Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

SEMPURNA - NOVANKA RAJA

Disusun oleh: MARIA GRACE LINDA MANUEL


IdentitasBuku
JudulBuku                  : SEMPURNA
Pengarang                   : Novanka Raja
Penerbit                       : Euthenia
Tempatterbit                : Jakarta
Tahun                           : 2016
Cetakan                        : III
JumahHalaman         : 180 halaman


Novel Sempurna ini bertemakan romantic.Novel ini membawa kita pembacanya ikut menikmati setiap bacaannya. Novel ini menceritakan tentang seorang wanita yang belum kunjung menemukan pasangannya diusia yang sudah dikatakan sudah cukup umur, sampai akhirnya dia mulai sadar bahwa temannya yang dibawah umur sudah menjalin hubungannya yang lebih jauh, yap ini kisah tentang Clarissa, seorang wanita mandiri, cantik, cerdas, enerjik, dan menurut teman-temannya ia sempurna. Namun hanya satu kekurangan Clarissa, yaitu status dia yang masih jomblo di usianya yang ke-28 tahun. Menurutya, ke jomblo anter sebut mungkin dikarenakan dia sibuk dengan pekerjaan sebagai redaktur majalah ternama yang menyita waktu.Atau mungkin saja karena dia memang seorang perfeksionis seperti yang teman-temannya bilang.Hingga pada suatu hari, Clarissa bertemu dengan pemuda tampan.Bahkan sampai bertemu dua kali secara tidak sengaja ditempat makan yang berbeda.Namanya Arka. Ia merupakan seorang lelaki yang sangat tampan, baik dan romantis. Clarissa bersama dengan teman-temannya pertama kali bertemu dengan Arka di Puncak Bogor pada saat ingin makan malam.Pada saat itu suasana sedang hujan lebatdan Clarissa lupamembawapayung di mobilnya.
Tiba-tiba datangalah Arka yang keluar dari mobil tersebut dengan membawa payung. Sontakmembuat Clarissa danteman-temannyakagumdenganketampananArka. Dan pertemuankeduakalinyasaat Clarissa bertemudenganArka di tempatmakan yang sama. PadasaatituArkamengundang Clarissa untukdatangkeGandaria City padahariMinggu.Sejakpertemuansingkatitu, kini Clarissa danArkalebihseringberkomunikasilewattelepon.Di waktulainnya, Clarissa juga mengenalilelakibernama Reza, salahsatu partner kerjanya.Lelakiitupecintaalam, pecintaanak-anak, sopan, danagakpemalu. Di lubukhatinya yang paling dalam Clarissa ingin mengakhiri kejombloannya apalagi salah satu sahabatnya yang bernama Tere akan melangsungkan pernikahan. Namun, Clarissa harus melalui lika-liku duniacintanyahinggamenemukanlelaki yang tepatdanmelengkapihidupnyadengansempurna.
Dalam novel yang berjudul SEMPURNA inimasihadapenulisan yang salahdantidakmencantumkansecararinciberatdari novel tersebut, sertabeberapaceritadalam novel inimasihbersifatmenggantungdalamartianbelumdituntaskan.Sehinggamembuatpembacasedikitkurangpuas.Untukcovernyamasihbiasasajaataumasihkurangmenarik.Seharusnyauntuk cover bisadigantidengangambar yang lebihmenariklagi, sehinggaterkesancocokdenganapa yang dipaparkandalamisi novel tersebut. Lalubahankertas yang digunakandalampembuatan cover tersebut, saya rasa kurangbagussehinggamembuat cover dari novel tersebutmengkelupas di bagianujungatasdanbawah.Untukpenomeranhalamandalam novel ini juga tidaksesuaidenganketentuan yang berlaku.Misalnyasajapadahalamani-iv dimanauntukhalamanselanjutnyatidakdimulaidenganhalaman 1 tetapiberlanjutkehalaman 5 danseterusnya.
Dari segiisibacaannnyaringan, mengalirsertamanis. Menjabarkanapaarticintasejatiuntukpasanganhidupmaupunsahabat. Serta ditulisdengangayabahasasederhanadansaratakanpesan. Apalagi di bagianawaldanakhir novel, kitaakanmenemukan kata-kata bijakdanpesan moral mengenaiapa yang hampirsemua orang rasakanyaitumengenaijatuhcinta. Untuksegipengelemansudahbagusditambahlagidenganjeniskertas yang digunakandalamisi novel tersebut juga dirasacocokdengansuasana yang digambarkandalamcerita.
Novel yang diangkatdarikisahfresh romance yang menceritakantentangkisahcinta Clarissa dimanapadaakhirnyadiusianya yang ke-28 tahuniaberhasilmenemukansosok yang bisamelengkapihidupnyadenganSempurnayaitudengan Reza, partner kerjanya yang iakenalsejakmelakukanpekerjaanbareng di Ujung Kulon. Hal initentumembuatkitamemahamiTuhanselalumemilikirencanabahwajodohbukanlahtentangkapanatausiapa, tetapitentangkesadaranhatiuntukmeyempurnakancinta yang hadir.
Dalam novel ini, para pembacadibuatterharudankagumdengankisahpenaantianpanjangseorangwanitadalammencaricintasejatinya.Novel inicocokdibacabagiremajaterutamawanita yang sedangmencaripasanganhidup.Bagi yang belummemiliki, sangatdisarankanuntukmembelidanmembacanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar