Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

OBSESI CINTA JOHAN

Penulis Resensi : WULAN TRI AMBARWATI

Identitas Buku
Judul Novel     : Obsesi
Pengarang       : Lexie Xu
Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit    : 2010
Tempat Terbit : Jakarta
Tebal                : 240 halaman

Isi Resensi
Novel Obsesi bertema thriller. Novel ini membawa pembacanya untuk menikmati suasana menegangkan dalam kisahnya. Didalam novel ini dikisahkan tentang persahabatan dua siswi SMA Persada Internasional yaitu Hanny dan Jenny Jenazah . Hanny ini adalah siswi cantik yang populer disekolahnya.  Sedangkan Jenny Jenazah adalah siswi yang berpenampilan culun. Nama Jenazah pada nama Jenny hanyalah julukan yang diberikan oleh teman - teman disekolahnya. Hal ini disebabkan karena terdapat dua jenny lain disekolahnya. Dua jenny lain itu juga diberikan julukan yaitu Jenny Bajaj dan Jenny Tompel. Julukan - julukan  itu dibuat teman - teman sekolahnya agar dapat membedakan ketiga jenny itu.
Dalam novel ini, dikisahkan konflik - konflik yang terjadi antartokoh. Disuguhkan dengan kisah - kisah yang menarik yang tidak mengurangi kualitas kisah dari novel tersebut. Misalnya, ketika Hanny berpacaran dengan pria tampan yang populer disekolahnya yang bernama Tony. Namun, hubungan mereka tidak bertahan lama. Hal ini terjadi karena Tony memutuskan hubungan dengan Hanny tanpa sebab. Hanny yang kecewa dan penasaran atas keputusan yang dibuat Tony mencoba mencari tahu apa yang terjadi pada Tony. Lalu beberapa hari kemudian, Hanny mengetahui bahwa wanita yang sebenarnya dicintai oleh Tony adalah sahabatnya sendiri, Jenny Jenazah. Dan alasan Tony berpacaran dengannya hanya untuk membalaskan dendam sahabatnya yang disakiti oleh Hanny. Selain itu, Tony juga melakukannya untuk memberikan pelajaran pada Hanny agar tidak mempermainkan hati seseorang lagi. Karena, Hanny  dikenal sebagai wanita yang sering mempermainkan hati pria.
Setelah Hanny mengetahui fakta yang sebenarnya. Dan ditambah lagi dengan mendengar perkataan dari Johan yang berkata bahwa Jenny sahabatnya ini berkhianat atas persahabatan mereka. Menurut Johan, Jenny telah ikut bekerja sama dengan Tony untuk mempermainkan perasaan Hanny. Hanny yang menganggap perkataan Johan benar, langsung benar - benar kecewa dan membenci Jenny. Hal ini membuat Hanny meragukan persahabatannya dan memutuskan hubungan persahabatannya dengan Jenny. Bahkan, Hanny berkata kepada Jenny bahwa hidup Jenny akan sengsara setelah ini. Mereka yang awalnya duduk berdampingan dikelas. Namun, saat ini mereka tidak lagi duduk berdampingan dikelas. Hanny lebih memilih duduk berdampingan dengan Johan, murid pediam yang berpenampilan menyeramkan. Sedangkan Jenny Jenazah yang sudah tidak bisa duduk berdampingan dengan Hanny lagi, lebih memilih duduk sendiri didepan Jenny Tompel dan Jenny Bajaj.

Beberapa hari kemudian, terdapat beberapa kejadian misterius yang mengkhawatirkan banyak orang. Seperti, kejadian kecelakaan yang dialami oleh Jenny Tompel yang membuatnya mengalami cedera parah. Selain itu, setelah kejadian ini Jenny Bajaj juga mengalami cedera parah yang disebabkan karena tertimpa lemari diruang laboratorium yang terjadi pada saat lampu di laboratorium mati secara tiba - tiba. Atas kejadian - kejadian ini banyak murid yang mengkhawatirkan bahwa Jenny Jenazah akan menjadi korban berikutnya setelah ini. Karena, banyak dari mereka yang menyalahkan Hanny atas kejadian - kejadian misterius ini. Mereka berpikir seperti itu karena menurut mereka, kejadian - kejadian ini terjadi akibat perkataan Hanny kepada Jenny Jenazah yang mengatakan bahwa hidup Jenny akan sengsara tanpa menyebutkan julukan yang membuat Jenny lain disekolahnya ikut terkena akibat dari perkataannya.
Sudah sekian lama Hanny tidak berkomunikasi dengan Jenny. Hal ini membuatnya merindukan persahabatannya. Hanny pun berniat untuk meminta maaf kepada Jenny dan berbaikan. Namun, Johan selalu mencegahnya dan berbicara buruk mengenai Jenny jenazah dihadapan Hanny. Tetapi, hal ini tidak menghilangkan niatnya untuk berbaikan dengan Jenny. Setelah Hanny dan Jenny berbaikan, Hanny pun mengetahui fakta yang sebenarnya bahwa Jenny sahabatnya ini tidak terlibat dalam urusan balas dendam sahabat Tony yang dilakukan oleh Tony terhadapnya. Dan hal yang lebih penting yang baru diketahui Hanny adalah bahwa Johanlah dibalik kejadian - kejadian misterius yang terjadi pada teman - temannya. Hal ini terjadi karena Johan membenci Jenny Jenazah yang selalu dekat dengan wanita yang disukainya yaitu Hanny. Maka dari itu, dia berusaha membuat Hanny benar - benar membenci Jenny dengan segala cara agar Johan bisa terus bersama Hanny. Karena menurutnya, Jenny Jenazah adalah penghalang untuk bersama Hanny. Johan melakukan ini semata - mata karena obsesinya terhadap Hanny.
Novel ini memiliki keunggulan dari segi desain pada  sampulnya yang membuatnya terlihat menarik dengan bercak darah bernuansa horor. Selain itu, novel ini dapat membuat pembacanya tidak akan merasa bosan untuk menuntaskannya. Karena, terdapat suasana yang menegangkan yang dibuat pengarang dan terdapat beberapa bagian cerita yang tidak terduga. Hanya saja pemilihan kata - kata didalam novel ini menggunakan ragam bahasa remaja seperti gue, elo. Hal ini membuat novel ini seolah - olah dikhususkan untuk kalangan remaja
Terlepas dari kelemahan - kelemahannya, novel ini bermanfaat untuk menghilangkan rasa bosan atau stres. Selain itu novel ini juga bisa dijadikan rekomendasi bagi para penyuka cerita thriller yang penuh aksi. Karena, pada beberapa bagian cerita dalam novel ini mengajak para pembacanya untuk menikmati suasana menegangkan dengan karakter psikopat dan misteri - misteri yang ada pada cerita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar