Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

Ibu Aku Mencintaimu


Disusun Oleh Mifta Filaeli Agustiani XI-OTKP 1




Identittas Buku :
Judul Buku /Novel               : Ibu Aku Mencintaimu
Penulis                                : Agnes Danovar
Penerbit                               : Intibook Publisher
Cetakan                               : 1 Oktober 2013
Jumlah halaman                  : vii+190 halaman
Harga Buku                          : Rp32.300,-

Latar Belakang Pengarang
Agnes Davonar adalah sebuah fenomenal di dunia sastra Indonesia. Ia memulai kariernya sebagai penulis amatir di sebuah blog. Kemudian dengan cepat berkembang menjadi penulis yang mau belajar hingga melahirkan lima  novel online dan 42 cerita pendek yang begitu melekat bagi semua pembaca situs pribadinya. Agnes berasal dari namanya sedangkan Davonar diambil nama dari adiknya. Jadi mereka adalah dua saudara yang bersatu dalam sebuah karya.
Agnes lahir di Jakarta 8 oktober, sedangkan Davonar lahir di Jakarta, 7 Agustus . Mereka adalah Dua saudara yang besar dalam  lingkungan seni. Ayahnya adalah seorang penulis kaligrafi Cina sedangkan  ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang tangguh.

Sinopsis  Ibu Aku Mencintaimu
    
Novel ini menceritakan perjuangan seorang Ibu yang berjualan bakmi demi. Anaknya.Diceritakan dalam novel ini adalah ada seorang anak bernama Angel yang orang tuanya kaya raya sehingga Ia memperoleh fasilitas mewah termasuk bersekolah di SMP Internasional Budaya Jakarta. Tidak hanya kaya tetapi Angel juga membuktikan bahwa Ia anak yang pintar berprestasi di sekolahnya.

Namun semua berubah dalam sekejap saat Ayahnya meninggal karena mengalami kecelakaan ketika dalam perjalanan menjemput Ibunya yang berada di salon.Ironisnya dalam novel ini, yang awalnya mereka hidup mewah tiba-tiba Angel dan Ibunya menjadi miskin dan harus merelakan harta mereka yang disita oleh Bank karena hutang ayahnya dan perusahaannya yang bangkrut.

Karena keadaan itu,mereka harus pindah ke rumah susun yang kumuh. Dalam novel ini,sifat Angel berubah menjadi kasar terhadap Ibunya apalagi saat Ibunya memutuskan untuk berjualan bakmi demi menyambung hidup.Angel pun melanjutkan sekolah dengan beasiswa.

Kemenarikan dalam novel ini pun semakin terasa ketika Angel memiliki masalah besar di sekolah barunya. Agnes, seseorang yang membenci Angel dan selalu membullynya.Dikisahkan bahwa Angel dan Agnes selalu berantem karena merebutkan seorang cowok bernama Aji. Masalah tidak kunjung selesai.Angel yang menjadi tokoh utama dalam novel pun diancam oleh Agnes jika tidak menjauhi Aji.

Selain kisah perjuangan Ibu dan edukatif lainnya,penulis juga menyisipkan kisah cinta yang membuat para pembaca menjadi terharu dan ikut merasakan emosi. Aji dan Angel lambat laun menjadi semakin dekat dan tanpa disadari saling jatuh cinta. Banyak rintangan yang harus dihadapi terlebih tentang Agnes .Dalam novel,walaupun Aji pernah menjalin cinta dengan Agnes tetapi hatinya tetap memilih Angel.

Sesuatu pun terjadi pada Ibu Angel yang harus menjadi cacat. Dramatisnya, Angel tidak mengakui Ibunya yang hanya penjual bakmi. Keharuan dari novel ini terjadi ketika Ibu Angel yang menjual ginjalnya untuk biaya rumah sakit tanpa sepengetahuan Angel ketika Ia sakit demam berdarah.Lambat laun,Angel menyadari bahwa Ia mencintai Ibunya dan rindu pada Ibunya. Angel yang mendapatkan Juara perlombaan se-nasional berpidato bahwa Ibu adalah tokoh inspirasinya dan mempersembahkan segalanya untuk Ibu dan tidak seharusnya Ia membenci Ibunya. Di akhir cerita, dikisahkan Angel dan Ibu dipertemukan oleh Aji dan saling berpelukan karena keharuan yang mereka rasakan.

Kelebihan dan Kekurangan
·         Kelebihan       :
1.    Novel ini meceritakan bagaimana perjuangan Ibu demi menghidupi anaknya.
2.    Bahasa dan majas dalam novel mudah dimengerti.
3.    Mengandung banyak unsur edukatif.
4.    Bisa Membuat para pembaca terhanyut dalam kisah novel tersebut.
5.    Mengajarkan dan mengingatkan kita untuk menghadapi roda   kehidupan yang tidak selalu mulus.
6.    Mengingatkan kita untuk mencintai Ibu kita.
7.    Mengandung banyak pesan moral
·         Kelemahan     :
1.    Terlalu sedikitnya gambar yang terdapat di dalam novel
2.    Gambarnya kurang menarik karna tidak ada warna

Simpulan dan Saran
Novel ini mengajarkan arti kehidupan yang sebenarnya dan kisah dalam novel membuat kita menyadari pentingnya seorang Ibu.
Para pembaca dibuat kagum dan terharu dengan perjuangan seorang Ibu pada anaknya yang mengalami problematika dalam kehidupan. Novel ini sangat menarik untuk dibaca dan membuat kita lebih semangat menjalani kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar