Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

Seseorang yang rela mengorbankan dirinya

Di susun oleh : Nunik Aulia Khairunisa 

Judul buku : Flatshoes Oppa.
Penulis : Citra Novy
Penerbit : Grasindo
Tahun Terbit : 2015
Tempat terbit : Jakarta
Tebal halaman : 218 halaman
Harga buku : Rp. 45.000,-

PENDAHULUAN

Novel Flat shoes Oppa ini merupakan novel karya Citra Novy. Citra Novy ini adalah seorang penulis fanpage. Novy sudah lama banget menghibur pembacanya lewat situs Facebook dengan karya-karyanya yang berupa cerbung alias cerita bersambung. Nah, Flat shoes Oppa ini merupakan salah satu karya cerita bersambungnya. Tidak perlu ragu lagi sama bagaimana kualitas novel ini. Soalnya sudah terbukti sendiri dari fanpage Citra yang bernama Citra’s Slide yang sudah punya sekitar 56 ribu likes.

ISI

Aku selalu berharap bisa menjadi flat shoes untuk melindungi langkahmu, menyertai  setiap langkahmu, mengetahui ketika kakimu berjinjit senang, bahkan ketika kakimu terjatuh dan sakit.

Kau tahu? Hampir setiap gadis yang kutemui mengatakan nyaman jika kakinya berada dalam sepasang flat shoes. Tanpa perlu paksaan untuk bertahan pada hak tinggi. Melemaskan kaki sesukanya, melangkahkan kaki sekencangnya hingga kau bisa berlari. Dan mulai saat ini, injak flatshoes-mu, buatlah kakimu nyaman melangkah. Jangan pedulikan dia terinjak, terkotori, berdebu, bahkan rusak. Karena flat-shoesmu adalah aku.

Aku mencintaimu. Ketika pertama aku melihatmu, aku benar – benar merasa bahwa aku mencintaimu. Aku selalu berharap bisa menjadi flat shoes untuk melindungi langkahmu, menyertai setiap langkahmu, mengetahui ketika kakimu berjinjit senang bahkan ketika kakimu terjatuh dan sakit. Semakin aku mencintaimu, aku semakin takut. Aku takut, ketika aku pergi, kau melangkah dengan kaki telanjang. Sesuatu yang tidak aku inginkan adalah... ketika langkahmu menyakiti dirimu sendiri karena aku yang sudah hilang.

Perkenalan Hyeon Mi dengan Kyuhyun terjadi dengan unik. Hyeon Mi yang baru saja patah hati dan minum soju cukup banyak membuatnya memaki dan melukai yang. Sialnya, esok harinya ia mengetahui bahwa laki-laki itu adalah bos di kantornya yang baru.

Perkenalan yang buruk ternyata tidak selalu membangun hubungan yang buruk. Tahu-tahu saja mereka berdua menjadi dekat. Apalagi Kyuhyun bersikap sangat baik Hyeon Mi. Dan perempuan mana yang tidak jatuh hati setelah patah hati akut kemudian mendapati di sisinya ada seorang laki-laki yang selalu bersedia mendukungnya. Menjadi flatshoes-nya.

Sayangnya Kyuhyun menyimpan sebuah rahasia. Rahasia yang membuat keduanya tidak akan pernah bisa bersama. Kyuhyun dikatakan mempunyai penyakit yang bisa membuat hidupnya tidak dapat bertahan lama. Kyuhyun menyembunyikan penyakitnya dari Hyeon Mi, pada saat itu pula Hyeon Mi sedang dekat dengan pria baru yang dapat diharapkan oleh Kyuhyun dapat menggantikan posisi Kyuhyun di hidup Hyeon Mi. 

KELEBIHAN

Pada novel terdapat bahasa Korea pada bawah halaman novel terdapat terjemahan bahasa Korea untuk para pembaca yang masih awam tentang bahasa Korea. Pada novel ini pula berlatar belakang di negeri Korea sehingga pembaca dapat menikmati novel ini. 

KEKURANGAN 

Tapi sedikit kritik untuk novel ini adalah latar belakang Hyeon Mi yang sangat kabur. Hanya menyebutkan ibunya orang Indonesia. Kemudian keputusannya untuk menikah seolah tidak pernah melibatkan orang tuanya. Selain itu bagaimana mungkin dia hanya memiliki satu orang teman? Hidup Hyeon Mi jadi terasa kurang cocok dengan karakternya yang tidak bisa diam dan sensitif.
Sayangnya flashback dari sudut pandang Hyeon Mi yang memakai sudut pandang orang pertama di ending cerita terasa buang-buang waktu. Karena sebelumnya cerita sudah pakai sudut pandang orang ketiga bercampur antara Hyeon Mi dan Kyuhyun dan susah ketahuan oleh pembaca yang jeli bahwa Hyeon Mi sudah tahu rahasia Kyuhyun.

KESIMPULAN 

Alur yang datar namun memiliki quotes yang bagus. Karakternya tidak dibentuk secara total, bahkan mantan Hyeon Mi yang dari awal diceritakan malah seperti angin yang tiba-tiba muncul dan hilang begitu saja. Bagian akhirnya yang sedih, sepertinya sebagai senjata penulis untuk mengurangi kekecewaan pembaca, meskipun akhir yang biasa dilakukan di beberapa novel melow. Ceritanya klasik ala drama Korea. Bahkan nama tokoh prianya merupakan nama salah satu member idol Korea. 

SARAN

Novel ini cocok untuk dikalangan remaja yang sedang merasakan jatuh cinta kepada seseorang. Novel ini juga cocok dibaca kalau ada yang ingin bisa berbahasa Korea dasarnya. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar