Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

Bertemu Untuk Berpisah

Disusun oleh : Siti Maesyahro 


Judul Novel : Geez & Ann #1
Penulis                     : Rintik Sedu
Ukuran                     : 14 x 20 cm
Genre                        : Novel
Jumlah Halaman    : 264 halaman
Jilid                            : Soft Cover

Di dalam novel ini dikisahkan seorang anak perempuan yang duduk di bangku SMP yang akan beranjak dewasa, dia adalah Keana Amanda. Perempuan itu belum pernah mengenal apa itu cinta. Hingga pada saat acara pensi sekolah yang didakan setahun sekali dan hanya dihadiri murid dan alumni sekolahnya, ia dipertemukan dengan salah satu alumni sekolah tersebut bernama Gazza Chayadi. Ia lebih suka dipanggil Geez. Saat itu, Geez telah duduk di bangku SMA. Geez adalah seorang alumni sekolah tersebut yang pintar juga tampan, tetapi Geez bukanlah lelaki yang mudah bergaul, dan cenderung lebih cuek dengan keadaan sekitar. Pertemuan Keana dan Gazza  berawal pada saat mereka tidak sengaja bertemu dan berdiri bersama dibarisan belakang ketika menonton pensi. Kemudian meminum es teh bersama di kedai mas Gus. Di kedai itulah Geez meminta Keana untuk memanggil namanya Geez, sedangkan Geez ingin memanggil Keana dengan sebutan Ann. Kemudian pertemuan itu berlanjut di metromini, dan kedai eskrim hingga pada akhirnya pertemuan itu berujung pada sebuah rasa. Geez merupakan lelaki yang misterius dan penuh kejutan, sampai Ann harus menunggu tahun depan, saat acara pensi sekolah hanya untuk sang dewa kejutan.
Hingga pada pertemuan mereka selanjutnya, di acara pensi tahunan Geez mengejutkan Ann karena kedatangannya kembali dihadapannya  dengan tiba-tiba. Di pertemuan itu Geez menyatakan kepada Ann bahwa ia akan melanjutkan kuliah ke Berlin, dan menjanjikan kepada Ann bahwa Geez akan kembali untuk Ann, Secepatnya. Ann yang sangat hancur awalnya saat mendengar hal itu lalu mencoba untuk ikhlas. Geez yang saat itu telah berjanji untuk tidak berhenti mengirim e-mail pada Ann setiap harinya untuk membuat Ann tetap merasa bahwa Geez selalu ada bersamanya, telah ia tepati, tidak pernah terlewat sehari pun tanpa e-mail dari Geez untuk Ann. Ann akan melanjutkan SMA nya di Yogyakarta, karena ingin mencari suasana baru di kota istimewa itu. Disana Ann tinggal bersama sang Eyang.
Hingga bertahun tahun Ann menunggu Geez kembali dari Berlin kian membuatnya rindu pada Geez, meskipun di beberapa tahun pertama Geez masih menyempatkan diri untuk bertemu dengan Ann. Namun lama kelamaan, Ann merasa lelah, Ann ingin melupakan Geez, Ann ingin merelakannya, ia merasa bodoh menunggu Geez yang tak kunjung kembali, padahal sudah sangat jelas ada seseorang di sisi Ann yang selalu menjaganya dengan penuh cinta selama Geez tiada. Bayu namanya. Seorang barista bertato dengan kisah hidup yang dapat dibilang tak terlalu baik. Akhirnya Ann memutuskan untuk membalas perasaan Bayu. 5 tahun telah berlalu, Ann sudah lulus kuliah kedokteran, bahkan ia sudah mulai bekerja di sebuah rumah sakit. Selama itu, Ann juga masih berpacaran dengan Bayu, meskipun sebenarnya Ibu  Ann tidak setuju anaknya memiliki pacar bertato seperti Bayu. Namun, Ann menyadari bahwa walaupun ia telah berhubungan dengan Bayu, tetapi ia belum bisa melepaskan Geez. Menurut Ann, Geez seperti berkas penting yang sebenernya disimpan baik baik dihati, dan tidak benar-benar dibuang. Ia sadar bahwa sejauh apa pun ia melupakan Geez, Bila pada akhirnya, Geez akan tetap ada dipikirannya. Meskipun ia diberitahu oleh Pak Amir bahwa, Geez sudah pindah dan menetap di Berlin. Hingga pada suatu waktu Keana memberanikan diri memeriksanya ke dokter spesialis penyakit dalam karena timbulnya gejala-gejala itu, dan ternyata ia menidap penyakit gagal ginjal, sebelumnya Keana menolak untuk melakukan pengobatan lebih lanjut, tetapi  Ia berjanji kepada dokternya akan melalukan pengobatan lebih lanjut jika dokter tidak memberitahu penyakitnya kepada siapapun. Kemudian dibagian akhir, Ann menulis sesuatu, seperti ungkapan dari persaannya kepada Geez yang tak bisa dikeluarkan. Dalam kertas itu Ann juga menulis bahwa ia akan terus menyimpan perasaannya kepada seorang laki-laki bernama Gazza Chayadi dan tidak akan bisa menyayangi orang lain seperti itu. Entah sampai kapan.

. Cerita ini dikemas rapi oleh penulis, membuat pembaca nyaman dalam membacanya dan terus penasaran akan bab selanjutnya. Di tengah-tengah novel terdapat hiburan seperti ilustrasi percakapan lewat media sosial atau e-mail. Kata-kata yang indah dipilih oleh penulis membuat pembaca tidak mudah bosan untuk membacanya. Hanya saja sampul novel ini terlalu sederhana, membuat pembaca baru tidak berminat untuk membelinya karena sampulnya yang terlalu sederhana. Padahal jika dibaca, dalamnya jauh lebih sempurna.

        Cover terlalu sederhana
Terdapat beberapa kesalahan kata
Ceritanya harus menggantung dan di lanjutkan dibuku selanjutnya
Bahasa baku, akan terasa bosa jika pembca tidak suka bahasa yang terlalu baku

        Novel ini menceritakan tentang kisah pertemuan pertama Keana Amanda dengan dengan Dewa Kejutannya, Gazza Chayadi. Di dalam novel ini juga menceritakan suka dan duka kedua Tokoh tersebut dalam menjalani kisah suatu hubungan dihalangi jarak dan waktu. Yang pada akhirnya dalam hubungan mereka adalah mencari keputusan untuk memilih Cinta atau Cita-Cita.

        Seharusnya dijadikan satu buku agar ceritanya tidak tertunda dan harus baca dibuku ke-2 nya. Sampul buku mungkin akan lebih baik jika covernya tidak terlalu sederhana ini, mungkin baiknya, lebih klasik menggambari cerita didalam bukunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar