Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

LASKAR PELANGI

LaskarPelangi




NAMA                                   : ANDINI PUTRI
MATA PELAJARAN          : BAHASA INDONESIA

XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran I


Guru Pembimbing
Maulana Husada


SMK Negeri 23 Jakarta
Jl. Pademangan Timur III/19
Jakarta Utara




Judul Novel     : LaskarPelangi

Pengarang        : Andrea Hirata
Penerbit            : Bentang Pustaka
Tahun Terbit    : 2005
TempatTerbit   : Yogyakarta
Halaman          : xxxiv, 529 halaman
ISBN               : ISBN 979-3062-79-7



Novel yang berjudul laskar pelangi adalah novel pertama kali dari serangkaian tetralogi milik Andrea Hirata. Buku lanjutan dari buku Laskar Pelangi ini berturut-turut adalah Sang Pemimpin Enderson, dan Maryamah Karpov.

Novel Laskar Pelangi sendiri telah menjadi buku sastra terlaris sepanjang sejarah perbukuan Indonesia. Dan dari perkembangan terakhirnya, Novel bagus ini telah diterbitkan di berbagai negara atau benua dalam berbagai bahasa.

Novel ini bercerita tentang 10 anak dari keluarga miskin di pulau Belitong provinsi Bangka Belitung. Mereka merupakan anak-anak dari keluarga yang berprofesi sebagai penambang timah.Walaupun mereka keluarga miskin dengan keterbatasan yang dimiliki mereka menjalankan aktivitas pendidikan sebagaimana anak-anak lain, walaupun tempat mereka belajar sebenarnya sekolah tua yang tak layak untuk dihuni. Walaupun dengan keadaan tersebut anak-anak tersebut dengan senanng dan bersemangat dalam belajar.
Di sekolah mereka mendapatkan teman baru seorang gadis cantik anak seorang anak pegawai penambangan timah bernama Flo. SD Muhammadiyah tempat mereka belajar begitu memprihatinkan, sekolah tersebut hampir roboh sehingga perlu disangga oleh sebatang pohon besar.Di Suatu hari Pemerintah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan provinsi sumatera Selatan memberikan peringatan bahwa jika sekolah tersebut tidak bisa menampung minimal 10 siswa maka sekolah tersebut harus ditutup.
Pada hari penerimaan siswa baru baru terkumpul 9 siswa, ketika pak Harvan berpidato bahwa persyaratan sekolah tetap berdiri harus 10 orang. Sebelum terjadi penutupan sekolah, Harunseorang anak yang memiliki keterbelakangan mental memiliki tekad ingin sekolah datang pada saat penutupan, dan sekolah pun tidak jadi ditutup.
Dalam kegiatan belajar mengajar mereka didampingi oleh Ibu Muslimah, seorang guru yang sabar dalam mendidik mereka. Ibu muslimah hanyalah seorang yang lulusan SekolahKepandaian Putri atau setingkat dengan SMP, namun Ibu Muslimah memiliki tekad yang kuat dan menjadikannya wanita yang tegar dan berdedikasi terhadap pendidikan.
Bu Muslimah memberikan julukan kepada 10 anak tersebut Laskar pelangi. Selain Bu Muslimah, yang menjadi pengajar di SD Muhammadiyah yaitu Pak harvan, selain menjadi kepala sekolah beliau juga mengajar bersama Bu Muslimah.
Isi novel ini berceritakan tentang kisah persahabatan dalam menghadapi hidup, selain itu kritik sosial bagi pemerintah atas ketidakmerataan pembangunan daerah terutama bidang pendidikan. Kekurangan novel ini yaitu pengamburan waktu, tempat serta nama tokoh.
Kelemahannya yaitu penggunaan nama-nama ilmiah dalam cerita- ceritanya. Hal ini membuat pembaca kurang nyaman dalam membaca. Apalagi glosarium diletakkan di bagian belakang novel. Hal ini menambah ketidakpraktisan memahami istilah-istilah ini. Selain itu, imajinasi pembaca bisa terhambat jika mereka tak memahami istilah-istilah tersebut.
Alurnya yang tidak jelas. Laskar Pelangi ini alur waktunya dibolak-balik sehingga membingungkan pembaca. Apalagi tidak disebutkan tahun berapakah tiap-tiap peristiwa itu terjadi.
Kelebihannya buku ini menceritakan tentang persahabatan dan setia kawanan yang erat dan juga mencakup pentingnya pendidikan yang begitu mendalam. Serta kisahnya yang mengharukan.


Dalam film novel laskar pelangi ini terdapat banyak pesan, kesan yang dapat kita ambil seperti motivasi-motivasi kehidupan yang baik untuk kita khususnya untuk yang masih belajaragar para pembacamempunyai semangat seperti “Laskar Pelangi” contohnya seperti uang bukanlah segalanya, pendidikan dan ilmu sangatlah penting, sadar dan bersyukur, selalu ikhlas dalam segala hal,belajar untuk menjadi yang lebih baik lagi, dan tentunya tidak ada satupun orang di dunia ini yang dilahirkan bodoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar