Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

Percintaan dalam Novel Friend Zone

Disusun oleh : Dini Saputri



    ·         Judul                     : Friend Zone                                       
    ·         Penulis                   : Vanesa Marcella
    ·         Penerbit                 : Bentang Belia
    ·         Tahun Terbit.        : 2016
    .         Tempat terbit        : Jakarta. 
    ·         Cetakan                  : 2017
    ·         Tebal                      : 272 Halaman
    .         Harga                     : Rp. 45.900

     Buku novel Friendzone menceritakan tentang dua seorang yang bersahabat sejak kecil, hingga memumbuhkan perasaan yang lebih dari ituz tetapi diantara mereka tidak ada yang menyatakan perasaannya. 

     Abel dan David bersahabat sejak kecil. Mereka kemana-mana selalu bersama. Persahabatan itu yang sudah kelewatan nyaman, menumbuhkan perasaan yang tidak semestinya ada dalam diri Abel. Abel mencintai sahabatnya itu. Sedangkan David yang tidak peka terhadap perasaan Abel. Ia selalu menganggap Abel sebagai sahabatnya dan berjanji akan menjadi sahabat Abel selamanya yang dimana itu membuat perasaan Abel sakit. Abel selalu menuliskan kejadian-kejadian atau perasaannya setiap hari dalam bindernya. Abel dan David tinggal di kost-an milik Ayah Abel dan satu sekolah, orang tua Abel dan David setuju untuk David tinggal bersama Abel supaya ada yang mejaga Abel. David menyukai seorang perempuan yang bernama Lunetta. Lunetta adalah teman dekat Abel, tetapi Lunetta mengetahui bahwa Abel mencintai David yang dimana David menyukainya. Di sisi lain ada Carlos yang menyukai Abel. Singkat cerita David mengajak Lunetta berkencan dan meninggalkan Abel sendirian di kost-an. Dikarekan Abel kesepian, ia mengajak Mamanya berjalan-jalan ke mall. Sepulang dari mall, Abel melihat ada Carlos di depan kost-annya lalu mengajak Abel jalan karena ia kesepian akhirnya Abel mengiyakan ajakan tersebut. Padahal David sudah melarangnya untuk dekat-dekat dengan Carlos. David yang sedang berkencan akhirnya dia menyatakan perasaannya kepada Lunetta tetapi Lunetta memberitahu David bahwa rasa sukanya pada Lunetta hanya sebatas kagum, tetapi rasa cintanya untuk Abel. David menyesal mengapa ia tidak peka terhadap perasaan sahabatnaya itu. David cepat-cepat pulang tidak mendapatkan Abel di kost-annya melaikan dia menemukan binder Abel dan dia membacanya sambil menyesali apa yang ia perbuat. Mengetahui Abel bersama Carlos yang ia tahu Carlos berbahaya karena Carlos memiliki dendam terhadap David semasa SMPnya, David langsung melaju mencari Abel sampai akhirnya menemukan sebuah mobil yang tertubruk ke pohon dan ia tahu itu adalah plat mobil Carlos, David langsung turun dari mobil dan dengan cepat dia membawa Abel ke rumah sakit dan tanpa peduli sedikitpun David membiarkan Carlos disitu walaupun sampai membusuk. Selama beberapa waktu Abel koma, saat Abel terbangun David langsung menyatakan perasaannya dan meminta maaf karena ia tidak bisa menjaga Abel dengan baik. Akhirnya mereka jadian dan hidup bahagia.

     Kekurangan dari novel ini adalah banyak diceritakan adegan-adegan bersentuhan lalu berdua-duaan. Selain itu menyimpan dendam terhadap sesama teman yang mengakibatkan sesuatu yang berbahaya. Disini banyak cerita mengenai adegan- adegan yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Juga dengan membaca buku kan pasti akan terbayang-bayang takutnya dari membayangkan itu jadi melakukan. Bahasa yang digunakan di novel ini adalah bahasa anak-anak remaja yang santai. Tidak salah juga tetapi, dari novel ini tidak menambah kosakata bahasa baku yang asing.

     Kelebihannya dari novel ini adalah novel ini ceritanya menarik untuk dibaca terutama oleh para remaja. Juga harus lebih bisa mendengarkan apa kata orang lain karena dibalik larangan ada maksudnya.

     Buku ini layak dibaca semua orang terutama bagi yang sudah remaja dalam hal percintaan, dan sudah mengenal terlalu dalam tentang cinta. 
Jika berminat untuk membaca novel ini harus memiliki prinsip yang kuat bahwa berpacaran itu adalah suatu hal yang dilarang oleh Allah karena sudah mendekati zina, jadikan ini sebatas hiburan mengurangi rasa bosan atau mengurangi intensitas bermain gadget pada remaja zaman sekarang. Intinya rasa suka itu fitrah tetapi bagaimana cara kita untuk mengontrol diri kita supaya tidak sampai berpacaran seperti itu. Jangan setelah membaca novel ini, jadi berangan-angan ingin berpacaran dan melakukannya. Percayalah dan ikuti apa perintah Allah dan jauhi larangannya maka kamu akan selamat dunia dan akhirat kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar