Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 14 Juni 2019

Sahabat Jadi Cinta Dalam Novel Seperti Hujan Yang Jatuh Ke Bumi

Disusun oleh : Karina Tiara Sevina

Judul resensi "Sahabat Jadi Cinta"


IDENTITAS BUKU
Judul              : Seperti hujan yang jatuh ke bumi

Penulis          : Boy candra
Penerbit         : Mediakita
Tahun terbit  : 2016
Halaman        : 288

Kevin adalah mahasiswa jurusan Fisika yang memiliki wajah tampan, namun ia pendiam dan dingin, ia juga aktif di komunitas pecinta alam di kampusnya. Meskipun ia dingin pada banyak perempuan, ia tetap memiliki teman spesial. Gadis yang sudah bersahabat sedari kecil dengannya, Nara lengkapnya Nara Senja. Nara adalah Mahasiswi jurusan Seni Tari dan Musik di unversitas yang sama dengan Kevin. Persahabatannya yang hingga kini masih berlanjut membuat banyak kisah yang telah mereka lalui baik suka maupun duka. Nara mudah sekali untuk jatuh cinta dan seringkali gagal dalam hal percintaan,dengan sabar Kevin selalu ada saat Nara mencurahkan  isi hatinya. Tanpa disadari Kevin memendam rasa kepada dirinya sejak lama.

Juned, lelaki yang dikhianati oleh kekasihnya Elya. Perempuan itu berselingkuh dengan sahabatnya Ikmal. Dulu dia hobi bermain musik, sebelum patah hati mengubah alurnya menjadi seorang pemanjat tebing. Pertama kalinya ia ke Sulawesi untuk menaklukan tebing Likungavali. Juned pergi ke tempat baru guna menenangkan hatinya.

Dibiarkan ibunya selama satu tahun ia jarang berada di rumah, akhirnya Juned diminta kembali untuk fokus lagi pada kuliahnya. Dan kisah barunya pun dimulai,saat ia memgantar adiknya ke acara kompetisi tari di suatu kampus. Acara anak SMA yang dirancang oleh Nara.

Setelah pengkhianatan yang dilakukan oleh kekasihnya dan sahabatnya itu ia singgah di hati Nara. Nara mampu mengobati dan menutup luka yang menganga secara perlahan. Tak butuh lama untuk saling megenal mereka pun berpacaran. Kevin yang mengetahui pun hanya bisa mengukir senyum dan mendukungnya walapun ia merasa sakit, dan mencoba untuk membuka hati untuk Tiara, salah satu temannya di komunitas pecinta alam. sudah sejak lama Tiara menyimpan rasa untuk Kevin, sehingga ia tak menyiakan kesempatan untuk menjalin hubungan dengan Kevin. Hingga disaat kebahagiaan dan rasa yang membuncah diantara Juned dan Nara, Juned meninggal saat panjat tebing, selesai sudah kisah mereka. Disaat Nara berduka Kevin pun menemani untuk menguatkan Nara dan perlahan melupakan Tiara. Tiara pun menyerah terhadap Kevin yang hatinya sudah ditetapkan untuk Nara. Seiring berjalannya waktu saat hujan turun di sore hari yang menumbuhkan keberanan Kevin untuk menyatakan perasaannya kepada Nara.

Kelebihan buku
Bahasa yang digunakan mudah dipahami pembaca. Penulis menggambarkan tempat dengan sangat detail dan tempat tersebut benar-benar ada.

Kekurangan buku
Warna cover buku berwarna putih, sehingga cepat kotor. Terdapat beberapa kata yang salah, dan ada beberapa momen yang sudah terlalu mainstrem.

Kesimpulan
Tidak ada  yang tahu kapan dan pada siapa perasaan dijatuhkan. Namun, kamu akan tahu ada satu orang yang tidak pernah benar-benar kamu lupakan.
Pada akhir cerita ini Kevin berhasil menyatakan perasaannya kepada Nara. Selama ini ia hanya takut menyatakan perasaannya kepada Nara sahabatnya itu,tetapi ia memberanikan diri saat  hujan turun di sore hari. Kevin meminta Nara mengulang semuanya dari awal tetapi sebagai kekasih bukan sahabat. Dalam sore yang basah Kevin dan Nara akhirnya mengerti bahwa selama ini mereka terlalu takut untuk mengakui bahwa sebenarnya cinta hanya perlu hal yang sederhana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar