih
 

Identitas Buku : 
Judul Buku : Cinta Dalam Ikhlas
Penulis : Kang Abay
Jumlah Halaman : 380 Halaman
Harga : Rp 77.000
Penerbit : PT Bintang Pustaka
Jenis Buku : Fiksi

Novel ini beralur maju, yang diawali dengan tokoh utama, yaitu Bintang Artha Risena Firdaus atau biasa dipanggil artha, dimasa kecilnya,ia sudah harus belajar apa arti kehilangan, yaitu saat ia kehilangan ayahnya, dan kemudian juga kakak perempuan nya. Kemudian  ia menjalani kehidupan Sekolah Menengah Pertama dengan pergaulan yang salah, salah satunya yaitu berpacaran. Hingga akhirnya, ketika ia mulai menempuh Sekolah Menengah Atas di daerah Jawa barat. Ia mengenal sosok perempuan yang sholehah dan berhasil membuatnya sadar akan perilakunya dan kemudian mulai memperbaiki diri dengan niat awal agar bisa berkenalan dengan gadis itu, yang bernama Aurora Cinta Purnama.
Awal kisah mereka dimulai saat dimana Artha baru memasuki masa sekolah di SMAN 1 Cianjur.Dia melihat ke pojok ruangan yang bersebelahan dengan ruang osis.Disana berdiri seorang wanita berkerudung panjang sedang mengobrol dengan teman sebanyanya.Saat pertama kali Artha melihat Aurora ia merasakan sebuah getaran yang aneh, dan saat itu pula dia menyadari bahwa dia jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Ara, nama panggilan untuk Aurora.
            Seperti yang diketahui, Ara adalah seorang siswi yang sangat menjaga keimanan dan ketaqwaannya. Dia terkenal akan akhlak dan budi pekerti nya yang baik. Sementara itu, artha adalah seorang siswa yang terkenal karena band rock nya yang populer di sekolah.
            Namun,setelah jatuh cinta pada Ara, dia mengubah segala kebiasaan dan kelakuannya maupun penampilannya menjadi lebih baik dengan niat awal untuk memenangkan hati Ara, wanita yang sangatdiasukai.
            Artha menjadi siswa yang sangat rajin dikelas, hingga selalu mendapatkan peringkat dengan nilai terbaik. Artha juga aktif di eskul Rohis, dimana niat awal dia masuk eskul itu adalah agar bisa lebih dekat dengan Ara. Hingga akhirnya dia terpilih menjadi ketua rohis dan menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.
            Hingga tiba waktunya Artha dan Ara lulus dari SMAN 1 Cianjur, saat itu Artha memberanikan diri untuk bicara pada Ara perihal perasaannya yang sudah ia pendam selama 3 tahun lamanya. Perasaan yang mengantarkannya menjadi Artha seperti sekarang, yang telah mengalami banyak perubahan karena Ara.
            Artha membicarakan komitmen untuk bersama dengan Ara, namun Ara menolaknya dan mengatakan bahwa mereka tidak harus saling menunggu dan berharap. Karena, perjalanan masih panjang dan mereka tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dimasa depan. Apakah Ara adalah jodoh untuk Artha?Atau mungkin tidak?Pertanyaan itu hanya bisa terjawab oleh waktu.Akhirnya mereka sama-sama menjauhkan diri karena Allah.

                                           “CINTA DALAM IKHLAS”
Mencintai adalah belajar mengikhlaskan, bukan belajar memiliki, karena
Semua yang kita cintai, sejatinya adalah milik Allah. Dan, akan disatukan,
Lalu dipisahkan atasizindanrida-Nya
Melupakansesuatu yang pernah menyakiti hati bukanlahjalanuntukbahagia.
Menerimakehhendak-Nya dan mensyukuri nikmat-Nya, itulah jalan bahagia.

Kemudian Artha setelah lulus langsung berkuliah di Bandung, tempat yang diimpikan dari dulu. Sedangkan Araberkuliah di jakarta.ArthadanAratidak pernah mengetahui kabar satu sama lain selama kuliah. Artha yang sibuk dengan organisasi mahasiswanya dan Ara yang sibuk dengan pelajaran yang membuatnya lupa akan sosok Artha dan begitupun sebaliknya.
           Namun setelah mereka berdua lulus kuliah, Allah mempertemukan mereka kembali dalam keadaan dua-duanya sedang mencari kesempurnaan iman(menikah) dan siap untuk menikah. Akhirnya Ara dan Artha pun bersatu dibawah janji suci pernikahan.

“Aurora CintaPurnama”
Aku sudah berusaha mengikhlaskanmu. Namun, pada akhirnya, memang masih kamu sosok yang kuyakini akan menjadi jodohku nanti. Ya, aku masih berharap kamulah yang menjadi pasanganku, meski sudah bertahun-tahun lamanya kita tidak bertemu. Keyakinanku kepadamy tak pernah pudar, fatwa hatiku masih tetap sama.
Aku ingin memperjuangkanmu, Ara, supaya kita dapat bersatu.Oleh karena itulah, wajar jika aku berharap kepada Allah agar kita bisa dipertemukan disaat yang tepat. Tapi, apakah kamu menyimpan keyakinan dan keinginan yang sama denganku?
Ara…apa pun yang terjadi nanti, aku akan belajar ikhlas dan tetap mencintaimu.

      Novel ini menarik untuk dibaca karena gaya bahasa yang cocok dibaca oleh perempuan, cerita yang menakjubkan dan alur cerita yang menarik dan juga cover yang menarik.
        Kekurangan Kekurangan dalam novel ini yakni masih terdapatnya beberapa typo dan isi cerita yang mudah ditebak
       Novel ini memiliki cerita yang banyak mengajarkan kita bagaimana jatuh cinta yang sebenarnya kepada seseorang, bukan dengan cara memilikinya, namun dengan cara mengikhlaskan padaNya. Jadi novel ini bisa jadi referensi bagi seseorang yang bingung dalam menghadapi cinta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar