Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 18 Juni 2019

perjuangan dan kemerdekaan Palestina

Disusun oleh : M. Surya Julianto Amin


Penulis                              : Maryam Jamilah
Penerbit                            : MIZAN      
Tahun Terbit                    : 1986
Jumlah Halaman              : 300


PENDAHULUAN  
Cerita didalam novel yang berjudul “DI TEPIAN JALUR GAZA” ini merupakan jenis novel fiksi, yang dimana cerita dalam novel ini hanyalah sebuah mimpiyang harus dicapai oleh orang-orang yang ada di gaza, palestina.q
   SINOPSIS
   Didalam Buku DI TEPIAN JALUR GAZA ini menceritakan tentang roman kehidupan tiga generasi sebuah keluarga pengungsi Palestina di sekitar tragedy pendirian negara Israel oleh kaum Zionis. Kegigihan perlwanan dan ketegaran daya tahan bangsa terusir ini tampil amat mengesankan di sini. Diisahkan pula benturan-benturan antara prahara budaya Barat dengan islam, yang turun-menurun merupakan kepercayaan keluarga ini. Kesemuanya itu berjalin indah dengan nuansa-nuansa manusiawi para pelakonnya, menghasilkan drama panjang sebuah keluarga di tengah galau zamannya. Konon, berkat keterlibatan emosional yang sangat intens dengan Ahmad Khalil. Ahmad Khalil adalah generasi terakhir Palestina yang dengan tegar hidup Bertani di desany. Yang dilukiskan oleh penulis adalah suatu pola kehidupan yang kini sudah tidak ada lagi. Yang tinggal sekarang adalah orang-orang Arab cosmopolitan, urban, kelas menengah, terdidik masa kini, dan sebagian bear orang Palestina yang acuh tak acuh terhadap agama, yang hamper-hampir tak punya persamaan lagi dengan Ahmad Khalil beserta keluarganya. Dalam kemuakannya terhadap apa yang disebut sebagai “kemajuan” dan materialisme jahiliyah yang dikandungnya, ia mengungkapkan kerinduannya akan nilai-nilai dan cita-ruhiya yang telah dicampakkan oleh orang-orang Arab itu.

Keunggulan
Fakta-Fakta yang disajikan menarik
Alur ceritanya jelas
Sampul buku yang menarik
Ceritanya yang sangat menginspirasi.
Kekurangan
Pemilihan warna kertas yang kurang menarik/bagus
Kata-katanya ada yang asing untuk orang awam
Sulit untuk memahami maksudnya jika membacanya hanya 1x
Ceritanya hanya di dominasi tentang kesengsaraan.

Kesimpulan

   Jadi, Novel ini sangat menarik untuk dibaca karena ceritanya sangat menarik, terkhusus untuk orang yang suka dengan novel tentang perjuangan dan sejarah islam di dunia.





Saran
   Sebaiknya untuk pemilihan warna kertasnya berwarna putih agar terlihat lebih bagus dan rapi sehingga tidak terlihat kotor. Dan juga didalam ceritanya harus mempunya banyak dominasi tentang kebahagiaan dan jangan hanya kebanyakkan kesengsaraannya, harus diperimbangkan.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar