Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

Persahabatan 5 sekawan

Disusun oleh : Rezi Alfiani
Judul Buku : 5 CM
Tahun Terbit : Mei 2005
Kota Terbit : Yogyakarta
Penulis : Dhonny Dhirgantoro
Jumlah Halaman : 381 hlm

Novel ini berceritakan mengenai kisah 5 orang pemuda dan pemudi yang menjalin persahabatan dan memiliki kepribadian yang berbeda. Tokoh-tokoh dalam novel ini yang pertama adalah Riani sosok gadis cantik yang berkacamata dan memiliki otak yang cerdas. Ia memiliki cita-cita yang tinggi ingin menjadi seorang presenter di salah satu stasiun TV.
Tokoh selanjutnya ialah Zafran, gayanya sangat menampakkan bahwa dirinya adalah anak band, berbadan kurus, dan sosok Zafran ini selalu menjadi pelebur suasana dalam kisah 5 sahabat dalam novel 5 CM, kemudian adalah sosok Arial yang memiliki badan sporty dan selalu tampak rapi dalam acara apapun. Genta adalah sosok yang paling dewasa dan memiliki jiwa kepemimpinan, rambutnya agar lurus dan berjambul, memakai kacamata dan seorang aktifis kampus. Sosok terakhir adalah Ian, laki-laki bertubuh besar yang sangat mengidolakan Happy Salma.
Kisah ini dimulai dari kejenuhan mereka yang selalu berkumpul bersama setiap harinya, akhirnya mereka memiliki ambisi untuk tidak bertemu selama beberapa tahun sampai apa yang mereka cita-citakan terwujud maka mereka akan berkumpul semacam reuni. Akhirnya waktu itu pun tiba, mereka berhasil meraih cita-cita yang diinginkan dan merka berkumpul untuk menanjak gunung yang sangat fenomenal di Indonesia, Gunung Mahameru. Kisah persahabatan 5 CM dalam perjalanan menuju puncak Mahameru pun diuji, kuatnya persahabatan mereka akhirnya berhasil menaklukan jalan yang penuh dengan perjuangan hingga akhirnya mereka dapat sampai di puncak gunung Mahameru.

Kelebihan yang dapat diambil dari novel 5 CM ini adalah mencerminkan sebuah kisah persahabatan yang harus terpisah karena harus keluar dari zona nyaman mereka ke tempat yang akan membawa mereka menuju kesuksesan. Kisah 5 CM ini menggambarkan bahwasanya dengan bersama maka perjalanan yang ditempuh dan rintangan yang dihadapi akan terasa lebih mudah, pembaca seolah dihanyutkan dengan kisah adegan 5 CM ini saat menanjak gunung Mahameru, dan penulis sukses membuat para pembaca penasaran apa yang terjadi selanjutnya setelah mereka sampai di puncak Mahameru.

Kekurangan yang terdapat dalam novel 5 CM sejauh ini sudah cukup bagus dan baik, namun pastinya tidak ada suatu karya yang sempurna, dalam novel ini ada beberapa bahasa yang tidak dimengerti oleh pembaca dan ada beberapa konteks bahasa yang tidak mengalir. Novel 5 CM ini seolah menggambarkan imajinasi yang luar biasa bahwa sangat mudahnya menggapai mimpi apa yang diidamkan tanpa melalui proses yang panjang.

Menurut saya novel ini cukup baik , mengenai tema dan cerita yang ditulis dalam novel ini sangat mengandung hal positif bagi kita yang membaca terutama anak remaja saat ini.

        Sebaiknya untuk lem pada novel diperkuat karna sangat mudah lepas dari sampul buku dan bahasa-bahasa yang mungkin asing dilihat orang awam digamti dan alur cerita yang lebih jelas lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar