Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

Bersamamu Dalam Batas Waktu - Loganue Saputra Jr.


Identitas Buku : 

Judul novel : Bersamamu dalam batas waktu
Penggarang : Loganue Saputra Jr.
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
Tahun terbit : 2014
Tempat terbit : Jakarta
Tebal : 255 halaman

Novel ini menceritakan perjalan hidup seorang lelaki yang bernama Alejandro yang masa tuanya lebih memilih menyendiri di pesisir pantai. Ia tinggal di Dulbia bersama kakeknya bernama Franscisko berkepala plontos,dengan kacamata berlensa kuningnya. Alejandro hidup bersama kedua sahabatnya terdekatnya yaitu karer dan irma. Kakekku sering mendongengkan tentang kehidupan purba yang ada diplanet lain di galaksi yang sangat jauh dengan tempat kami berada.
Cerita ini berkisah tentang persahabatan 3 manusia di kota Dulbia Negara Galibian, Alejandro, Karer , dan Irma. Dua laki-laki, satu perempuan. Satu laki-laki terperamental yang cerdas,satu lelaki lainnya cenderung apatis namun baik hatyi dan seorang perempuuan pemberani,tegas dan mandiri. Seperti sudah kodrat alam bahwa tak ada mustahil bagi laki-laki untuk jatuuh cinta pada sahabat perempuannya. Alejandro dan Karer sama-sama mencintai Irma, namun cara mereka berbeda, Karer sangat terbuka untuk berkata “aku mencintaimu” sedangkan Alejandro memilih menyimpan cintanya dalam hati. Apa yang terjadi kemudian? Tentu saja Irma lebih memilih Karer sebagai pasangannya.
Novel ini bukan novel romantis kebanykan, percintaan mereka dibaluri suasana perang yang berkacamuk di seluruh negeri, mirip perang antar galaksi. Perang yang keji perang yang merenggut banyak nyawa manusia, perang yang tak tahu kapan berakhir.Perang itu pulalah yang akhirnya memisahkan Irma dan Karer,keputusan sekaligus keberanian Irma menggantarkan ia menjadi perawat di medan perang, begitupun dengan Alejandro yang memilih untuk menjadi tentara demi membela tanah airnya.

Kekurangan atau kelemahan dari novel yang saya baca ini yaitu bahasanya suit di mengerti,alurnya mundur tetapi membingungkan pembaca,banyak negara negara negara yang disebutkan yang tidak maksud akal.  Sedangkan kelebihan dari novel yang saya baca adalah berkisah tentang persahabatan yang saling mencintai dan salah satu dari mereka mengalah untuk sahabatnya yang lain,dan uniknya kisah percintaan mereka di baluri dengan sauasana perang seperti film saving private ryan,the english patient atau bahakn meloncat ke film cloud atlas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar